Mendengar kata-kata kanker prostat, pasti semua orang menegakkan kuping. Apalagi jika Anda adalah laki-laki. Kanker prostat memang rentan menyerang organ reproduksi pria, tak tanggung-tanggung, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Apa Itu Kanker Prostat?

Prostat adalah sebuah kelenjar yang terletak di dalam organ reproduksi pria. Kanker prostat menyerang kelenjar prostat, dan kebanyakan memang memiliki jenis pertumbuhan yang lambat. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kanker prostat juga ternyata memiliki sifat agresif yang menyebabkan sesuatu yang fatal bagi penderita. Misalnya, hal tersebut dapat memperpendek harapan hidup penderita.

Kanker prostat menyerang pria usia lanjut

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui seluk beluk kanker prostat lebih jauh. Disamping karena kanker prostat dapat menyerang segala usia, pencegahan agar tidak terkena dan dapat menghindarinya sangat dianjurkan.

Penyebab

Hingga kini belum ditemukan secara pasti apa penyebab utama timbulnya kanker prostat pada penderita. Namun, beberapa hal yang dinilai mempengaruhi pertumbuhan sel kanker prostat adalah sebagai berikut.

Faktor Usia
Kebanyakan penderita kanker prostat adalah laki-laki di usia lanjut. Jarang ditemukan penderita kanker prostat yang berusia dibawah 40 tahun, namun penderita di rentang usia 40 hingga 65 tahun adalah terbanyak.

Faktor Genetik
Faktor keturunan juga menyumbang sebagai sebab berikutnya, jika pada anggota keluarga Anda ditemukan penderita kanker prostat dibawah usia 60 tahun, atau salah satu saudara perempuan Anda mengidap kanker payudara maka waspadalah karena resiko Anda untuk terkena kanker prostat juga besar.

Selain faktor-faktor diatas, faktor paparan radiasi dan bahan kimia, serta pengaruh hormonal dan racun juga menyumbang penyebab berikutnya.

Gejala-Gejala Kanker Prostat

Gejala pertumbuhan sel kanker prostat seringkali berjalan sangat lambat, dan terkadang memakan waktu bertahun-tahun lamanya, sehingga sangat jarang penderita yang mengetahui bahwa dirinya sedang terjangkiti sel kanker. Di antara gejala umum kanker prostat adalah dibawah ini.

Secara umum, karena kenlenjar prostat membesar maka terjadi desakan pada uretra sehingga kemampuan untuk membuang air seni menjadi berkurang dan seringkali menimbulkan iritasi.

  1. Buang air kecil menjadi tidak terhambat dan tidak lancar.
  2. Tertunda, seringkali Anda harus menunggu beberapa saat untuk mengeluarkan air seni di toilet.
  3. Sisa air seni, seringkali tetesan air seni masih menetes walaupun Anda sudah memakai celana.
  4. Frekuensi untuk membuang air seni menjadi tinggi.
  5. Sering merasa selalu “kebelet” untuk ke belakang.
  6. Pada gejala kanker prostat stadium lanjut seringkali terjadi perdarahan dan air seni berdarah.

Pengobatan

Dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi, terapi hormon, dan mungkin juga kombinasi diantara kedua pengobatan tersebut. Pengobatan herbal juga bisa dilakukan selama ada bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa obat herbal tersebut bisa diandalkan, namun bantuan dokter tidak boleh Anda sepelekan.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...