Banya penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu manfaat berciuman bagi kesehatan. Beberapa diantaranya bahkan menyebut mencium pasangan secara teratur dapat memanjangkan usia.

Berciuman memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tentu saja berciuman disini adalah ciuman atas dasar cinta dan bukan karena nafsu belaka. Ciuman karena cinta akan membangkitkan semangat dan hormon-hormon tubuh akan bekerja dengan maksimal. Ciuman dengan penuh cinta akan menciptakan kebahagiaan.

Dalam artikel sehatki.com kali ini kita akan mengulas berbagai manfaat berciuman bagi kesehatan, baik itu ciuman di bibir maupun di leher.

8 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan

8 Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan

Bukan hanya itu, manfaat ciuman juga sangat banyak bagi kesehatan. Berciuman akan memicu terjadinya sebuah proses fisiologis yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi siapa yang melakukannya.

Perlu diketahui bahwa ada banyak perbedaan ciuman antara pria dan wanita, tetapi meskipun demikian berciuman tetap memberi banyak manfaat, baik itu manfaat fisik berupa kesehatan tubuh maupun manfaat psikis berupa ketenangan dan kebahagiaan.

Berikut ini 8 manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh yang patut anda ketahui:

  1. Berciuman baik untuk kesehatan jantung. Berciuman tidak hanya akan menstabilkan sistem kardiovaskular tapi juga akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
  2. Salah satu manfaat berciuman adalah menimbulkan rasa disayang, dihargai dan menciptakan ketenangan diri. Hubungan dalam rumah tangga juga akan semakin romantis.
  3. Berciuman akan membakar banyak kalori. Sebuah sumber menyebutkan, dengan berciuman penuh gairah setiap hari akan membantu menurunkan berat badan. Berciuman akan membakar sebanyak 2-3 kalori per menit.
  4. Ciuman sangat baik bagi kecantikan, akan membuat otot wajah menjadi lebih kencang, mencegah pipi mengendur, dan menghaluskan kulit wajah. Sekali berciuman, sekitar 30 otot di wajah akan bekerja dan ini sangat bagus bagi sirkulasi darah di wajah.
  5. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka-mereka yang sering berciuman dengan pasangannya jarang mengalami masalah di perut, kantung kemih, dan infeksi darah.
  6. Selama berciuman, produksi air liur akan bertambah. Dimana air liur dipercaya sebagai anestetik alami yang akan mengurangi rasa sakit.
  7. Berciuman akan meningkatkan produksi hormon Oksitosin, hormon alami tubuh untuk memberikan rasa tenang dan nyaman. Dengan berciuman, orang akan menjadi lebih rileks dan tidak tegang.
  8. Ketika berciuman, tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin yang merupakan morfin alami tubuh yang menciptakan rasa senang dan bahagia.

Jika anda telah berkeluarga, jadikan ciuman sebagai tradisi yang baik. Mencium suami atau istri sebelum berangkat kerja, mencium dan memeluk anak-anak akan mengalirkan hormon-hormon penunjang kesehatan ke seluruh tubuh.

Manfaat ciuman sangat banyak, baik itu manfaat fisik bagi tubuh maupun manfaat psikis. Berciuman dengan penuh cinta akan menciptakan kebahagiaan. Orang yang hidupnya bahagia akan selalu sehat, tidak gampang terkena penyakit dan berumur panjang.

Manfaat Ciuman Bibir

Salah satu jenis ciuman yang dalam dan romantis adalah ciuman bibir dengan menggunakan lidah, ciuman ini sering juga disebut french kiss. Perlu keahlian tersendiri melakukan jenis ciuman yang satu ini. Berikut ini beberapa manfaat ciuman bibir bagi kesehatan:

  • Membakar kalori

Salah satu cara membakar kalori yang menyenangkan adalah dengan berciuman bibir. Semakin bergairah saat mencium maka semakin banyak kalori yang dibakar. Hal ini terjadi karena jumlah energi yang dikeluarkan saat berciuman penuh nafsu sangat besar.

  • Membuat rileks

Salah satu manfaat berciuman di bibir adalah menghilangkan stres dan beban di pikiran. Saat sedang berciuman tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan membuat anda merasa senang dan bahagia dan juga hormon oksitosin yang akan membuat anda merasa nyaman.

  • Intimacy

Dengan secara rutin mencium pasangan akan membuat ikatan semakin kuat. Ciuman akan mendekatkan perasaan satu sama lain dan membuat hubungan menjadi lebih romantis. Jika ini terjadi terus menerus maka akan mempengaruhi kesehatan, tubuh jadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

  • Senam wajah

Berciuman bibir akan membuat otot-otot wajah turut bergerak. Totalnya sekitar 30 buah otot pada wajah menjadi aktif dan akibatnya wajah jadi terlihat lebih segar, dan akan terlihat lebih awet muda.

Demikian beberapa manfaat berciuman bibir yang perlu anda ketahui. Meskipun nampaknya menyenangkan ciuman ini juga sesungguhnya berbahaya jika dilakukan dengan orang yang mengidap penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit yang menular melalui ciuman bibir seperti herpes.

Manfaat Melakukan Ciuman Leher

Leher adalah salah satu area sensitif terutama pada wanita. Memberi rangsangan di area ini dapat membangkitkan gairah seks wanita dengan cepat. Pada dasarnya manfaat ciuman leher sama saja dengan mencium bibir, tapi mencium leher akan memberi sensasi sensual yang sedikit berbeda.

Mencium area leher hampir dipastikan adalah sebuah ajakan untuk berhubungan intim. Tidak sama dengan ciuman di bibir, bagaimana pun agresifnya, belum tentu akan berakhir dengan percintaan yang hot. Umumnya ciuman di leher adalah salah satu foreplay yang wajib dilakukan sebelum bercinta.

Manfaat melakukan ciuman leher tentu sangat besar, selain aneka jenis manfaat kesehatan seperti dituliskan di atas, mencium leher juga akan memberi perasaan senang pada wanita, perasaan dimanja dan menciptakan keinginan untuk mendapatkan lebih banyak lagi rasa nikmat itu. Hal ini berkat adanya endorfin yang terus menerus diproduksi tubuh.

Demikian beberapa manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh, baik itu ciuman di bibir maupun di leher, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...