Jenis makanan yang menurunkan gairah seks (libido)

Jenis makanan yang menurunkan gairah seks (libido)

Makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat mempengaruhi dorongan seksual. Dari penelitian, beberapa jenis makanan diketahui dapat membangkitkan gairah seks dan sebaliknya beberapa yang lain justru dapat menurunkan gairah seks.

Makanan-makanan tersebut berhubungan dengan tingkat produksi hormon testosteron. Seperti kita ketahui testosteron adalah hormon seks yang mendorong bangkitnya libido.

Kekurangan testosteron berdampak pada menurunnya gairah seks. Dan makanan-makanan yang menyebabkan terhambatnya produksi hormon tersebut tentu bertanggung jawab terhadap menurunnya gairah seks.

Pada dasarnya ada beberapa faktor penyebab libido rendah selain testosteron kurang, diantaranya adalah karena sedang stres, sedang sakit, kurang tidur, dan akibat konsumsi obat tertentu.

Di artikel sehatki.com kali ini kita hanya akan membahas penyebab gairah seks menurun akibat kurangnya hormon testosteron dan karena itu kita akan membahas beberapa jenis makanan yang jika kita konsumsi secara teratur akan menyebabkan gairah seks menurun drastis.

Jenis Makanan yang Menurunkan Gairah Seks

Berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari atau dikurangi karena dapat menurunkan gairah seks untuk bercinta:

1. Mint

Banyak orang yang senang dengan aroma mint di mulut karena membantu menghilangkan aroma tak sedap dari mulut. Sayangnya mentol dalam mint memiliki efek menurunkan testosteron yang pada gilirannya akan menurunkan gairah seks.

2. Liquorice (akar manis)

Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat permen serta beberapa teh herbal dan minuman lainnya. Akar manis mengandung phytoestrogen dan diketahui dapat mempengaruhi sistem endokrin.

Konsumsi akar manis secara teratur dikaitkan dengan rendahnya hormon testosteron dalam darah. Dan karena itu sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari.

3. Kedelai

Pada dasarnya kedelai sangat aman dan bahkan sangat baik bagi kesehatan karena merupakan sumber protein nabati yang utama. Tapi karena sifat estrogenik nya, sejumlah besar produk kedelai dapat mengacaukan libido Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak tahu, susu kedelai, kecap, atau produk kedelai lainnya dapat menurunkan kadar testosteron dan bahkan jumlah sperma.

Dalam sebuah penelitian, 120 miligram kedelai per hari akan memberi efek negatif pada kehidupan seksual sehingga konsumsi produk makanan ini perlu dibatasi.

4. Minuman soda 

Selain dapat berakibat buruk bagi tubuh, terlalu sering minum soda juga akan mempengaruhi kehidupan seksual anda.

Segelas soda mengandung pemanis buatan jenis aspartam yang mempengaruhi tingkat serotonin dalam tubuh padahal hormon ini sangat penting untuk kenikmatan seksual.

Baca juga: Fenugreek, tanaman pembangkit gairah seks

5. Quinine (kina)

Kina biasanya digunakan sebagai zat penyedap dalam minuman energi. Zat ini secara alami berasal dari kulit pohon kina dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat malaria.

Sayangnya, terlalu sering memasukkan kina ke dalam tubuh akan mempengaruhi kehidupan seksual. Jadi segala jenis minuman energi yang dijual di pasaran pada dasarnya akan menurunkan gairah seks anda.

6. Gorengan

Makanan gorengan yang berbahaya adalah yang makanan yang digoreng menggunakan minyak bekas. Hasil penelitian membuktikan meningkatnya kadar lemak trans pada jenis makanan tersebut.

Dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans akan menurunkan libido dan menyebabkan produksi sperma menurun atau bentuk sperma menjadi tidak normal. Pada wanita, lemak trans dapat mengganggu kehamilan.

7. Susu dan turunannya

Produk susu seperti es krim dan keju mungkin adalah salah satu dari makanan favorit anda tapi makanan ini ternyata bukanlah makanan sehat dan dapat menurunkan gairah seks.

Hasil penelitian yang dipublikasi oleh Fitness Magazine menyebutkan jika asam laktat dalam susu dapat menurunkan libido.

Produk yang berasal dari susu sapi juga banyak mengandung hormon sintetis dan mencegah terbentuknya hormon alami pada pria dan wanita.

8. Cokelat

Dalam jumlah terbatas cokelat adalah makanan afrodisiak tapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar cokelat dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Zat anandamide dan phenylethylamine dalam cokelat menyebabkan tubuh melepaskan endorfin karena sangat baik bagi kesehatan tapi penelitian lain menyebut cokelat juga dapat menurunkan kadar testosteron.

Methylxanthines dalam cokelat membuat kulit sensitif terhadap sentuhan dan dapat membuat orang lesu dan lemas.

Demikian 8 jenis makanan yang dapat menurunkan gairah seks jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan teratur. Batasi makanan tersebut atau ganti dengan makanan lain yang dapat membangkitkan gairah seksual.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...