Penyebab Wanita Frigid dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wanita Frigid dan Cara Mengatasinya

Frigid adalah salah satu gangguan seksual yang kerap dialami oleh kaum wanita yang ditandai dengan gairah seksual atau libido yang sangat rendah sehingga tidak bisa menikmati hubungan seks dengan pasangan. Pada pria gangguan ini biasa disebut dengan istilah lemah syahwat.

Frigid ataupun lemah syahwat termasuk masalah seksual yang sulit disembuhkan karena keinginan sembuh yang rendah dari penderitanya. Biasanya mereka baru berusaha mencari obatnya setelah didesak pasangan.

Wanita frigid tidak akan bisa menikmati hubungan intim bersama suami dan dalam banyak kasus, wanita tersebut akan merasa tersiksa baik itu secara fisik dengan munculnya rasa perih di area vagina maupun secara psikis berupa tekanan mental atau perasaan tidak nyaman setiap akan melayani suami.

Frigid pada wanita bisa disebabkan oleh faktor psikis dan fisik. Wanita yang mengalami frigid bisa dikatakan tidak akan mendapatkan kepuasan saat berhubungan intim dengan pasangannya. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebabnya agar bisa dilakukan proses penyembuhan.

Baca juga:

3 Tipe Wanita Frigid

Meskipun tidak bisa menikmati hubungan seks yang berlangsung, wanita frigid tetap bisa hamil dan mendapatkan anak. Hanya saja karena gairah seks tidak ada maka aliran darah tidak akan mengalir sepenuhnya ke organ intim sehingga vaginanya tetap kering karena tidak mengeluarkan cairan pelumas. Ini yang menyebabkan rasa perih di area intim saat hubungan seks berlangsung.

Selain itu, tidak ada reaksi pada labia (bibir) vagina. Tentu saja frigid merupakan masalah dalam kehidupan suami istri. Gangguan ini bisa menyebabkan wanita merasa nyeri saat berhubungan intim. Di samping itu, Frigid bisa pula menyebabkan terjadinya disfungsi orgasme pada wanita, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kehidupan seksual dan kebahagiaan pasangan.

Berdasarkan ada tidaknya hasrat seksual yang dirasakan, wanita frigid bisa dibedakan atas tiga jenis tipe, yaitu:

  1. Hasrat seks ada, bisa terangsang tapi sulit orgasme
  2. Hasrat seks ada, sulit terangsang, dan sulit orgasme
  3. Hasrat seks tidak ada, sehingga sulit terangsang dan sulit orgasme

Hasrat atau gairah seksual dimulai dari otak sehingga apa-apa yang memblokir stimulasi/rangsangan ke otak akan menyebabkan gairah seks rendah atau hilang sama sekali. Berdasarkan penelitian 90% kasus wanita frigid disebabkan oleh faktor kejiwaan sehingga untuk menyembuhkan dibutuhkan dorongan yang kuat dari pasangan dan tentu dari diri sendiri.

Penyebab Wanita Mengalami Frigid 

Menurut dr. Ida Farida, SpOG dari RS Mitra Menteng Afia (RS MMA) Jakarta, penyebab psikis adalah penyebab yang paling sering menyebabkan wanita menjadi frigid. Dari sudut pandang medis, frigid memang bukanlah penyakit yang berakibat fatal dan tidak menular, namun dalam rumah tangga, hubungan intim sangatlah penting artinya untuk menjaga kerhamonisan.

Tidak sedikit pernikahan yang berakhir dengan sebuah perceraian, karena hubungan kurang harmonis sehingga terjadi perselingkuhan yang merusak biduk rumah tangga. Selain faktor kejiwaan atau psikis, beberapa penyebab fisik seperti penyakit juga berkontribusi menyebabkan wanita mengalami frigid.

Berikut ini beberapa penyebab wanita frigid:

  • Faktor fisik yang bisa memicu terjadinya frigid pada wanita adalah adanya penyakit tertentu seperti lemah jantung dan diabetes.
  • Adanya kecemasan mendalam pada wanita bahwa sang suami tidak bisa menerima apa adanya. Misalnya, takut terhadap kritikan suami atas hubungan intim atau bentuk tubuhnya.
  • Sang wanita tidak menyukai pasangannya dan melakukan hubungan dengan terpaksa.
  • Adanya konflik batin, misalnya wanita tersebut sebenarnya mencintai laki-laki lain.
  • Kesulitan finansial yang memicu stress di pihak wanita, sehingga keinginan untuk melakukan hubungan seksual pun berkurang.
  • Kelelahan fisik yang mendera dan mengakibatkan keinginan berhubungan intim berkurang.
  • Adanya traumatik masa lalu, seperti pelecehan seksual atau perkosaan menyebabkan timbulnya frigid pada wanita.
  • Keegoisan suami yang hanya mementingkan kepuasan pada diri sendiri tanpa memperhatikan istri.

Pada banyak kasus wanita frigid, penyebabnya timbul karena masalah mental atau kejiwaan. Pemicunya bisa terjadi karena hubungan interpersonal dengan suami yang kurang baik atau pengalaman masa lalu yang menghantui. Pada umumnya pikiran negatif terhadap seks sangat berdampak terhadap performa di atas ranjang.

Baca juga:

Bagaimana Menyembuhkan Wanita Frigid 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai usaha penyembuhan frigiditas. Namun, yang utama adalah keinginan dan kesadaran dari wanita itu sendiri untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Dukungan dari pasangan juga akan mempercepat proses penyembuhan frigid pada wanita.

Komunikasi yang terbuka akan menjadikan istri yang awalnya pemalu menjadi mau berbicara keluh kesah yang berkaitan dengan hubungan intim. Ada beberapa langkah lain yang bisa dijadikan alternatif, yaitu:

  1. Hindari stress dan kelelahan yang berlebihan. Lakukan penyegaran berupa olahraga dan tamasya bersama keluarga. Imbangi dengan istirahat yang cukup.
  2. Konsultasikan mengenai masalah frigid ini pada pasangan, bila perlu kepada dokter ahli jika penyebabnya karena masalah fisik.
  3. Sadari bahwa frigid adalah gangguan yang dapat disembuhkan.
  4. Berikan stimulus seksual dan rangsangan yang menyentuh sebelum lakukan penetrasi.

Selain melakukan terapi alternatif di atas, para wanita frigid bisa juga menggunakan obat herbal untuk meningkatkan gairah seksnya seperti rajin minum ginseng dan kava. Kedua herbal tersebut telah memiliki ekstrak yang bisa dibeli dan dikonsumsi secara teratur.

Atau jika ingin membuat sendiri ramuannya anda bisa membuat obat tradisional untuk menyembuhkan wanita yang frigid. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapatkan seperti kumis kucing dan daun pegagan.

Dengan mengetahui penyebab frigid pada wanita, anda bisa mengambil langkah untuk mencegah dan mengatasinya. Jangan biarkan kebahagiaan rumah tangga anda terganggu karena masalah yang sebenarnya dapat dicegah dan diatasi. Selain itu, komunikasi secara terbuka antara pasangan dapat meminimalisir efek negatif terhadap hubungan suami istri.

loading...