Manfaat pelukan dan ciuman

Manfaat pelukan dan ciuman

Tanpa banyak yang tahu ternyata kegiatan memeluk dan mencium seseorang itu sangat baik efeknya untuk kesehatan. Banyak penelitian telah mengkonfirmasi manfaat pelukan dan ciuman dan menyebutnya sebagai obat yang sangat efektif dalam memberikan dukungan dan semangat bagi orang yang sedang sakit.

Pada bayi pun, sentuhan yang dilakukan oleh orang tua akan membuatnya mampu mengembangkan sifat kasih sayang dalam dirinya. Maka dari itu sentuhan baik berupa pelukan ataupun ciuman perlu dijadikan aktivitas rutin setiap hari.

Mungkin selama ini Anda memeluk atau mencium pasangan Anda tanpa tahu apa manfaat dibaliknya, pelukan dan ciuman ternyata bukan hanya sekedar tindakan fisik saja, Anda yang melakukannya akan mendapatkan manfaat yang luar biasa seperti daya tahan tubuh meningkat.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas secara detail beberapa manfaat ciuman dan pelukan yang mungkin tidak disadari dan bahkan dilupakan banyak orang.

Setelah membaca artikel ini anda diharapkan mulai merangkul, memeluk dan mencium orang-orang terdekat anda dengan cinta kasih. Melakukannya secara rutin akan sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Tahukah anda.. salah satu manfaat pelukan dan ciuman adalah menurunkan kadar kortisol. Ketika anda mencium atau memeluk seseorang, tubuh akan memproduksi bahan kimia yang disebut oksitosin, yang akan menurunkan denyut jantung dan tingkat kortisol dalam tubuh.” 

Manfaat Pelukan dan Ciuman yang Penting Bagi Kesehatan

Memeluk dan ciuman adalah sebuah bentuk komunikasi non verbal antara dua orang yang saling mengasihi. Berikut ini beberapa poin manfaat berpelukan dan berciuman bagi kesehatan:

1. Berpelukan dan berciuman akan mengurangi stress

Ternyata pada saat Anda berpelukan dan berciuman maka secara otomatis tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak hormon endorfin dan juga hormon oksitosin.

Kedua hormon ini akan sangat berpengaruh pada tingkat stress. Anda yang biasanya hidup penuh tekanan karena pekerjaan di kantor perlu mempraktekkan hal ini.

Jika Anda memiliki pasangan, sahabat atau saudara di samping Anda ketika Anda merasa lelah dan stress akibat banyaknya masalah maka peluklah mereka dengan erat.

Sebenarnya tanpa kita sadari pada saat sedih misalnya, orang-orang akan secara otomatis memeluk orang di dekatnya, padahal ia tidak tahu apa manfaatnya bagi kesehatan, namun Anda pun pasti mengakuinya jika memeluk atau mencium pasangan Anda adalah hal yang menenangkan.

Hal tersebut disebabkan tubuh akan merelease hormon endorfin dan oksitosin yang merupakan hormon penenang dan kebahagiaan. Sehingga memeluk dan mencium akan mengurangi stres dan meringankan beban perasaan anda.

2. Menghilangkan sakit kepala

Manfaat pelukan dan ciuman yang lain adalah dapat menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Bagaimana itu bisa terjadi?

Sakit kepala biasanya diakibatkan oleh tegangnya syaraf di kepala karena adanya pikiran atau beban kerja yang tinggi.

Saat sedang sakit kepala dan anda memeluk orang yang anda sayangi maka otomatis syaraf-syaraf yang ada di otak Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Hal tersebut secara lanjut akan membuat sakit kepala yang Anda rasakan mereda dan bahkan menghilang.

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Metode ini belum pernah banyak dibahas, namun ternyata dengan berpelukan dan berciuman dengan pasangan Anda akan dapat membantu Anda mengurangi berat badan yang berlebih.

Kadar hormon kortisol yang tinggi dalam tubuh bertanggung jawab meningkatkan berat badan, stres, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Dengan memeluk dan mencium pasangan tubuh akan memproduksi hormon lain yang disebut oksitosin yang dapat menurunkan kortisol. Sehingga tindakan penuh cinta kasih ini disebut-sebut membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Tentunya diet alami ini tidak bisa Anda andalkan selalu untuk mengurangi berat badan, Anda tetap harus menjaga pola makan yang sehat dibarengi dengan kegiatan ini maka perlahan berat badan Anda akan berkurang.

4. Berpelukan dapat menjaga kesehatan jantung

Pada saat Anda berpelukan dan berciuman dengan seseorang yang disayang, maka detak jantung Anda akan secara otomatis melambat sehingga mengakibatkan Anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

Hal ini juga dapat mengakibatkan turunnya tekanan darah sehingga detak jantung akan lebih stabil pada saat Anda berpelukan dan berciuman dengan orang terkasih.

Selain keempat poin di atas, beberapa ahli juga menyebut manfaat lain dari pelukan dan ciuman terutama untuk wanita adalah dapat membantu menghilangkan nyeri saat haid.

Jadi ternyata ada begitu banyak manfaat pelukan dan ciuman bagi kesehatan dan kesemuanya itu bisa didapatkan secara gratis, jadi mulai sekarang sering-seringlah memeluk dan mencium pasangan anda.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...