Ejakulasi dini merupakan salah satu gangguan fungsi seksual pada pria yang dapat membahayakan keharmonisan rumah tangga. Ejakulasi dini ditandai dengan penis yang cepat mengalami ejakulasi meskipun hubungan seksual baru dilakukan, dan bahkan pada kasus yang sangat parah, ejakulasi terjadi bahkan sebelum penis penetrasi ke dalam vagina.

Olahraga untuk mencegah ejakulasi dini

Cegah ejakulasi dini dengan berolahraga. Foto: msn.com

Ejakulasi dini yang dialami oleh banyak pria memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Mulai dari ejakulasi dini tahap ringan, sedang, hingga berat. Penyembuhan terhadap ejakulasi dini sangat tergantung dari tingkat keparahannya. Pada kasus yang sangat berat, penyembuhan ejakulasi dini biasanya memerlukan waktu pengobatan yang lebih lama.

Pria yang mengalami ejakulasi dini akan cepat mencapai orgasme, padahal wanita pasangannya mungkin saja baru terangsang sedikit dan belum mencapai puncak kenikmatan seksual. Jika kondisi ini berlarut-larut tentu berdampak buruk bagi keharmonisan rumah tangga.

Oleh karena itu, semua pria harus memahami tips, trik dan cara mengatasi dan mencegah ejakulasi dini sehingga memiliki kemampuan memuaskan pasangannya saat bercinta.

Cara Mencegah Ejakulasi Dini

Pepatah lama mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum menderita ejakulasi dini, alangkah baiknya jika para pria melakukan tindakan pencegahan sehingga kehangatan aktifitas di atas ranjang bisa dipertahankan. Pencegahan ejakulasi dini dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Membangun komunikasi intensif antara pria dan wanita

Komunikasi yang baik antara pria dan pasangannya dapat menumbuhkan rasa nyaman dan aman selama bermesraan berdua di atas kasur. Komunikasi yang lancar juga bisa menghilangkan rasa cemas, khawatir, gelisah, dan pengenalan lebih baik terhadap karakter pasangannya. Ingat, kecemasan yang berlebih juga mampu menyebabkan ejakulasi dini.

Komunikasi yang terbuka antara suami istri tentang kondisi percintaan mereka wajib dilakukan. Banyak gangguan seksual yang sulit disembuhkan hanya karena komunikasi tertutup sehingga masalah yang sebenarnya tidak diketahui. Hal ini tentu akan menyulitkan pada saat proses pengobatan.

2. Berolahraga secara teratur

Pria membutuhkan kebugaran tubuh agar hubungan seks dapat berlangsung tetap bergelora. Olahraga lari pagi selama 30 menit setiap hari bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Olahraga juga bisa merangsang tubuh memproduksi hormon seksual pria. Dengan tubuh yang bugar, pria dapat berhubungan seks dengan beragam variasi posisi seks yang menyenangkan.

Ejakulasi dini dan gangguan seksual lainnya umumnya terjadi seiring dengan semakin bertambahnya usia, sehingga salah satu cara untuk mencegah terjadinya ejakulasi dini dikemudian hari adalah rajin berolahraga mulai saat ini juga.

3. Mengkonsumsi nutrisi penambah vitalitas pria

Selain berolahraga, pria juga perlu mengkonsumsi makanan tertentu yang berfungsi menambah vitalitas pria di atas ranjang. Sejumlah nutrisi bahan makanan yang diyakini bisa menjadikan pria lebih perkasa dalam berhubungan badan seperti ginseng, daun kemangi, kuning telur, merica, madu, dan lain-lain. Bahan makanan tersebut pada umumnya dikombinasikan menjadi satu sebagai ramuan obat kuat khusus lelaki.

Makanan-makanan yang mengandung zat besi atau seng seperti tiram juga baik untuk kesehatan seksual karena dapat memperbanyak jumlah hormon testosteron dalam darah, dimana fungsi testosteron adalah meningkatkan sensitifitas dan gairah seks.

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang bisa dicegah terjadi. Seperti pada umumnya masalah kesehatan, ejakulasi dini kerap muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan sistem dan hormon dalam tubuh bekerja tidak maksimal. Oleh karena itu mencegah terjadinya ejakulasi dini tentu lebih baik daripada berusaha sekuat tenaga mengobatinya  nanti.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pria seputar cara mencegah ejakulasi dini. Bagaimana dengan pengalaman Anda dalam menjaga keharmonisan hubungan suami-isteri? Silakan berbagi tips kesehatan pria melalui kolom komentar.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...