Cara mengatasi ejakulasi dini

Cara mengatasi ejakulasi dini

Ejakulasi adalah puncak hubungan seksual yang selalu diiringi dengan orgasme, yakni kontraksi yang menimbulkan rasa nikmat luar biasa. Pria yang mengalami ejakulasi terlalu cepat disebut mengalami ejakulasi dini. Mengatasi ejakulasi dini sangat mudah asalkan ada komitmen dan kesungguhan dari pria yang mengalaminya.

Ejakulasi dini adalah gangguan seksual yang biasa dialami kaum pria. Penyebab ejakulasi dini yang paling umum adalah masalah psikis terutama pada pria yang masih muda.

Gangguan seks ini bisa diatasi asalkan sang pria mau berusaha menyembuhkannya. Pada umumnya pria baru ke dokter untuk konsultasi ejakulasi dini ketika dipaksa oleh sang istri. Wanita memang adalah pihak yang paling dirugikan jika suami mengalami ejakulasi dini.

Meskipun mengalami ejakulasi yang terlalu cepat, para pria tetap bisa mengalami orgasme. Tetapi tidak demikian halnya dengan wanita yang tentu tidak bisa terpuaskan jika suami mengalami gangguan seperti itu.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan mengulas singkat bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini pada pria, baik secara alami maupun dengan bantuan obat atau herbal.

Jenis-Jenis Ejakulasi Dini

Berdasarkan durasi keluarnya air mani, ejakulasi dini dibedakan atas 3 jenis, yaitu:

  1. Ejakulasi cepat. Adalah ejakulasi dalam selang waktu yang lebih cepat dari biasanya.
  2. Ejakulasi dini. Ejakulasi saat penis baru menyentuh bibir vagina.
  3. Ejakulasi sangat dini (berat). Ejakulasi yang terjadi bahkan sebelum aktivitas persenggamaan dimulai. Ejakulasi sangat dini bisa terjadi hanya dengan berkhayal, bercumbu atau hanya sekadar berciuman saja.

Untuk mengetahui anda termasuk menderita jenis ejakulasi dini yang mana, silahkan ukur durasi bercinta anda dalam 3 bulan terakhir, lalu sesuaikan dengan jenis-jenis ejakulasi di atas.

Semua pria yang mengalami ejakulasi berat sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan kemungkinan adanya penyakit penyerta yang belum diketahui.

Faktor-Faktor Penyebab Ejakulasi Dini

Secara umum, penyebab ejakulasi dini pada pria terbagi menjadi tiga. Yaitu faktor psikis, faktor fisik dan faktor tingkah laku.

  1. Faktor psikis. Di antaranya adalah gelisah, terlalu terburu-buru ingin orgasme, kurang percaya diri, trauma dan terlalu bergairah.
  2. Faktor fisik. Di antaranya adalah genetika, alat kelamin yang terlalu sensitif, disfungsi ereksi dan penyakit prostat.
  3. Faktor tingkah laku. Di antaranya terlalu sering masturbasi, kurangnya pengalaman dalam melakukan hubungan seksual, kurang olahraga, kecanduan obat-obatan dan fetisisme.

Cara-Cara Umum Mengatasi Ejakulasi Dini

Artikel tentang cara mengatasi ejakulasi dini pada pria sudah cukup banyak tersedia di media cetak maupun media online. Berikut kami rangkum dari berbagai tulisan yang ada sesuai dengan kategorinya.

1. Secara Alami

Mengatasi ejakulasi dini pada pria dapat dilakukan dengan cara-cara alami. Cara alami di sini berarti tanpa penggunaan bahan kimia dan obat-obatan. Cara di bawah ini dianjurkan jika diikuti dengan pengubahan gaya hidup menjadi lebih sehat dan kontrol pola makan.

a. Senam Kegel

Adalah senam untuk memperkuat otot PC (pubococcygeus). Cara ini direkomendasikan oleh Christopher Asandra, M.D., pendiri dan kepala medis NuMale Medical Centers.

Otot PC adalah otot yang berada di antara skrotum dan anus. Senam Kegel secara sederhana dapat dipraktikkan dengan cara mengontraksikan otot seksual dan mengisirahatkannya bergantian selama 10 detik.

Contohnya saat Anda buang air kecil. Anda bisa melatihnya dengan cara menahan buang air kecil selama 10 detik, kemudian kontraksikan selama 10 detik dan lakukan berulang. Cara ini termasuk cara yang cukup efektif jika dilakukan setiap hari.

Ingin tahu cara melakukan latihan kegel yang benar? Klik Disini.

b. Perbanyak hubungan intim

Dengan memperbanyak pengalaman dalam berhubungan intim, Anda juga bisa menambah pengalaman bagaimana menahan desakan ejakulasi. Dalam hubungan suami istri, hubungan intim juga bisa menambah hubungan emosional.

Sehingga secara psikis, emosi yang terjadi mampu sedikit menyembuhkan gangguan ini. Komunikasi yang baik juga diperlukan oleh kedua pasangan dalam hal ini, terutama dalam menahan orgasme pada pria

c. Melatih pernapasan

Menarik napas yang dalam dapat membantu menenangkan saraf dan emosi. Jika Anda mempraktikkan cara ini saat tubuh sedang ingin ejakulasi, tubuh dan sistem hormon akan bekerja dan membantu menenangkan Anda.

Cara ini melibatkan kerja sistem saraf simpatik dan hormon endorfin. Cara ini cukup sederhana, Anda hanya menghirup udara yang dalam lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut saat berhubungan intim.

d. Menahan desakan ejakulasi

Mengatasi ejakulasi dini dapat dilakukan salah satunya adalah dengan berlatih menahan ejakulasi. Caranya adalah dengan menahan ejakulasi saat ingin keluar. Jika Anda sedang berhubungan intim, Anda bisa mengeluarkan penis Anda dan menahan ejakulasinya.

Menahan ejakulasi dapat juga dilakukan dengan menekan batang kemaluan saat akan ejakulasi. Namun, metode ini tidak disarankan oleh banyak dokter karena bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Metode ini juga cukup dibenci oleh wanita karena membuat jeda saat penetrasi.

e. Mengubah posisi dan gaya bercinta

Beberapa posisi seks tertentu dapat membuat pria cepat mengalami ejakulasi. Dan sebaliknya, terdapat gaya bercinta yang dapat membuat pria tahan lama seperti gaya wanita di atas atau gaya spoon (menyamping).

Pilihlah posisi seks yang benar dan cocok dan dapat membuat anda tahan lama, salah pilih gaya bercinta dapat berakibat anda cepat orgasme.

2. Dengan Bantuan

Mengatasi ejakulasi dini juga bisa dilakukan menggunakan bantuan yakni menggunakan obat-obatan, alat bantu seksual dan penggunaan alat lain. Berikut ini penjelasannya:

a. Obat-obatan

Mengatasi ejakulasi dini dengan meminum obat-obatan herbal ataupun kimia sebaiknya dilakukan dengan konsultasi dokter. Karena obat-obatan tersebut memiliki beberapa efek samping untuk tubuh, terlebih jika digunakan secara berkelanjutan.

Beberapa efek samping yang umum terjadi adalah berkurangnya libido, sakit kepala dan muntah-muntah. Sedangkan efek samping yang cukup besar di antaranya impotensi, kelumpuhan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika dosisnya terlalu besar.

b. Alat bantu seks

Beberapa alat bantu seks yang cukup efektif menahan ejakulasi di antaranya adalah Tissue Magic, kondom khusus dan krim atau pelumas. Tissue Magic banyak digunakan untuk memperpanjang waktu ereksi pada penis. Sedangkan kondom, gel dan pelumas bertujuan untuk mengurangi sensitivitas pada penis.

c. Operasi saraf

Operasi saraf pada penis adalah hal yang kurang umum di Indonesia. Selain karena belum banyak klinik yang bisa menjalankan operasi ini, biaya yang dikeluarkan juga tidak ringan. Operasi ini cukup banyak tersedia di klinik-klinik di luar negeri. Salah satu metode yang dipakai adalah membedah saraf kepala penis yang terlalu sensitif.

Ejakulasi dini adalah masalah seks yang bisa disembuhkan sampai tuntas. Semua pria pasti pernah mengalami gangguan ini, setidaknya sekali dalam hidup mereka. Jika tidak diatasi, ejakulasi premature dapat menimbulkan masalah dalam rumah tangga bahkan perceraian.

Demikian beberapa tips cara mengatasi ejakulasi dini. Pilihlah cara alami seperti latihan kegel atau obat-obatan herbal. Tapi jika tidak memungkinkan, lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan alternatif pengobatan untuk mengatasi ejakulasi dini yang diderita.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...