Trimester kedua

Trimester kedua

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa proses kehamilan pada manusia dibagi menjadi 3 periode triwulan. Triwulan pertama adalah usia janin 1-3 bulan, triwulan kedua pada bulan 4-6, dan triwulan ketiga adalah usia calon bayi 7-9 bulan.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tanda-tanda awal kehamilan, cara memastikan terjadinya kehamilan dan perkembangan janin pada trimester pertama. Maka artikel kali ini akan menjelaskan perkembangan janin pada trimester kedua, yaitu usia kehamilan 14 sampai 27 minggu.

Proses apa saja yang terjadi dalam kandungan seorang wanita pada trimester kedua? Sejak usia kandungan berapa bulan seorang janin memiliki nyawa? Apakah mual-mual di pagi hari masih terjadi pada kehamilan trimester kedua? Berikut ini artikel selengkapnya.

Perkembangan Janin Pada Bulan Keempat

Meski Anda mengalami mual-mual di pagi hari dan berhenti datang bulan, namun hal itu bukan menjadi pertanda pasti sebuah proses kehamilan. Untuk mengecek apakah Anda sudah benar-benar hamil, sebaiknya diperiksa melalui uji hormon kehamilan.

Nah, pada bulan keempat inilah tes hormon kehamilan bisa menunjukkan akurasinya. Perasaan mual dan ingin muntah masih terjadi pada bulan keempat kehamilan sebagai tanda bahwa Anda sedang berbadan dua.

Ketepatan tes kehamilan pada bulan keempat hasilnya lebih baik daripada tiga bulan masa awal kehamilan karena pada masa ini blastokista menghasilkan hormon kehamilan yang disebut Human Chorionic Gonadotrophin (HCG).

HCG dapat terdeteksi dalam urine dan darah. Namun untuk akurasi pemeriksaan kehamilan lebih baik melalui tes darah karena hasil tes urine menggunakan testpack biasanya seringkali meleset atau tidak tepat.

Menginjak bulan keempat masa kehamilan atau memasuki trimester kedua, blastokista mengalami perkembangan menjadi sebuah embrio. Embrio dalam kandungan seorang wanita memiliki jaringan yang akan membentuk organ tubuh, tubuh, kaki dan tangan calon bayi. Secara umum, jaringan embrio dibagi menjadi 3 lapisan, yaitu:

a. Endoderm.
Endoderm adalah lapisan paling dalam embrio manusia yang akan berkembang membentuk organ hati, paru-paru, pankreas dan sistem pencernaan ketika menjadi bayi hingga tumbuh dewasa.

b. Mesoderm.
Mesoderm adalah lapisan tengah embrio manusia yang akan berkembang membentuk otot, tulang, jantung, ginjal dan pembuluh darah untuk tumbuh kembang manusia sampai masa dewasa.

c. Ektoderm.
Ektoderm adalah lapisan paling luar embrio manusia yang akan berkembang membentuk rambut, email gigi, kulit, sistem syaraf dan lensa mata sebagai manusia normal hingga tumbuh dewasa.

Keajaiban Tuhan terjadi dalam proses ini karena setiap jaringan memiliki pertumbuhan yang menakjubkan sesuai fungsinya masing-masing. Bahkan ilmu pengetahuan pun belum mampu menyingkap rahasia mengapa setiap lapisan jaringan memiliki arah pertumbungan yang berbeda.

Maka tak mengherankan bila leluhur kita mengajarkan agar wanita lebih banyak bersedekah pada masa kehamilan sebagai ungkapan syukur sekaligus harapan agar janin berkembang secara normal.

Perkembangan Janin Pada Bulan Kelima

Pada bulan kehamilan ini seorang wanita hamil mengalami perubahan bentuk payudara menjadi lebih besar, selera makan yang berubah dan mual-mual di pagi hari. Secara fisik, tubuh wanita hamil pada bulan kelima mulai terlihat membesar akibat penambahan berat badan.

Payudara juga ikut membesar sebagai persiapan menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi. Para wanita hamil mulai merasakan pinggalnya melebar sehingga membutuhkan pakaian khusus ibu hamil.

Pada usia kehamilan lima bulan, janin sudah terbentuk dengan jelas dengan bagian-bagian depan, belakang, atas, bawah, kiri dan kanan. Tabung syaraf juga telah terbentuk pada daerah punggung dan menyerupai bentuk melengkung.

Tabung syaraf inilah yang akan berkembang membentuk bagian otak dan sumsum tulang belakang manusia. Oleh karena itu, usia kehamilan lima bulan masih rawan terjadi keguguran karena perkembangan janin dalam rahim belum sempurna.

Selain sumsum tulang belakang, organ tubuh lain yang mulai terbentuk adalah jantung. Bakal jantung berbentuk menyerupai tonjolan dan memiliki aliran pembuluh darah yang belum mampu bekerja secara sempurna.

Selain jantung, otak depan pun telah terbentuk pada kehamilan usia lima bulan sebagai perkembangan dari ujung tabung syaraf. Makanan yang bergizi seimbang dan dalam jumlah cukup bisa membantu perkembangan otak calon bayi sehingga bayi bisa terlahir dengan kondisi normal dan selamat.

Perkembangan Janin Pada Bulan Keenam (Trimester Kedua)

Saat usia kehamilan seorang wanita menginjak bulan keenam maka perasaan wanita tersebut sangat sensitif. Maka tidak mengherankan wanita hamil enam bulan mudah tersinggung dalam pembicaraan sehari-hari.

Keluhan lain yang dialami wanita pada kehamilan enam bulan adalah mual-mual, mudah lelah dan pusing. Beberapa keluhan tersebut terjadi akibat peningkatan produksi hormon progesteron dalam tubuh wanita hamil.

Cara mengatasi masalah psikologis wanita hamil pada tahap ini adalah dengan banyak istirahat sehingga fisiknya tidak mudah lelah.

Hal paling penting dalam perkembangan janin pada bulan keenam kehamilan seorang wanita adalah mulai berfungsinya jantung janin. Detak jantung berlangsung untuk pertama kali dalam hidup janin.

Masyarakat umum lebih mengenal hal ini dengan mengatakan bahwa janin telah memiliki nyawa. Keajaiban makhluk ciptaan Tuhan benar-benar luar biasa. Janin berusia enam bulan mampu menampakkan tanda-tanda kehidupan berupa detak jantung. Jantung tersebut akan berhenti hanya bila manusia telah mengalami kematian.

Disamping jantung mulai berfungsi, perkembangan janin pada trimester kedua ditandai dengan pembentukan bakal tangan, kaki dan mata. Kondisi janin makin membesar dan memiliki tulang ekor yang terbentuk secara jelas.

Untuk mengetahui kondisi perkembangan janin, ibu hamil bisa memeriksa dengan tes ultrasonografi (USG) supaya bisa memantau tumbuh kembang janin secara akurat. Disarankan agar ibu hamil melakukan tes USG minimal tiga kali dalam satu kehamilan agar bisa mendeteksi kemungkinan cacat bayi sejak awal.

Perkembangan janin bayi pada usia trimester kedua merupakan tahap yang tidak kalah penting selain trimester pertama. Wanita hamil tetap harus mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah seimbang agar ibu dan calon bayi berada dalam kondisi sehat.

Setiap wanita hamil hendaknya menyadari bahwa mereka makan bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk janin yang berada dalam kandungannya. Demikian artikel kesehatan wanita hamil pada perkembangan janin di trimester kedua. Semoga bermanfaat untuk Anda para wanita Indonesia yang sedang mengandung. -www.sehatki.com

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...