Jarang sikat gigi penyebab disfungsi ereksi

Jarang sikat gigi penyebab disfungsi ereksi

Sudah lama diketahui bahwa jarang sikat gigi berkontribusi terhadap munculnya berbagai gangguan kesehatan di mulut, tapi sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine baru-baru ini menemukan satu lagi alasan mengapa semua orang terutama pria perlu menyikat giginya secara teratur.

Penelitian tersebut menyebutkan jarang sikat gigi menyebabkan pria tiga kali lebih mungkin mengalami masalah disfungsi ereksi. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Para peneliti dari Universitas Inonu Turki baru-baru ini meneliti gusi dari 160 pria berusia antara 30 dan 40 tahun dimana setengah dari mereka diketahui mengalami disfungsi ereksi dan setengahnya lagi tidak.

Dari penelitian tersebut, diketahui terdapat 53% pria dengan disfungsi ereksi juga mengalami masalah gusi yang meradang. Hanya ada 23% pria yang mengalami masalah pada gusi tapi tidak mengeluhkan adanya gangguan ereksi.

Penelitian kemudian menambahkan beberapa parameter tambahan seperti faktor usia, berat badan, keuangan dan tingkat pendidikan. Dan ditemukan pria yang mengalami penyakit periodental (gangguan di sekitar gigi) berpotensi tiga kali lebih besar mengalami disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang memiliki gusi yang sehat.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? apa hubungan antara kesehatan gigi dengan disfungsi ereksi?

Banyak penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa penyakit periodontitis yang telah kronis dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah seperti seperti penyakit jantung koroner, yang diketahui memiliki hubungan langsung dengan masalah ereksi,” ujar penanggung jawab studi Dr Fatih Oguz.

Penjelasan yang sedikit berbeda diungkapkan oleh peneliti senior dari China Luzhou Medical College. Menurut mereka periodontitis akan menghambat kemampuan tubuh untuk membentuk enzim eNOS yang merupakan enzim yang terlibat langsung dalam proses ereksi penis. Tidak ada enzim eNOS, berarti tidak ada ereksi.

Meski demikian pendapat tersebut tidak menjelaskan secara detail apakah faktor periodontitis ini merupakan faktor penyebab disfungsi ereksi atau hanya gejala saja? Menurut Dr Dr Leonard Gomella, profesor dan ketua Departemen Urologi di Universitas Thomas Jefferson diperlukan penelitian yang lebih lengkap mengenai peradangan pada tubuh manusia sebelum sebuah kesimpulan dibuat.

“Karena penyakit periodontal dianggap sebagai gangguan inflamasi, maka mungkin penyakit ini juga memainkan peran dalam timbulnya disfungsi ereksi,” katanya.

Mulai sekarang anda bisa mencegah impotensi dengan rajin sikat gigi secara teratur, selain mulut menjadi lebih segar, kesehatan seksual juga akan terjaga dengan baik.

Bau Mulut Tanda Pria Alami Disfungsi Ereksi (Impoten)

Sebuah penelitian lain setidaknya membuktikan adanya hubungan langsung antara kesehatan mulut dengan disfungsi ereksi.

Para peneliti telah mengetahui bahwa bau mulut juga berkaitan dengan kondisi hati. Seorang yang mengalami masalah diabetic ketoacidosis contohnya tidak bisa memanfaatkan glukosa secara efektif sebagai sumber energi. Dan karena itu menggunakan lemak tubuh sebagai gantinya.

Akibatnya tubuh akan menghasilkan keton yang menyuplai rasa manis dan menyebabkan mulut berbau. Kondisi akan semakin berat jika semakin banyak bahan kimia yang masuk ke dalam darah dan urin akibat obat-obatan yang dikonsumsi.

“Masalah yang paling mengganggu jika hati tidak berfungsi dengan baik adalah kadar hormon testosteron dalam darah akan menurun menyebabkan gairah seks juga ikut menurun. Akibatnya ereksi tidak akan optimal atau bahkan gagal sama sekali.

Oleh karena itu, organ hati yang terganggu dapat dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Dan salah satu gejala yang muncul adalah bau mulut,” ujar Dr Rajan Bhonsle, Kepala Departemen of Sexual Medicine.

Disfungsi ereksi adalah salah satu gangguan seksual yang kerap dialami kaum pria terutama oleh mereka yang telah lanjut usia, meskipun demikian gangguan ini bukan merupakan tanda dari penuaan karena disfungsi ereksi atau impotensi juga sering ditemukan pada pria berusia muda.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...