3 Cara Menyembuhkan Vaginismus

3 Cara Menyembuhkan Vaginismus

Sepasang suami istri berkonsultasi ke dokter karena istri selalu kesakitan setiap melakukan hubungan seks. Karena tidak tega melihat istrinya menderita hubungan intim pun selalu batal. Setelah di periksa akhirnya diketahui bahwa sang istri menderita Vaginismus.

Dikutip dari detik health, Vaginismus adalah sebuah kondisi dimana sejumlah otot yang mengelilingi vagina menjadi kejang, menyebabkan lubang pada vagina menyempit dan menjepit sangat kuat sehingga menyulitkan penis melakukan penetrasi ke dalamnya. Saking kuatnya, saat berhubungan seks penis mustahil bisa menerobos ke dalam liang vagina.

Menyembuhkan vaginismus ternyata bukan masalah yang mudah, selain karena penyebabnya sulit diidentifikasi, ahli medis sampai saat ini belum bersepakat mengenai metode yang tepat untuk membuat vagina menjadi rileks kembali.

Penis akan sangat sulit menembus liang vagina dan kalau dipaksakan maka istri akan sangat kesakitan. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab utama vaginismus, ada yang menghubungkannya dengan masalah psikis dan ada beberapa ahli yang menggolongkannya sebagai sebuah kondisi medis akibat adanya infeksi di saluran kemih.

Menyembuhkan Vaginismus dengan Terapis Seks

National Health Service (NHS) Inggris, Kementrian Kesehatan Negara Inggris menyebutkan bahwa banyak wanita menikah yang menderita vaginismus. Untuk menyembuhkan vaginismus, pihak NHS menganjurkan para penderita untuk menjalani terapi psikis dan fisik.

Berikut ini beberapa terapi seks yang bisa dipraktekkan untuk menyembuhkan vaginismus:

  • Terapi seks. Terapi dilakukan dengan cara konsultasi untuk mengatasi permasalahan psikologi penderita. Terapi latihan berisi teknik-teknik tertentu untuk melatih vagina agar bisa lebih rileks ketika penetrasi dilakukan.
  • Latihan vagina. Ada beberapa jenis latihan vagina yang bisa di pelajari. Tujuannya untuk mengendurkan otot-otot seks. Metode bisa berupa latihan yoga dan latihan penis. Penderita biasanya akan diberi alat mirip penis untuk digunakan selama latihan. Ukuran alat tersebut seiring waktu akan diperpanjang tergantung perkembangan penyakit vaginismus yang diderita. Latihan vagina bisa dilakukan sendiri atau bersama suami. Ketika vagina sudah bisa mentolerir ukuran alat yang lebih besar, maka bisa dicoba untuk melakukan hubungan seks dengan suami.
  • Relaksasi dan proses eksplorasi tubuh. Bentuk-bentuk relaksasi seperti mandi, pemijatan, terapi musik, teknik pernafasan dan latihan-latihan yoga adalah cara yang bagus untuk merelaksasi seluruh tubuh terkhusus bagian vagina.

Penyakit vaginismus jika tidak disembuhkan bisa merusak keharmonisan rumah tangga. Karena itu pasangan suami istri harus benar-benar serius berusaha menyembuhkan penyakit ini. Vaginismus sebagian besar disebabkan faktor psikologi seperti trauma seks masa lalu dan perasaan tidak nyaman yang timbul saat berhubungan.

Rasa cemas saat akan dan selama berhubungan membuat otot vagina menjadi kejang dan tidak mungkin di tembus oleh penis. Jika penetrasi tetap dipaksakan maka yang terjadi adalah rasa nyeri. Berdasarkan data dari National Health Service (NHS), Konseling dan terapi seks terbukti bisa mengurangi dan menyembuhkan pemyakit vaginismus.

Cara terbaik agar terhindar dari penyakit ini adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Berikut ini beberapa tips cara mencegah vaginismus.

  • Ketahui seksualitas diri anda. Apa dan bagaimana anda ingin diperlakukan secara seksual oleh suami
  • Cari informasi mengenai seksualitas dari sumber yang benar
  • Perlancar komunikasi dengan suami terutama dalam hal seks
  • Setiap kepada pasangan dengan tidak bergonta ganti parner seks
  • Setelah melahirkan, perhatikan dengan baik sobekan pada alat kelamin apakah sudah sembuh benar atau belum

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, lakukan langkah-langkah pencegahan di atas sejak anda masih muda atau belum menikah. Meskipun gangguan ini bukan hal yang umum (hanya sekitar 2% wanita saja yang mengidapnya) tapi semua wanita perlu mewaspadainya.

Demikan artikel singkat mengenai cara menyembuhkan vaginismus melalui terapi seks. Mengobati vaginismus sangat mungkin dilakukan dengan mengawinkan penyembuhan terapi psikis dan pengobatan fisik.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...