Bahaya junk Food picu kemandulan pada pria

Bahaya junk food dapat menyebabkan kemandulan pada pria

Hampir semua ahli kesehatan berpendapat sama akan bahaya junk food terutama dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan terlalu sering makan junk food dapat menyebabkan pria jadi mandul.

Dari penelitian tersebut diketahui bahaya junk food bagi pria adalah menyebabkan kualitas sperma menjadi buruk sehingga tidak mampu membuahi sel telur.

Junk food adalah istilah untuk mendefinisikan jenis makanan tidak sehat, tinggi kalori, sedikit nutrisi dan mengandung banyak lemak.

Semua jenis makanan cepat saji seperti ayam, hamburger, kentang goreng yang dijual oleh rumah makan ber-merk terkenal sering dikategorikan sebagai makanan junk food.

Junk food berbahaya bagi kesehatan terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Kandungan gula, garam dan zat-zat hasil pemrosesan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dan cenderung mengubah kondisi asam basa tubuh sehingga rentan dengan penyakit.

Saat ini, banyak kejadian dimana orang mulai mengganti makanan sehari-harinya dengan junk food. Menukar nasi, sayur, buah-buahan dengan sepiring ayam goreng, dan kentang. Menukar teh, air putih dengan minuman bersoda.

Kebanyakan junk food di Indonesia terdiri atas berbagai jenis makanan ringan atau makanan cepat saji. Sarapan sereal yang banyak diiklankan di televisi juga adalah junk food. Pendek kata bahaya junk food senantiasa mengintai dimana pun kita berada.

Jenis makanan ringan yang banyak dijual biasanya sudah dikemas dengan sangat menarik, contohnya keripik, keju, permen, kue cemilan, biskuit, dan lain-lain. Seberapa besar kontribusi kalori dari makanan ringan tersebut tidak boleh dianggap sepele.

Di Amerika Serikat sebuah penelitian pernah dilakukan dan ditemukan bahwa anak usia 2 sampai 5 tahun memiliki tingkat kalori sebesar 30% yang diperoleh dari cemilan sehari-hari.

Dampak buruk atau bahaya karena terlalu sering mengkonsumsi junk food dalam jangka panjang dapat memicu banyak penyakit kronis seperti kanker dan juga berpotensi merusak kualitas sperma sehingga dapat menurunkan tingkat kesuburan dan menyebabkan kemandulan pada pria.

Para Dokter dari Universitas harvard (Amerika Serikat) bekerjasama dengan Dokter dari Universitas Murcia (Spanyol) melakukan penelitian bersama tentang bahaya junk food dan mencoba melakukan analisis sperma milik seratusan pria berusia 18-22 tahun. Seluruh pria yang spermanya diteliti tersebut memiliki tingkat kesehatan yang baik.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kualitas sperma antara pria yang kerap mengkonsumsi junk food dengan pria yang tidak pernah makan junk food. Pria penikmat junk food diketahui memiliki kualitas sperma yang buruk dan cenderung tidak mampu bertahan hidup lebih lama, meskipun secara fisik pria tersebut sehat.

Padahal untuk bisa membuahi sel telur sehingga terjadi kehamilan, sperma harus memenuhi beberapa syarat, misalnya jumlahnya sekitar 20 juta per mililiter sperma, memiliki gerak dan ukuran yang bagus. Sperma yang sehat dapat bergerak lincah di dalam rahim wanita dan membuahi sel telur.

Baca juga:

Hindari Bahaya Junk Food dan Perbaiki Gaya Hidup dapat Mencegah Kemandulan

Gaya hidup dan pola makan sangat mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan. Stres, bekerja terlalu keras, sering makan junk food, kurang olahraga menyebabkan sperma tidak bisa hidup lama.

Untuk menghindari bahaya junk food yang selalu mengintai maka setiap orang terutama kaum pria perlu mengurangi atau bahkan berhenti mengkonsumsi semua jenis makanan olahan dan mulai menggantinya dengan buah dan sayuran organik.

Untuk menambah kualitas dan produksi sperma, konsumsilah beberapa vitamin dan makanan berikut ini:

1. Banyak minum air putih

Air putih membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Di dalam tubuh yang sehat, seluruh organ dan hormon akan bekerja efisien termasuk dengan organ penghasil sperma. Kekurangan air putih membuat tubuh lemas dan sel sperma menjadi tidak sehat sehingga pria bisa jadi mandul.

2. Konsumsi daging

Konsumsilah daging yang anda olah sendiri. Jangan makan daging olahan dari rumah makan cepat saji. Daging ayam yang telah digoreng menjadi junk food telah kehilangan seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Padahal daging adalah sumber protein yang sangat berguna untuk meningkatkan kadar hormon testosteron pria.

Testosteron adalah hormon seks pria yang bertanggung jawab terhadap seluruh aktifitas seksual manusia termasuk produksi sperma. Produk daging yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi sperma adalah ikan tuna, daging ayam dan daging merah yang segar.

3. Biji Kacang

Tubuh butuh asupan zync dan asam amino untuk memproduksi sperma. Makanan jenis kacang-kacangan memiliki kadar selenium yang tinggi. Disarankan memasukkan kacang-kacangan dalam menu makanan sehat sehari-hari agar jumlah kualitas sperma jadi lebih bagus.

4. Padi-padian

Makanan oatmeal dan granola juga mengandung asam amino yang tinggi dan bermanfaat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Jenis padi-padian yang baik adalah gandum. Kadar testosteron tinggi akan membuat ereksi penis jadi lebih keras dan produksi sperma lebih cepat.

5. Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan mengandung banyak zat yang dibutuhkan tubuh. Sayur seperti brokoli, bayam, asparagus dan ganggang mengandung vitamin dan dapat meningkatkan jumlah sperma. Bayam memiliki kandungan asam amino yang tinggi yang sangat baik bagi kesehatan sperma.

Jenis buah yang baik bagi sperma adalah tomat, semangka, jambu dan anggur merah yang memiliki kadar lycopine yang tinggi. Zat lycopine tidak hanya meningkatkan produksi sperma tapi juga bermanfaat untuk melawan kanker prostat.

Konsumsilah makanan non olahan agar tubuh tetap sehat dan produksi sperma juga meningkat. Sperma yang sehat adalah sperma yang dikeluarkan dari tubuh yang sehat. Sperma yang kuat dan sehat tentu akan memiliki kemampuan dan gerakan yang gesit untuk berenang di dalam rahim menuju sel telur.

Hindari makan junk food, baik itu sebagai makanan utama maupun cemilan. Lemak jahat dalam makanan tersebut bertanggung jawab terhadap kesehatan dan kualitas sperma anda. Waspadalah, makan junk food berlebihan dapat menyebabkan pria mandul.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...