Keputihan adalah penyakit yang khas diderita kaum wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan yang bukan darah dari vagina. Berdasarkan ciri-cirinya, keputihan terbagi atas dua jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Selama cairan atau lendir yang keluar tersebut tidak berbau, tidak menimbulkan gatal dan tidak berwarna, maka dia dikategorikan sebagai keputihan normal, jika sebaliknya maka termasuk jenis keputihan abnormal.

Ciri-Ciri Keputihan Abnormal

Ciri-Ciri Keputihan Abnormal

Keputihan abnormal adalah cairan yang keluar dari vagina yang disebabkan oleh kuman, jamur atau parasit sehingga menimbulkan rasa gatal, bau tidak enak dan sering berwarna hijau.

Penyebab terjadinya keputihan abnormal adalah terjadinya ketidakseimbangan jumlah bakteri di vagina yang dapat menimbulkan perubahan pada bau, warna dan tekstur yang merupakan ciri-ciri keputihan abnormal.

Kondisi ketidakseimbangan tersebut dapat dipicu oleh beberapa hal diantaranya pertumbuhan bakteri jahat, pil kontrasepsi, infeksi, iritasi, klamidia, kanker serviks dan banyak lagi lainnya.

Gejala dan Ciri-Ciri Keputihan Abnormal

Anda perlu ke dokter jika mengalami keputihan tidak normal, sementara keputihan normal biasanya akan hilang dengan sendirinya. Dokter yang menangani akan mencari tahu penyebabnya. Jika penyebabnya karena bakteri maka obatnya adalah antibiotik atau krim.

Agar lebih mudah dibedakan dengan keputihan normal, berikut ini ciri-ciri keputihan abnormal:

1. Keputihan berwarna coklat dan tercampur dengan darah
Biasanya terjadi pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur. Jika keputihan disertai dengan perdarahan dan rasa nyeri pada panggul maka kemungkinan ada kanker serviks atau kanker endometrium dalam tubuh. Segera periksakan diri ke dokter.

2. Keputihan yang berwarna kuning
Bisa jadi keputihan ini disebabkan adanya infeksi gonorhea atau kencing nanah, apalagi jika keputihan disertai dengan perdarahan di vagina dan rasa nyeri saat buang air kecil. Keputihan ini hanya gejala dari penyakit yang dialami sehingga untuk menyembuhkannya infeksi pada vagina perlu diatasi terlebih dahulu.

3. Keputihan berwarna kehijauan dan berbau busuk
Rasa bau dan gatal saat buang air kecil menandakan adanya infeksi trikomoniasis dalam tubuh dan merupakan salah satu gejala keputihan abnormal yang perlu segera disembuhkan.

4. Keputihan yang berwarna pink
Keputihan ini biasa terjadi pada wanita setelah melahirkan.

5. Keputihan berwarna putih susu dan kental
Kemungkinan besar keputihan jenis ini disebabkan adanya infeksi jamur pada vagina. Apalagi jika keputihan disertai dengan ciri-ciri khas seperti bengkak dan rasa nyeri saat berhubungan intim.

6. Keputihan berbau amis dan berwarna abu-abu
Jika keputihan menimbulkan bau amis berwarna abu-abu atau kekuningan, ada rasa gatal, bibir vagina bengkak dan kemerahan maka kemungkinan besar adalah ciri keputihan abnormal yang disebabkan karena bakteri atau kuman.

Ciri-ciri keputihan abnormal di atas bisa menjadi rujukan anda dalam usaha mengatasinya. Jika anda merasa jenis keputihan yang anda derita adalah abnormal maka segeralah periksakan diri ke dokter. Jika anda ke dokter, jangan membersihkan vagina dengan sabun pencuci, datanglah dengan kondisi seperti yang sedang anda alami sehingga dokter bisa menyimpulkan jenis keputihan yang anda derita.

Sebaiknya jangan mengobati diri sendiri sebab belum tentu pengobatan yang anda gunakan sesuai dengan jenis keputihan yang anda alami. Salah pengobatan justru akan menyebabkan infeksi pada vagina dan membuat keputihan menjadi lebih parah. Dan lebih baik lagi jika anda menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan keputihan abnormal yang anda derita.

Selain itu, gunakan pembalut yang bebas dari zat kimia seperti pengharum buatan karena dapat memperparah kondisi keputihan. Jangan juga terlalu sering membersihkan vagina terutama menggunakan bahan antiseptik sebab dapat membunuh bakteri baik dalam vagina.

Demikian beberapa gejala dan ciri-ciri keputihan abnormal yang perlu anda ketahui dan bedakan dengan jenis keputihan lain agar tidak salah dalam pengobatan nanti.

loading...