kualitas sperma

Cara mengetahui kualitas sperma

Banyak pasangan suami istri yang telah menikah lebih dari setahun tapi belum menunjukkan tanda-tanda istri akan hamil. Jangan langsung menuduh istri mandul karena boleh jadi yang menjadi biang masalah adalah kualitas sperma anda.

Agar bisa membuahi sel telur (ovum), sel spermatozoa harus memiliki kualitas yang bagus. Untuk mengetahui kualitas sperma perlu dilakukan analisis oleh dokter.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan jika istri tidak kunjung hamil adalah mengunjungi dokter untuk konsultasi.

Dokter akan mempelajari riwayat kesehatan anda dan akan memberi rekomendasi untuk pemeriksaan fisik secara lengkap.

Jika hasil pemeriksaan fisik, anda dan istri sehat maka dokter akan melakukan uji diagnostik untuk mengetahui kualitas sperma yang anda hasilkan. Ini berarti anda harus menjalani analisis sperma.

Bagaimana analisis sperma di lakukan? Anda akan diminta melakukan masturbasi ke dalam sebuah mangkuk di rumah kemudian membawa sampel sperma tersebut kepada dokter sesegera mungkin, atau biasa juga laboratorium sperma yang lengkap akan menyediakan ruangan khusus untuk anda melakukan masturbasi di sana.

Analisis Sperma Untuk Mengetahui Kualitas Sperma pada Pria

Setidaknya anda harus menyediakan tiga sampel sperma dengan selang waktu antara dua hingga empat minggu, karena hitungan sperma dapat berubah-ubah tergantung kondisi fisik dan kesehatan saat sperma dikeluarkan.

Setelah pemeriksaan maka hal berikutnya adalah membaca hasil analisis sperma. Dokter atau laboran akan menjelaskan kepada anda mengenai kualitas sperma anda secara mendetail. Berikut ini beberapa hal yang akan diperiksa saat analisis sperma di lakukan.

  1. Hitungan sperma (sperm count). Angka yang normal untuk ini adalah 200 juta per sentimeter kubik.
  2. Kelincahan gerak (motilitas). Uji ini, yang diberi nilai dari buruk sampai istimewa, menyatakan tingkat aktivitas sperma. Jika sperma tidak bergerak, mereka tidak dapat sampai ke telur. Sederhana sekali.
  3. Morfologi. Ini memberi informasi tentang bentuk sperma anda. Bisa mikro (dalam hal ini berarti terlalu kecil), bisa makro (dalam hal ini berarti terlalu besar). Ukuran yang diharapkan adalah sedang.
  4. pH. Semen harus bersifat agak basa -7,0 hingga 8,5.
  5. Viskositas. Semen harus mudah dituang.
  6. Volume. Yang normal dalam hai ini adalah dua hingga lima sentimeter kubik (kira-kira 1/2 hingga 1 sendok teh).

Setelah semua hasil di ketahui secara jelas, maka pihak Dokter dapat mengetahui kualitas sperma anda dan bisa menyimpulan kondisi yang sedang anda hadapi saat ini. Apakah anda atau istri anda yang mengalami kemandulan.

Dari hasil analisis tersebut dokter dapat segera mengambil tindakan untuk menyesaikan masalah anda. Umumnya dokter akan memberi rekomendasi atau mungkin juga obat untuk meningkatkan kesuburan anda.

Dan jika anda oleh dokter disebut mandul atau ada bagian dari sperma yang tidak sesuai standar, anda tidak perlu khawatir, karena teknologi kesehatan kita saat ini sudah sangat maju.

Ada beberapa metode pembuahan dengan teknologi modern yang dapat anda pilih atau di anjurkan oleh dokter anda, sehingga keinginan anda dan istri anda memiliki anak dapat segera terwujud.

Kualitas sperma sangat mempengaruhi apakah seorang pria dapat membuahi istri atau tidak. Gaya hidup, pola makan, dan faktor keturunan sangat mempengaruhi bagaimana kondisi kesehatan seseorang termasuk tingkat kesuburannya.

Kemandulan bisa terjadi pada istri atau pun suami. Pemeriksaan terhadap sperma suami untuk mengetahui kualitasnya sangat penting dilakukan. Jika kualias sperma bagus maka pemeriksaan bisa dilanjutkan kepada istri. Dan jika sperma yang dihasilkan tidak berkualitas maka dokter akan memberi beberapa saran dan jika dibutuhkan pengobatan.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...