Selama berhubungan seks ada banyak kalori yang terbakar karena aktifitas tersebut melibatkan kerjasama banyak otot, hormon dan sistem tubuh. Itulah sebabnya saat sedang ngeseks pada umumnya orang akan terengah-engah dan sesak nafas, hal tersebut disebabkan karena energi yang terkuras habis.

Dan memang setiap aktifitas fisik, apapun itu termasuk seks akan membakar banyak kalori. Intinya, semakin cepat jantung berdetak akan menyebabkan suhu tubuh makin panas dan berkeringat, dan itu berarti semakin banyak juga kalori yang hilang.

Jadi ketika orang sedang berhubungan seks, ada berapa banyak kalori yang hilang?

seks bakar kalori

Jumlah kalori yang terbakar selama berhubungan seks.

Ada yang menyebut berhubungan seks akan membakar kalori sama banyaknya dengan berlari sejauh 8 km. Pendapat tersebut bisa diterima mengingat berhubungan seks mengaktifkan begitu banyak organ tubuh.

Di jaman dulu orang-orang tua selalu menganjurkan pasangan muda yang baru menikah untuk rajin-rajin mengkonsumsi telur setengah matang di tambah madu sebagai pengganti kalori yang hilang tersebut. Hal tersebut tentu karena mereka paham bahwa energi yang terkuras karena bercinta harus segera diganti.

Pada dasarnya aktifitas seksual terbagi atas dua bagian utama yaitu foreplay dan penetrasi. Contoh foreplay adalah ciuman dan pelukan atau biasa disetarakan dengan latihan-latihan ringan di gym, sementara hubungan seks atau penetrasi dianggap sebagai olahraga berat karena kalori yang dibakar juga besar.

Seberapa banyak kalori yang terbakar selama bercinta bergantung pada berat badan, durasi bercinta dan seberapa banyak gerakan yang dilakukan. Sebagai contoh, seseorang dengan berat 70 kg dan berhubungan seks selama 15 menit akan membakar sekitar 72 kalori. Jika orang tersebut berhubungan seks selama lima menit maka dia akan membakar sebanyak 24 kalori. Dan jika dia berhubungan selama 45 menit, maka kalori yang terbakar adalah 216.

Bukan hanya seks, foreplay juga membakar kalori meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Orang yang sama tadi akan membakar sebanyak 25 kalori jika melakukan foreplay selama 15 menit. Dan membakar 216 kalori dalam 45 menit foreplay.

Menurut sebuah Majalah Fitnes, posisi seks tertentu juga mempengaruhi besar kecilnya kalori yang hilang selama berhubungan. Manfaatnya sama sama seperti saat melakukan latihan di gym. Menurut majalah tersebut, anda dapat melatih perut, paha, otot bisep, trisep, paha belakang dan betis dengan melakukan posisi seks yang benar.

Sementara itu menurut peneliti dari Universitas Arizona, meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan secara pasti berapa lama waktu normal orang bercinta, tetapi rata-rata orang akan membutuhkan waktu antara antara 2 menit sampai 1 jam ketika berhubungan seks, kurang atau lebih dari angka itu sudah masuk kategori tidak normal. Kalori yang dikeluarkan dalam durasi bercinta tersebut sama besarnya dengan saat olahraga berat di gym atau berlari sejauh 8 km.

Jika seorang pria atau mungkin wanita bisa mendapatkan orgasme berulang dalam satu sesi hubungan seks, maka kalori yang terbakar akan lebih banyak. “Jumlah kalori yang hilang selama berhubungan seks multi orgasme sebanyak 60 sampai 100 kalori,” ujar Lieberman, seorang peneliti dan psikiater di Beverly Hills.

Seks memang bukan sekedar aktifitas melampiaskan gairah seks semata, jika dilakukan dengan benar dan terkendali seks sangat baik bagi kesehatan. Ada banyak sekali manfaat berhubungan seks selain membakar kalori seperti disebutkan di atas, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu aktifitas seks bisa dianggap sebagai salah satu cara mendapatkan hidup yang sehat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...