Manfaat hormon testosteron pada wanita

Manfaat hormon testosteron pada wanita

Hormon testosteron adalah salah satu dari empat jenis hormon yang sangat penting bagi kaum pria. Testosteron tidak hanya dimiliki kaum pria, meskipun dengan produksi yang lebih sedikit testosteron juga dimiliki kaum wanita.

Sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan adanya hubungan antara testosteron dengan perilaku seksual wanita. Penelitian dilakukan oleh Dr. Susan Davis dari Universitas Monash di Australia.

Susan meneliti 261 wanita dan secara acak memberi mereka semprotan yang mengandung hormon testosteron, percobaan dilakukan setiap hari selama dua bulan.

Hasil penelitian mengejutkan sebab, wanita-wanita tersebut mengaku mengalami peningkatan hasrat dan kepuasan saat berhubungan dengan suami mereka.

Susan menyimpulkan bahwa semprotan testosteron dalam jumlah tertentu dapat mempengaruhi perilaku seksual wanita dan meningkatkannya ke level yang lebih menyenangkan.

Apa Manfaat Hormon Testosteron pada Wanita?

Penelitian lain di publikasikan melalui situs Health Me Up, dan membeberkan apa-apa saja manfaat testosteron pada wanita.

1. Mendongkrak gairah seks
Salah satu manfaat hormon testosteron pada wanita adalah membangkitkan gairah seks. Jika memiliki kadar testosteron yang rendah maka gairah seks juga menjadi rendah, tubuh jadi tidak bersemangat, tidak ada gairah, stres, dan mudah marah.

Para wanita yang menggunakan pil KB biasanya mengalami penurunan gairah sebab pil KB akan mengikat hormon testosteron dan estradiol dalam jumlah banyak.

Saat stres, tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon kortisol sebagai mekanisme penyeimbang, sayangnya hormon ini mempengaruhi produksi testosteron dan estrogen dalam tubuh. Testosteron rendah menyebabkan gairah dan keinginan bercinta jadi hilang.

Kadar testosteron dan estrogen juga akan berkurang drastis pada wanita menopause, inilah yang menjadi penyebab gairah rendah, tidak bersemangat dan membuat vagina menjadi kering pada wanita-wanita paruh baya dan memasuki masa menopause.

2. Memproduksi hormon estrogen
Selain itu, manfaat hormon testosteron yang lain pada wanita adalah membantu produksi hormon estrogen. Hormon estrogen adalah hormon seks primer pada wanita, hormon ini dibuat dari testosteron.

Jika pada pria, testosteron bertanggungjawab pada pembentukan karakteristik seksual pria saat memasuki masa pubertas, maka pada wanita, hormon estrogen lah yang membentuk pematangan organ-organ seks wanita, lubrikasi vagina, dan berperan dalam menguatkan kehamilan sampai menyusui.

3. Membentuk massa otot
Selain bermanfaat membangun fungsi seksual, testosteron pada pria dan wanita juga memiliki fungsi anabolik. Kekurangan testosteron akan membuat otot tidak berkembang, osteoporosis, rambut rontok dan nyeri pada punggung.

Testosteron terlalu tinggi dan terlalu rendah dalam tubuh tentu tidak baik bagi kesehatan. Terlalu tinggi dapat menimbulkan sifat agresifitas, tekanan darah tinggi dan risiko kanker prostat pada pria.

Sementara itu, testosteron rendah juga menimbulkan gejala-gejala yang tidak sehat seperti penurunan fungsi seksual dan kekuatan otot yang melemah.

Sebuah penelitian lain merekomendasikan beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti tiram dan asparagus. Dan pada wanita disarankan untuk banyak mengkonsumsi vitamin A, E dan B5. Vitamin A sangat bermanfaat dalam kesuburan wanita. Kekurangan vitamin A membuat seorang wanita sulit hamil dan mudah mengalami keguguran.

Demikian informasi singkat manfaat hormon testosteron pada wanita, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...