Mudah marah dan tersinggung menjelang haid adalah salah satu gejala Pra Menstruasi Wanita (PMS). Beberapa peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat baru-baru ini merilis hasil penelitian mereka yang menjawab pertanyaan mengapa wanita mudah marah menjelang menstruasi.

Penyebab suasana hati wanita tidak stabil menjelang mentsruasi ternyata bukan hormon, melainkan karena terjadinya respon sel otak yang disebut reseptor GABA.

Mengapa Wanita Mudah Marah Menjelang Menstruasi

Mengapa Wanita Mudah Marah Menjelang Menstruasi

Penelitian di lakukan dengan memindai otak wanita yang menderita Premenstrual Dysphoric Disorder disingkat PMDD. PMDD adalah jenis gangguan disforik pramenstruasi. Gejala PMDD lebih parah daripada yang di alami oleh wanita dengan Premenstrual Syndrome (PMS).

Hasil pemindaian pada beberapa otak wanita dengan PMDD menunjukkan telah terjadi peningkatan aktivitas di otak kecil. Lonjakan yang tinggi menunjukkan kondisi emosi yang semakin buruk.

Fungsi sel GABA pada otak adalah untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang terkait dengan stres dan kecemasan. Pada wanita yang menderita PMDD, hormon progesteron akan mengubah bentuk reseptor GABA pada otak kecil. Perubahan bentuk tersebut yang terjadi saat menjelang menstruasi membuat sel GABA akan sulit mengontrol perasaan cemas dan stres.

Suzanne Abraham, salah seorang ginekolog di Royal North Shore Hospital, Sydney, Australia, mengatakan, meski pemindaian hanya dilakukan kepada wanita dengan PMDD, studi ini cukup mewakili kondisi wanita secara umum.

Menstruasi adalah sebuah siklus normal pada wanita yang terjadi setiap bulan. Saat menstruasi wanita akan mengeluarkan darah dari vagina dengan kuantitas yang berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Pada saat menjelang menstruasi wanita akan mengalami beberapa gejala yang disebut Premenstrual Syndrome (PMS).

Marah muncul akibat sindrom pra menstruasi

Marah muncul akibat sindrom pra menstruasi

Tips Menahan Marah Saat Menstruasi

Saat sedang memasuki periode menstruasi wanita memang kadang membuat bingung orang-orang disekitarnya. Tanpa alasan jelas langsung marah atau cemberut. Tidak perlu menyalahkan tamu bulanan itu, bagi anda para wanita hanya perlu sedikit membiasakan diri mengatur emosi saat masa-masa itu tiba.

Berikut ini beberapa tips menahan marah menjelang menstruasi haid):

1. Rileksasi

Lakukan aktifitas yang bisa membuat tubuh anda santai dan tidak tegang. Hindari aktifitas yang bisa memicu emosi meningkat dan sebagai gantinya lakukan olahraga seperti yoga atau teknik meditasi. Latihan pernafasan yang teratur akan membuat anda lebih rileks dalam merespon pemicu emosi yang datang dari luar.

2. Makanan

Perhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Hindari alkohol dan rokok dan makanan-makanan yang mengandung kafein yang dapat memicu reaksi hormon di otak. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur berwarna hijau untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Istirahat

Perhatikan jam kerja. Tubuh yang terus dipaksa melakukan pekerjaan melebihi kapasitasnya cenderung stres dan tidak stabil. Beristirahatlah yang cukup agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

4. Curhat

Jika emosi sudah tak tertahankan, ada baiknya anda mulai mencari teman ngobrol untuk sekedar melupakan apa yang membuat anda marah. Ngobrol banyak hal dengan sahabat atau keluarga akan mengurangi tekanan dan depresi yang timbul saat menstruasi.

5. Hitung waktu menstruasi anda

Ini penting karena menyangkut pekerjaan dan aktifitas keseharian anda. Dengan mengetahui kapan menstruasi berikutnya akan datang, anda bisa mengatur jadwal meeting atau pertemuan lainnya dengan rekan agar tidak terjadi di saat-saat anda sedang tidak stabil.

6. Tidur yang cukup

Beberapa dokter menyebutkan tidur yang cukup di malam hari yaitu 7-8 jam akan meringankan perubahan emosi yang muncul menjelang menstruasi. Tidur yang cukup membuat otak menjadi lebih rileks dan tidak mudah dipicu untuk marah.

Beberapa wanita memang mudah marah menjelang menstruasi (haid), kondisi ini biasanya disebut pra menstrual syndrom atau PMS. Tidak ada yang bisa disalahkan jika situasi ini sedang dialami kecuali melakukan usaha-usaha untuk meminimalkan dampaknya.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...