Cara membangkitkan hasrat seks yang rendah.

Cara membangkitkan gairah dan hasrat seks yang rendah. Foto: Askmen

Pada saat usia muda, gairah atau hasrat seks anda sangat tinggi, ereksi penis selalu terjadi seketika, spontan dan sekeras kayu. Tapi kini, penis anda lebih sering seperti sosis yang kekurangan isi, lemas dan terkulai di balik celana anda.

Anda bingung, bagaimana ini bisa terjadi? Anda jadi pesimis dan frekuensi bercinta anda menjadi rendah, hasrat seks anda sangat menurun, anda bingung dan berusaha mengobati hasrat seks anda yang menurun tiba-tiba itu.

Jika anda memilih untuk berobat ke seorang dokter spesialis, maka kemungkinan anda akan diberitahu bahwa apa yang anda alami adalah perubahan-perubahan yang normal. Ukuran, spontanitas, dan kekerasan antara dua ereksi akan berubah sejalan dengan bertambahnya usia anda.

“Saat seorang remaja 18 tahun bercinta, maka dia akan siap melakukannya lagi hanya dalam beberapa menit kemudian. Pada saat usia anda mencapai 30 tahun, anda butuh waktu sekitar 20 menit untuk mengulanginya lagi, dan ketika usia anda mencapai 45 tahun anda setidaknya harus menunggu sampai satu jam sebelum penis anda bisa ereksi lagi”, demikian ucap dokter Saul Rosenthal, M.D., pengarang buku Sex over Forty.

Bagaimana Mengobati Hasrat Seksual Yang Menurun

Anda mungkin masih ingat ketika anda melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya dengan istri anda. Anda akan berusaha mengulanginya setiap ada kesempatan. Satu kali selalu tidak cukup, bahkan terkadang anda melakukan seks di pagi buta saat baru bangun tidur. Berbagai posisi bercinta anda coba dan anda terus melakukannya seolah anda tidak pernah terpuaskan.

Tapi itu dulu, secara perlahan tubuh anda mengalami perubahan, hasrat seksual anda pun tidak sekuat dulu lagi. Sekarang anda melakukannya sekali seminggu dan terkadang dua atau tiga minggu sekali. “Hasrat seks pria akan menurun setelah dia mencapai usia 45 tahun”, ujar Helen S. Kaplan, direktur Human Sexuality di Rumah Sakit New York.

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hasrat seks pria menurun saat usia 45 tahun ke atas, yaitu:

  • Faktor usia
  • Stres atau depresi
  • Ketagihan alkohol
  • Menderita penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan liver
  • Kurang istirahat atau kurang berolahraga
  • Gizi kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari
  • Testosteron rendah

Meskipun faktor-faktor di atas dapat mempercepat proses menurunnya gairah dan hasrat seks, akan tetapi faktor tersebut jarang dialami oleh pria yang berusia kurang dari 55 tahun. Dan umumnya masalah akan bertambah parah ketika istri lebih bergairah dari suami. “Anda akan merasa lemah dan tua apabila hasrat seksual istri anda lebih membara dibanding gairah anda”, ucap dokter Michael Seller dari Institut Phoenix di Chicago.

Baca juga:

Kekurangan hormon testosteron

Hormon testosteron disebut juga hormon seks pria karena bertanggung jawab langsung dengan hasrat seksual. Hormon ini mengalami puncaknya ketika usia masih muda dan ditunjukkan dengan munculnya ciri-ciri sekunder seperti tumbuhnya rambut kemaluan dan badan yang berotot. Seiring dengan bertambahnya usia, produksi hormon terstosteron akan semakin menurun, dan karena itu hasrat seksual juga menjadi rendah.

Jika usia masih muda dan hasrat seks tiba-tiba menurun, bisa jadi itu adalah pertanda tubuh kekurangan testosteron. Untuk mengatasinya dokter biasanya menyarankan terapi penggantian testosteron dan beberapa obat.  Selain itu anda juga perlu berolahraga yang cukup, dan diet teratur. Beberapa makanan tertentu disebut memiliki kandungan Zinc yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Baca:

Hindari obat kuat dan segala macam pil pembangkit hasrat seks

Jangan terburu-buru memvonis diri sendiri dan mengkonsumsi berbagai merk obat kuat yang banyak dijual di internet. Bisa jadi masalah anda sepele seperti kurang tidur atau sedang stres memikirkan pekerjaan di kantor. Obat kuat yang disebut dapat membangkitkan hasrat seksual pada dasarnya hanya akan menciptakan ketergantungan dan akan memperparah kondisi anda.

Ingat, anda hanya boleh meminum obat kuat jika dokter yang meresepkannya untuk anda. Ada banyak sekali kasus dimana seorang pria terserang penyakit jantung setelah mengkonsumsi obat sesaat sebelum berhubungan seks. Alih-alih mendapatkan gairah yang tinggi, dalam jangka panjang anda akan mendapatkan salah satu masalah yang berhubungan dengan aliran darah dalam tubuh.

Bagaimana cara mengobati hasrat seks yang menurun

Sebelum menghubungi dokter untuk konsultasi dan jika perlu mendapatkan pengobatan, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini bersama istri. Dalam banyak kasus hasrat seks bisa kembali normal tanpa perlu perawatan intensif dari dokter.

  1. Bicarakan secara baik-baik. 
    Bagaimanapun istri anda adalah orang terdekat dan pasangan seksual anda, dia adalah orang pertama yang harus anda ajak bicara. Jika istri anda ingin berhubungan seks tiga kali seminggu sementara anda hanya ingin tiga kali dalam sebulan, maka ajaklah istri anda bicara baik-baik untuk mencapai kompromi.  Istri juga perlu memahami psikologis suami sebagai pria. Jangan mengatakan “kamu sudah tua” atau “kenapa jadi loyo”. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu tidak akan membantu dan bahkan dapat membuat harga diri suami jadi hancur, jika sudah demikian gairah seksual akan semakin sulit meningkat.
  2. Berkhayal.  
    Cobalah melatih ulang respon seksual anda. Luangkan waktu anda berkhayal seks beberapa menit setiap hari. Anda bisa membayangkan istri anda atau membayangkan seorang artis atau bahkan mantan pacar yang sudah lama tidak bertemu. Catat yang mana yang membuat anda paling terangsang, dan ketika anda berada bersama istri, ingat kembali khayalan anda tadi dan perhatikan apakah gairah seks anda bangkit.

Hasrat seks muncul karena adanya kerjasama banyak faktor dalam tubuh, mulai dari sistem syaraf, hormon dan kondisi kesehatan internal. Salah satu dari sistem tersebut terganggu akan membuat keinginan untuk bercinta padam. Satu kali atau dua kali hasrat seksual rendah mungkin masih normal tetapi jika gairah seks terus menerus rendah berarti ada yang salah dalam tubuh dan ini adalah pertanda sudah saatnya anda harus ke dokter untuk memeriksakan kesehatan anda. Demikian sekilas informasi bagaimana cara mengobati hasrat seksual yang menurun, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...