Vagina adalah salah satu organ kewanitaan yang wajib dijaga kebersihannya. Vagina yang bersih dan sehat akan meningkatkan kepercayaan diri dan keharmonisan rumah tangga. Sebaliknya vagina yang tidak sehat karena jarang dibersihkan akan menjadi sarang bakteri dan akan menimbulkan penyakit yang dapat menulari pasangan. Karena pentingnya merawat vagina, banyak wanita yang mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk melakukan perawatan vagina setiap bulan.

Cara merawat vagina

10 tips cara merawat vagina

Merawat vagina sebenarnya tidak perlu mahal, walaupun bagus tapi anda tidak wajib mendatangi salon atau pusat kecantikan untuk melakukan perawatan vagina. Selain karena berbiaya mahal, sebetulnya merawat vagina bisa anda lakukan sendiri di rumah menggunakan bahan yang bersih dan mudah didapatkan.

Vagina perlu dibersihkan dan dirawat karena setiap bulan wanita mengalami siklus menstruasi yang berpotensi membawa kotoran jika tidak dibersihkan. Selain itu, aktifitas seksual seperti oral seks juga berpotensi membuat vagina kemasukan kuman. Karena itu anda perlu secara rutin melakukan pembersihan dan perawatan vagina.

1. Lakukan douching atau pembersihan vagina setiap selesai menstruasi untuk membunuh bakteri merugikan di vagina. Douching sebaiknya dilakukan oleh dokter yang ahli karena jika terjadi kesalahan akan turut membunuh bakteri bermanfaat.

2. Jangan gunakan parfum atau penty liner yang mengandung parfum pada vagina. Mungkin tujuannya adalah untuk mengharumkan vagina tapi sayangnya parfum ini dapat menyebabkan timbulnya iritasi pada kulit sekitar vagina.

3. Jangan menggunakan pembalut sepanjang hari tanpa menggantinya karena pembalut atau penty line yang tidak diganti dalam sehari akan menjadi sarang kuman atau bakteri yang akan mengganggu kesehatan vagina.

4. Jangan menggunakan bedak untuk menghilangkan iritasi pada vagina. Cuaca Indonesia yang panas kadang membuat vagina menjadi gerah sehingga vagina menjadi lembab. Untuk menghilangkan kelembaban vagina lebih baik mandi dan menggunakan bedak khusus vagina.

5. Jangan menggunakan pakaian atau celana yang serba ketat karena dapat menyebabkan organ kewanitaan menjadi lembab sehingga bakteri dapat hidup dengan mudah dan menyebabkan vagina gatal. Gunakanlah pakaian dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat sehingga vagina terasa nyaman.

6. Gunakan sabun khusus untuk merawat vagina, hindari parfum dan sikat. Mandi adalah cara alami membersihkan anggota tubuh secara keseluruhan.

7. Jika melakukan oral seks, mintalah pasangan anda untuk serius menjaga dan merawat kebersihan lidah dan mulut. Dan jika menggunakan jari pastikan jari dalam keadaan bersih.

8. Untuk merawat vagina perbanyaklah mengkonsumsi Yogurt agar pH vagina terjaga, dan hindari mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak.

9. Hindari makan daging terlalu sering karena dapat membuat bau tidak sedap pada vagina. Bau tidak sedap pada vagina adalah pertanda adanya bakteri.

10. Minum susu teratur. Penelitian menunjukkan bahwa susu dapat menjaga kesehatan vagina. Susu mengandung zat aktif yang diesktrak menjadi asam laktat dan laktoserum yang secara klinis terbukti mengurangi keluhan gatal pada vagina, rasa terbakar dan keputihan.

Demikian  10 tips cara merawat vagina dan organ kewanitaan. Vagina yang bersih dan sehat akan membuat wanita lebih percaya diri. Jadi selamat menjaga dan merawat vagina ya.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...