Ciri-ciri pria mandul

Ciri-ciri pria mandul

Kemandulan atau infertilitas adalah sesuatu yang ditakuti bagi pasangan suami istri. Kemandulan menyebabkan pasangan suami istri kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Di berbagai negara, salah satunya Indonesia, kemandulan memang menjadi salah satu hal yang dianggap tabu. Ketidakmampuan memiliki keturunan dianggap memalukan oleh keluarga.

Bahkan, di beberapa tempat di Indonesia, kemandulan dianggap sebagai kesialan dan orang yang mengalaminya harus dihindari jika tidak ingin sial juga.

Seorang istri biasanya dianggap sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kehamilan yang terjadi. Jika sepasang pasutri tidak juga mendapat anak padahal sudah menikah bertahun-tahun, maka pihak yang menjadi sorotan biasanya adalah istri.

Padahal, kehamilan terjadi karena adanya pertemuan sperma dan sel telur di dalam rahim istri. Artinya, suami pun memiliki tanggung jawab yang sama besarnya terjadap terjadinya atau tidak terjadinya kehamilan pada istri.

Baik suami maupun istri, memiliki risiko kemandulan yang sama, yaitu masing-masing sekitar 40%. Jadi setelah melalui pemeriksaan dan diketahui sel telur dan organ reproduksi istri dalam keadaan baik, maka tiba saatnya untuk mengetahui bagaimana kualitas sperma suami.

Kemandulan yang dialami pada pria dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yang paling umum adalah kualitas sperma yang tidak bagus. Pria yang mengalami kemandulan juga memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat dilihat. Apa saja penyebab dan ciri-ciri pria mandul? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Kemandulan bisa dialami suami atau istri atau keduanya secara bersamaan. Untuk mengetahui pihak mana yang mengalami gangguan reproduksi, dibutuhkan pemeriksaan laboratorium dan wawancara.

Kemandulan pada pria berhubungan dengan kualitas sperma yang dihasilkan. Secara medis, sperma yang sehat dan berkualitas apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  • Memiliki pH antara 7 dan 8
  • Volume sperma sekali ejakulasi sekitar 40 juta sel per mililiter
  • Pergerakan lebih dari 50%
  • Dan bentuk sperma yang normal

Jika salah satu atau beberapa dari kriteria tersebut tidak terpenuhi maka kualitas sperma dianggap rendah. Sebaliknya jika segala kriteria terpenuhi maka sperma dianggap berkualitas dan dianggap mampu berenang mencapai sel telur.

Kriteria-kriteria tersebut yang menjadi tolok ukur untuk mengetahui kualitas sperma suami. Pemeriksaan dilakukan di laboratorium dengan mengambil sedikit sampel sperma suami lalu diperiksa.

Faktor-faktor penyebab kemandulan pada pria di antaranya adalah:

  1. Varikokel atau pembengkakan pembuluh darah di korda spermatika. Hal ini disebabkan oleh adanya varises pada testis yang memengaruhi jumlah dan kualitas sperma sehingga terjadi gangguan kesuburan.
  2. Ejakulasi yang mengalami gangguan. Bukan hanya ejakulasi dini saja, tetapi ejakulasi retrograde dan volume rendah juga menjadi penyebabnya. Gangguan ejakulasi ini disebabkan karena carian semen masuk ke dalam kandung kemih karena tidak dapat dikeluarkan lewat penis.
  3. Prostatitis atau infeksi pada prostat yang dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan kemandulan sementara hingga kemandulan permanen pada pria.
  4. Gangguan hormon lutenzing yang dapat menyebabkan turunnya produksi testoteron dan spermatogenesis.
  5. Kriptorkismus yang menyebabkan testis tidak dapat bergerak ke arah skrotum yang berakibat ketidakmampuan dalam memprosuksi sperma.
  6. Mutasi genetik pada kromosom pria yang terjadi secara tidak normal dapat mengganggu kesuburan.
  7. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti begadang, merokok, dan kurang mengonsumsi makanan bergizi.

Ternyata ada banyak faktor yang dapat memicu gangguan sperma suami. Penanganan yang lambat dan kurang tepat akan mengganggu kualitas sperma yang dihasilkan.

Ciri-Ciri Pria Mandul

Salah satu ciri pria mandul yang mudah dikenali adalah ketidakmampuan dalam menghasilkan keturunan. Namun, lebih spesifik lagi, ciri-ciri pria mandul secara medis dapat dilihat dari kelainan pada sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi.

Adapun beberapa ciri-ciri pria mandul adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas sperma yang buruk. Secara umum, sperma dengan kualitas baik memiliki volume sekitar 2-5 ml dengan kekentalan yang normal dan berwarna putih keruh. Jika berada di luar organ reproduksi akan segera mencair kurang dari satu jam.
  2. Testis terlihat tidak turun.
  3. Gangguan impotensi dan hormon yang ada di dalam tubuh.
  4. Menderita tumor tertentu yang mengakibatkan sperma tidak memiliki kualitas yang bagus.
  5. Aglutinasi atau melekatnya dua sel sperma.

Pada dasarnya ciri-ciri pria mandul sulit diketahui tanpa pemeriksaan laboratorium. Namun salah satu ciri paling umum pria mandul adalah jika istri tidak juga hamil meskipun aktif berhubungan seks tanpa alat pengaman.

Setelah mengetahui faktor risiko dan ciri-ciri kemandulan pada pria, selanjutnya kita perlu juga mengetahui bagaimana mencegah kemandulan terjadi dan bagaimana meningkatkan kesuburan pria.

Mencegah Kemandulan Pada Pria

Pencegahan kemandulan pada pria dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan sperma yang sehat dan berkualitas.

  • Berhenti merokok karena rokok dapat mengurangi produksi dan pergerakan sperma.
  • Kurangi konsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Terlalu banyak asupan kafein dapat memengaruhi produksi sperma.
  • Berhati-hati dalam menggunakan obat karena beberapa obat tertentu memiliki efek negatif pada pembentukan sperma. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan tertentu.

Menjalani gaya hidup yang sehat sejak usia muda membantu organ reproduksi pria menghasilkan sel sperma yang berkualitas dan banyak. Sebaliknya, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol akan memperburuk organ seksual pria.

Para pria bisa meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi vitamin dan makanan sehat serta mendapat istirahat yang cukup. Memiliki perasaan yang selalu bahagia dan positif juga disebut dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma.

Kemandulan bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan. Jika kebetulan seorang pria memiliki ciri-ciri kemandulan seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter ahli untuk dapat menjalani pengobatan yang sesuai.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...