Sebagian besar wanita yang masih subur akan mengalami gejala fisik tertentu seperti kram perut, sakit pinggul, tidak mood, dan kembung atau muntah menjelang haid, gejala-gejala tersebut disebut PMS atau Pre Menstrual syndrome yang selalu dialami para wanita sebelum atau selama periode menstruasi.

Tips mengatasi gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS)

Perut kembung salah satu gejala PMS, owningpink.com

Pada sebagian wanita lain, gejala Premenstrual syndrome (PMS) juga ditandai dengan perubahan emosional secara mendadak seperti sensitifitas yang meningkat, mudah marah, sedih mendadak, menjadi tajam kepada wanita lain, dan beberapa gangguan lain yang sifatnya psikis.

Siklus menstruasi wanita terjadi setiap bulan dan merupakan satu rangkaian proses biologis normal dalam sistem reproduksi wanita. Proses tersebut pada umumnya disertai dengan perubahan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi kondisi emosi wanita, itulah sebabnya wanita-wanita menjelang menstruasi mudah marah dan sering tidak stabil.

Anda dapat melakukan beberapa untuk mengatasi terjadinya gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS) dengan melakukan tips berikut ini.

Mengatasi Payudara Nyeri

Kebanyakan wanita yang sedang atau akan menerima tamu bulanan akan merasakan rasa nyeri pada payudara mereka. Terkadang malah payudara bisa menjadi lebih keras dan terasa nyeri sehingga seperti terjadi pembengkakan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dnegan mengkosnumsi zat-zat makanan yang mengandung omega 3, seperti jenis ikan-ikanan, atau kacang-kacangan. Jenis makanan ini akan dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah nyeri yang Anda derita tersebut.

Mengatasi Sebah (Perut Terasa Kembung)

Perut kembang adalah gejala kedua dalam penyakit PMS, untuk mengatasi masalah perut kembung ini, Anda dapat mengkonsumsi air putih, dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Sebaiknya hindari segala macam snack yang banyak mengandung garam dan penyedap, selain itu mengkonsumsi buah-buahan segar juga dapat membantu mengatasi perut kembung saat menstruasi.

Kram Perut

Kram perut adalah gangguan yang paling menjengkelkan bagi seseorang yang mengidap PMS, oleh karena itu konsumsilah banyak makanan yang mengandung magnesium seperti kacang-kacangan,biji-bijian, sayuran hijau seperti bayam, dan beberapa jenis makanan lainnya yang dapat mencegah terjadinya kontraksi otot.

Untuk mengatasinya, Anda juga bisa mengompres perut Anda yang sedang kram dengan air hangat. Kemudian berusaha mengatur agar diri Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Terapi vitamin E untuk mengatasi kram perut juga bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi vitamin E menjelang tidur pada setiap malam menjelang datangnya menstruasi.

Vitamin E diyakini dapat memberikan rasa tenang dan mengurangi adanya peradangan yang terjadi pada kontraksi otot di perut. Selain itu untuk memperbaiki kondisi dan mood penderita penyakit PMS, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat seperti kentang, ubi-ubian dan lain-lain. Jenis karbohidrat dapat mengurangi stress, dan memberikan rasa yang nyaman di perut.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...