Penyebab kualitas seks menurun pasca persalinan operasi caesar

Penyebab kualitas seks menurun pasca persalinan operasi caesar

Persalinan caesar adalah salah satu metode persalinan yang biasanya menjadi pilihan terakhir bagi seorang wanita yang akan melahirkan. Metode persalinan ini sering kali menimbulkan efek traumatis pada wanita akibat rasa sakit yang timbul dan waktu pemulihan yang  cukup lama.

Beda halnya dengan persalinan normal, persalinan caesar pada umumnya akan mempengaruhi kualitas seksual suami istri pasca operasi dilakukan sehingga kadang bisa menyebabkan timbulnya percekcokan.

Operasi caesar adalah salah satu operasi besar yang mengharuskan wanita istirahat total paling tidak selama tiga bulan pasca operasi dilakukan.

Hal ini dilakukan agar luka bekas operasi cepat sembuh. Dalam proses tersebut, memang dibutuhkan kesadaran dari kedua pihak untuk menanggalkan ego masing-masing.

Faktor lain yang biasanya mempengaruhi keintiman pasangan suami istri pasca melahirkan adalah kelelahan dan waktu. Sibuk mengurus bayi biasanya membuat perhatian istri kepada suami menjadi berkurang.

Oleh karena itu dibutuhkan pengertian yang mendalam antara suami dan istri agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga.

Penyebab Menurunnya Kualitas Seks Pasca Caesar

Penyebab kualitas seks menurun pasca operasi caesar biasanya disebabkan oleh dua faktor yaitu fisik dan psikis. Secara psikis, bayang-bayang meja operasi dan rasa sakit yang timbul pasca caesar membuat wanita kehilangan gairah pada suaminya.

Begitu pula dengan adanya bekas luka jahitan operasi yang sering menimbulkan rasa ngilu saat beraktifitas. Rasa nyeri dan ngilu tersebut biasanya akan lebih terasa saat memaksakan untuk melakukan hubungan seks dengan suami.

Perubahan bentuk tubuh pasca kehamilan dan kelahiran juga sering kali membuat kaum wanita merasa tidak percaya diri. Berat badan yang melar biasanya tidak langsung turun drastis meskipun sudah melahirkan. Merasa terlalu gemuk kadang menjadi beban bagi wanita dan pada tingkat yang lebih parah bisa menimbulkan depresi.

Rasa percaya diri terhadap suami semakin menurun setelah mendapati adanya stretch mark dan bekas jahitan operasi caesar yang menimbulkan keloid di sekitar perut. Oleh karena itu tidak heran apabila dengan penampilan baru seperti itu kualitas hubungan pasutri pasca caesar cenderung memburuk.

Hal-hal tersebut di atas secara psikis dapat mempengaruhi wanita ketika akan berhubungan, membuat mereka malas atau ogah-ogahan berhubungan. Pada beberapa kasus banyak wanita yang bahkan kehilangan gairah seksualnya pasca melahirkan.

Faktor kelelahan dan kurang tidur juga sangat berpengaruh pada kualitas hubungan pasutri pasca caesar. Bayi baru lahir hingga usia sembilan bulan membutuhkan perhatian ekstra dari seorang ibu karena bayi harus minum tiap selang waktu dua jam, hal ini juga membuat para ibu kekurangan waktu tidur.

Sering terbangun di malam hari karena bayi menangis ditambah dengan rasa nyeri bekas operasi caesar membuat sang Ibu jadi kurang istirahat. Sehingga boro-boro memikirkan seks, si Ibu biasanya lebih memilih beristirahat atau tidur daripada meluangkan waktu melayani suami berhubungan.

Kadar hormon estrogen yang menurun pasca operasi menyebabkan cairan alami vagina berkurang atau bahkan kering. Tentu saja kondisi ini akan membuat hubungan seksual pasca operasi caesar terasa menyakitkan bagi wanita. Menurunnya kadar estrogen ini juga dapat menimbulkan depresi postpartum.

Seorang wanita yang mengalami depresi post partum akan mengalami rasa gelisah, sedih, sensitif yang biasa disebut dengan babyblues. Pada taraf yang parah, babyblues ini dapat memicu keinginan untuk bunuh diri.

Baca juga:

Solusi Tingkatkan Kualitas Seks Pasca Caesar

Sebelum memutuskan untuk melakukan hubungan seksual pasca oeprasi caesar sebaiknya pasangan suami istri melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dokter akan melihat kondisi kesehatan ibu agar hubungan seks bisa dilakukan dengan nyaman.

Biasanya dokter akan menyarankan hubungan mulai 6 minggu pasca melahirkan, lebih lama dari persalinan normal yang hanya 4 minggu. Namun rentang waktu ini bukanlah sebuah patokan karena akan berbeda pada setiap individu. Beberapa wanita butuh waktu yang lebih lama dari yang lain.

Sebaiknya pihak suami dan istri menyadari akan pentingnya tetap menjaga keharmonisan pasca caesar. Para suami dapat mengambil alih peran serta istri dalam menjaga bayi atau menggantikan popoknya. Peran serta suami akan memberikan waktu lebih bagi seorang istri untuk dapat beristirahat sehingga gairah seksual dapat kembali normal dengan cepat.

Seorang suami juga dapat memberi perhatian lebih kepada istri untuk memupuk rasa percaya dirinya kembali.  Suami yang menemani istri berolahraga dan memberikan dukungan untuk makan makanan bergizi seimbang  dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seorang istri.

Seorang suami juga harus pintar-pintar mengkomunikasikan kebutuhan biologisnya kepada istri dengan bahasa yang kreatif. Untuk menghindari hubungan yang menyakitkan selama hubungan seks berlangsung. Pasangan suami dan istri juga dapat menggunakan pelumas topikal sebagai pelumas atau mencoba gaya baru yang tidak menyakitkan saat berhubungan seks.

Pada dasarnya semua semua faktor pemicu berkurangnya gairah kepada suami setelah persalinan dengan operasi caesar bisa diatasi. Kunci utamanya adalah suami dan istri perlu tetap menjaga komunikasi. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan pasutri menjadi semakin harmonis setelah kelahiran sang bayi.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...