Pra Menstruasi Syndrome (PMS) atau sindrom pra haid adalah kumpulan gejala normal yang tidak menyenangkan yang terjadi dan terkait dengan siklus menstruasi wanita. Pada umumnya gejala PMS yang terjadi ada dua yaitu gejala fisik dan psikis.

Premenstrual syndrome atau sering disingkat PMS adalah sebuah kondisi medis yang memiliki gejala-gejala fisik dan psikis tertentu dan mempengaruhi hampir semua wanita berusia subur. Gejala yang dialami tersebut umumnya sama pada setiap wanita, yang berbeda adalah tingkat keparahannya.

Gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS)

Gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS)

Menurut The American College of Obstetri dan Ginekologi, Pra Menstruasi Syndrome adalah terjadinya gejala-gejala khusus yang cukup berat sehingga dapat mengganggu aktifitas keseharian wanita dan muncul secara konsisten periodik dan selalu berkaitan dengan akan terjadinya menstruasi pada setiap bulan.

Sebagian besar wanita, yaitu sekitar 80%-95% akan mengalami pra Menstruasi Syndrom. Sindrom PMS terjadi sebelum wanita mengalami menstruasi, diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum menstruasi.

Gejala pra menstruasi syindrome (PMS) yang paling sering muncul adalah emosi yang tidak stabil, merasa tidak mood seharian, bersikap sinis atau tajam terhadap wanita lain dan cenderung meluapkan emosi dengan marah-marah.

Kondisi ini bukanlah sebuah penyakit tetapi merupakan kumpulan gejala fisik dan psikis yang berkaitan dengan perubahan hormon pada saat menjelang menstruasi. PMS kadang juga disebut Pre Menstrual Tension atau sindrom prahaid.

Apa saja yang termasuk dalam gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS)? Mengapa PMS selalu menyertai siklus menstruasi wanita? Berikut adalah jawabannya:

1. Perasaan wanita tentang tubuhnya yang bertambah gemuk.

Peningkatan kadar hormon estrogen menyebabkan retensi cairan di dalam tubuh yang melebihi nilai normal. Retensi cairan adalah akibat dari peningkatan kadar hormon estrogen yang menyebabkan tubuh mengurangi jumlah cairan yang dikeluarkannya sehingga jumlah total cairan di dalam tubuh bertambah dibandingkan normalnya.

Kadar hormon estrogen mencapai puncaknya sekitar 14 sampai dengan 16 hari sebelum menstruasi berikutnya. Dengan demikian, harap dimaklumi apabila seorang istri merasa kurang percaya diri karena merasa lebih gemuk di saat-saat tersebut.

2. Sikap mudah tersinggung dan mudah marah

Hal tersebut disebabkan hormon estrogen dan progesteron yang menurun dengan drastis sesaat sebelum terjadinya menstruasi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, sistem reproduksi terkait erat dengan susunan saraf pusat, termasuk otak. Oleh karena itu, perubahan hormonal yang mengatur sistem reproduksi kemungkinan juga akan berpengaruh pada kerja otak yang mengatur emosi dan mood (perasaan).

3. Tanda-tanda lain yang termasuk dalam gejala PMS, bergantung pada variasi atau keunikan dari setiap wanita.

Hingga saat ini, gejala-gejala PMS yang banyak dialami belum sepenuhnya mampu dijelaskan secara ilmiah. Gejala lainnya yang banyak terjadi antara lain: nafsu makan yang meningkat serta nyeri punggung ataupun nyeri seluruh tubuh.

Baca juga:

Gejala Fisik dan Psikis Pra Menstruasi Syndrome (PMS)

Pada dasarnya gejala yang dialami sebelum masa menstruasi bersifat periodik dan akan hilang dengan sendirinya setelah masa menstruasi telah tiba. Tetapi jika kondisi fisik ataupun psikis yang terjadi sudah sangat mengganggu yang mengharuskan untuk beristirahat total di rumah maka ada baiknya ke dokter untuk mencari solusinya.

Menurut webmd.com, sebanyak 85% wanita akan mengalami gejala-gejala khas yang berkaitan dengan periode haid mereka, sementara dalam jumlah yang lebih sedikit yakni 2% -10% akan mengalami gejala yang sangat parah.

Gejala Emosional dan Perilaku

Sebagian besar wanita akan mengalami perubahan emosional yang drastis saat menjelang menstruasi. Perubahan tersebut umumnya dapat disadari oleh kerabat dekat yang bersangkutan. Berikut ini beberapa gejala psikis dan perubahan perilaku yang biasa terjadi pada wanita yang mengalamu pre menstruasi syndrome:

  1. Mengalami ketegangan atau kecemasan yang berlebih
  2. Muncul perasaan depresi
  3. Menangis tanpa alasan
  4. Mengalami perubahan mood dan cepat marah
  5. Perubahan nafsu makan dan mengidam makanan tertentu
  6. Sulit tidur (insomnia)
  7. Menarik diri dari lingkungan sosial
  8. Mengalami konsentrasi yang buruk

Mengapa wanita mengalami kondisi ini setiap bulan belum diketahui pasti penyebabnya. Beberapa ahli menyebut karena adanya ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh, dan pendapat lain menyebut adanya produksi hormon estrogen yang berlebih menjelang ovulasi yang menimbulkan perubahan suasana hati dan perasaan.

Gejala Fisik Pra Menstruasi Syndrom (PMS)

Selain gejala psikis seperti di sebut di atas, beberapa wanita juga mengalami beberapa gejala fisik pra menstruasi syndrome yang kadang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Gejala fisik tersebut dalam tahap tertentu biasanya sampai pada tahap mengganggu aktifitas. Berikut ini tanda-tandanya:

  1. Nyeri sendi atau otot
  2. Sakit kepala
  3. Cepat lelah
  4. Berat badan bertambah
  5. Perut kembung
  6. Nyeri pada payudara
  7. Jerawat bertambah
  8. Sembelit atau diare

Beberapa wanita mengalami gejala fisik dan psikis yang cukup mengganggu sehingga mempengaruhi rutinitas keseharian. Terlepas dari parah atau tidaknya, semua gejala tersebut akan segera menghilang setelah menstruasi dimulai.

Sebagai sebuah kondisi normal maka PMS tidak bisa dicegah, tetapi melalui perawatan dan pengobatan yang tepat maka gejala yang diderita dapat dikurangi. Para wanita juga dapat mengurangi penderitaannya selama Pra Menstruasi Syndrome dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat seperti aktif berolahraga, istirahat yang cukup, dan diet yang tepat.

Setelah membaca dan memahami tanda dan gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS) di atas maka dapat kita simpulkan bahwa perubahan perilaku dan fisik yang terjadi di hari-hari menjelang haid adalah hal yang normal yang menyertai siklus reproduksi wanita.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...