Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh kaum pria yang telah berusia 50 tahun ke atas. Kanker ini menyerang kelenjar prostat yaitu kelenjar di sekitar saluran kencing yang berfungsi untuk membantu menghasilkan semen atau cairan sperma.

Gejala awal kanker prostatSampai saat ini para ahli belum mengetahui penyebab kanker prostat. Namun, terdapat faktor-faktor yang diketahui berpengaruh terhadap pertumbuhan kanker prostat seperti usia dan riwayat kesehatan keluarga.

Kanker prostat umumnya bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak awal. Penyembuhan dilakukan dengan pengawasan aktif, pembedahan, radiasi, dan terapi hormon.

Gejala-Gejala Awal Kanker Prostat

Berbeda dengan kanker lain, kanker di kelenjar prostat ini tumbuh lebih lambat sehingga sulit diketahui bahwa seorang pria telah membawa sel kanker dalam tubuhnya selama bertahun-tahun. Pada umumnya tanda-tanda awal kanker prostat tidak terdeteksi, namun seiring tumbuhnya kanker akan muncul gejala-gejala berikut ini.

1. Kesulitan ketika buang air kecil, yang meliputi:

  • Tidak bisa buang air kecil sama sekali
  • Kesulitan saat memulai buang air kecil dan kesulitan untuk berhenti buang air kecil
  • Sering buang air kecil, terutama di waktu malam hari
  • Merasakan sakit atau rasa panas saat buang air kecil

2. Kesulitan untuk ereksi dan mempertahankan ereksi
3. Terdapat darah dalam air kencing atau cairan sperma.
4. Sering mengalami rasa sakit terutama di bagian punggung bawah, perut, pinggul, atau panggul.

Perlu juga diketahui bahwa terdapat beberapa jenis penyakit lain (selain kanker prostat) yang memiliki tanda-tanda seperti di atas. Oleh karena itu jangan memvonis diri sendiri sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Gejala-gejala saat kanker prostat mulai menyebar

Seperti halnya semua jenis kanker, kanker prostat bisa menyebar ke organ tubuh lain jika terlambat ditangani. Jika sudah demikian berarti sel-sel dalam tubuh sudah banyak yang rusak. Tanda-tanda yang sering dialami saat kanker prostat sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Berat badan semakin menurun
  2. Sakit pada tulang, terutama di bagian punggung bawah, perut, pinggul, atau panggul
  3. Pembengkakan pada kaki.

Ada banyak jenis penyakit yang memiliki gejala yang mirip seperti gambaran di atas. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut maka langkah terbaik yang harus anda lakukan adalah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan gejala-gejala tersebut apakah gejala penyakit lain atau memang anda sedang menderita kanker prostat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...