Cara menghilangkan bau keputihan secara alami

Cara menghilangkan bau keputihan secara alami

Keputihan sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Umumnya, keputihan terjadi menjelang wanita akan menstruasi atau saat memasuki masa ovulasi (masa subur).

Ciri-ciri keputihan normal adalah cairan berwarna bening, bersifat cair, tidak berbau, dan tidak menyebabkan organ kewanitaan menjadi gatal. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami keputihan seperti ini.

Namun, Anda patut waspada bila keputihan yang terjadi menunjukkan tanda-tanda sebaliknya, seperti berwarna putih kehijauan, teksturnya lengket, dan memiliki bau keputihan yang menyengat.

Keputihan yang demikian disebabkan oleh adanya bakteri patogen pada organ kewanitaan yang kurang terjaga kebersihannya. Kondisi ini disebut keputihan tidak normal.


 

Tentunya mengalami keputihan abnormal seperti ciri-ciri di atas sangat tidak menyenangkan. Rasa gatal dan bau yang tidak sedap tersebut akan membuat Anda tidak nyaman, sehingga aktivitas bisa terganggu.

Apalagi bila Anda telah menikah, rasa percaya diri saat berhubungan intim akan sirna seketika karena bau menyengat tercium oleh pasangan. Nah, agar keputihan yang mengganggu Anda segera teratasi, yuk lakukan tips di bawah ini.

Tips Menghilangkan Bau Keputihan Secara Alami

Untuk menghilangkan bau akibat keputihan, pertama-tama anda perlu mengetahui penyebab keputihan abnormal yang anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi bau tidak sedap akibat keputihan abnormal tersebut, sekaligus mengobati gatal pada vagina dengan menggunakan obat alami di bawah ini:

Bawang putih menghilangkan bau keputihan

Bawang putih menghilangkan bau keputihan

1. Gunakan Bawang Putih

Menggunakan bawang putih untuk menghilangkan bau keputihan mungkin belum banyak dilakukan oleh para wanita. Padahal, tanaman umbi lapis ini memiliki kandungan zat antibiotik yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Seorang peneliti dari Universitas Maryland Medical Center juga berhasil membuktikan bahwa bawang putih mampu mengobati keputihan yang disebabkan oleh bakteri patogen.

Cara pengobatan keputihan menggunakan bawang putih juga sangat mudah, yaitu:

  • Kupaslah bawang putih kira-kira seberat 400 mg
  • Lalu tumbuk atau blender hingga halus
  • Campurkan adonan bawang putih tadi dengan air hangat secukupnya
  • Basuh organ kewanitaan Anda menggunakan adonan bawang putih tadi
  • Setelah didiamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air.

Cara lainnya, Anda tinggal mengambil satu suing bawang putih yang telah dikupas lalu letakkan di atas vagina selama satu malam.

2. Meminum Ramuan Akar Bayam

Mirip seperti bawang putih, akar bayam ternyata juga memiliki kandungan yang dapat mengobati infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Jadi, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengobati dan menghilangkan bau keputihan pada organ kewanitaan.

Cara pengobatan menggunakan ramuan akar bayam berbeda daripada bawang putih.

  • Siapkan 1 liter air untuk merebus akar bayam
  • Rebuslah akar bayam tersebut hingga airnya mendidih
  • Lalu, air rebusan akar bayam tersebut Anda minum sebanyak dua kali sehari, saat pagi dan sore.
  • Lakukan secara rutin dan hasilnya akan mulai terlihat setelah seminggu pengobatan dilakukan.

Harap diperhatikan, bau keputihan akan sulit dihilangkan jika anda tidak menjaga kebersihan tubuh dan area kewanitaan pada khususnya.

Jangan terlalu sering bersihkan vagina dengan obat pembersih karena dapat menyebabkan keputihan abnormal. Lebih baik gunakan ramuan tradisional di atas untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.


 

Tips Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Pengobatan di atas akan memberikan dampak yang maksimal bila didukung dengan kebersihan pada organ kewanitaan yang terjaga dengan baik.

Berikut ini cara menjaga kebersihan vagina yang benar:

  • Basuh organ kewanitaan dengan tepat. Hindari membasuh vagina dari arah belakang (anus) ke depan. Mengapa? Jarak antara anus dengan vagina cukup dekat, sehingga pembasuhan dari arah belakang ke depan akan memungkinkan kuman-kuman yang terdapat di anus terbawa ke vagina. Cara paling tepat adalah membasuh dari arah sebaliknya, yakni dari depan ke belakang.
  • Rutin mengganti pembalut dan celana dalam. Kondisi yang lembap merupakan tempat yang tepat untuk perkembangan bakteri. Oleh karena itu, segeralah mengganti celana dalam apabila sudah terasa lembap atau basah. Saat menstruasi, rutinlah mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam.
  • Gunakan sabun pembersih yang tepat. Tidak semua bakteri yang ditemukan di vagina adalah bakteri jahat. Ada pula bakteri baik yang berperan untuk menjaga kebersihan vagina secara alami. Penggunaan sabun yang mengandung antiseptik untuk membersihkan vagina sangat tidak disarankan, karena kandungannya bisa membunuh baik bakteri jahat maupun bakteri baik.

Selain menghilangkan bau keputihan dari vagina yang tidak sedap menggunakan ramuan di atas, Anda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dari vagina dengan jamu dari Madura. Jamu tradisional ini sudah terbukti sanagat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kewanitaan.

Setelah bau tak sedap hilang, Anda pun bisa mengharumkan vagina menggunakan bahan alami seperti daun kemangi agar suami makin senang dan Anda pun tambah percaya diri.

Nah, demikian beberapa tips yang baik untuk menghilangkan bau keputihan secara alami. Lakukan tips di atas dan keputihan Anda akan berangsur-angsur membaik.

Bau keputihan dan rasa gatal juga akan berkurang dalam beberapa kali perawatan. Namun, bila kondisi organ kewanitaan belum membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...