Penyebab menstruasi tidak lancar dan cara mengatasinya

Penyebab menstruasi tidak lancar dan cara mengatasinya

Menstruasi tidak lancar atau tidak teratur adalah masalah yang umum dialami oleh kaum wanita terutama di usia produktif.

Kebanyakan wanita akan mengalami 11 sampai 13 siklus periode menstruasi yang normal setiap tahunnya. Tapi angka ini tidak mutlak sama pada setiap wanita. Ada yang lebih dan ada yang kurang.

Untuk mengetahui apakah periode menstruasi anda tidak teratur, terlebih dulu anda perlu mengetahui periode normal haid anda.

Wanita disebut memiliki periode menstruasi tidak teratur (tidak lancar) hanya jika tidak mengikuti pola normal siklus yang dijalani selama ini.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa faktor penyebab menstruasi tidak lancar dan bagaimana melancarkan haid.

Pengertian Menstruasi Tidak Lancar

Sebut saja Bunga, mengalami haid setiap 22 hari, ini berarti Bunga memiliki panjang periode menstruasi 22 hari. Sementara itu Mawar haid setiap 35 hari, artinya panjang periode menstruasinya adalah 35 hari.

Meski panjang periode haid mereka tidak sama, haid Bunga dan Mawar tergolong normal. Terserah panjang daur menstruasi boleh berapa saja, asalkan berkisar antara 22 hari sampai 35 hari masih tergolong normal.

Kebanyakan wanita memiliki periode menstruasi 28 hari yang artinya mereka kedatangan tamu bulanan itu setiap 28 hari.

Buat Bunga yang periodenya 22 hari, haidnya baru disebut tidak normal kalau datangnya menjadi tidak tentu setiap 22 hari. Misalnya datangnya telat sampai 30 hari atau 27 hari atau bahkan sampai 35 hari baru haid datang lagi. Ini yang disebut haid tidak teratur atau tidak lancar.

Jadi yang menentukan teratur tidaknya haid bukan tanggal datangnya haid melainkan apakah hari kedatangan haid tetap sama sesuai dengan panjang daurnya dari waktu ke waktu.

Haid seorang wanita baru disebut tidak teratur jika panjang daur menstruasinya selalu berubah-ubah dari biasanya. Terkadang datangnya lebih panjang dari periode normalnya dan di waktu lain lebih pendek.

Pada kasus menstruasi seorang wanita kadang maju mundur seperti itulah yang disebut haid tidak teratur atau tidak lancar.

Meski demikian terkadang perhitungan kedatangan haid meleset satu atau dua hari. Hal ini masih lumrah dan biasa terjadi.

Tetapi haid meski dicurigai jika telah telat seminggu atau sebulan, lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Apalagi jika menstruasi mulai jarang terjadi, kadang datang kadang tidak.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Periode menstruasi sering tidak teratur selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai. Hal ini disebabkan karena hormon yang mengontrol siklus menstruasi belum mencapai keseimbangan.

Periode menstruasi juga kadang menjadi tidak lancar saat seorang wanita memasuki masa perimenopause dan menopause. Fase menopause umumnya terjadi setelah 12 bulan sejak periode menstruasi terakhir.

Hamil adalah penyebab paling umum seorang wanita tidak haid. Untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak, anda bisa menggunakan alat tes kehamilan (testpack) atau berkunjung langsung ke dokter untuk USG.

Tetapi haid tidak lancar tidak selalu berarti hamil. Tidak hamil tapi haid tidak kunjung datang adalah salah satu masalah yang paling sering ditanyakan kaum wanita.

Jika Anda tidak hamil, penyebab lain dari anda tidak mengalami menstruasi adalah:

  • Tubuh terlalu berat atau terlalu kurus. Meskipun berat badan yang terlalu kurus adalah penyebab umum menstruasi tidak lancar, obesitas juga dapat menyebabkan masalah menstruasi.
  • Gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia.
  • Olahraga yang terlalu keras
  • Stres
  • Sedang sakit seperti diabetes
  • Sedang dalam perjalanan
  • Menonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat pengendali kelahiran yang dapat menyebabkan periode menstruasi tidak teratur.
  • Masalah hormon. Hal ini dapat menyebabkan perubahan dalam kadar hormon yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung menstruasi.
  • Penggunaan narkoba secara ilegal.
  • Masalah dengan organ panggul seperti selaput dara imperforata, sindrom ovarium polikistik, atau sindrom Asherman.
  • Menyusui. Banyak wanita tidak mengalami periode menstruasi reguler mereka sampai setelah masa  menyusui berlalu.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Jika datangnya haid selalu tidak teratur secara terus menerus dalam waktu yang lama, hendaknya yang bersangkutan melakukan konsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Pada dasarnya tidak ada pengobatan tradisional yang efektif untuk mengatasi haid tidak lancar. Tapi informasi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda melancarkan haid:

  • Makan diet seimbang. Menjadi kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan periode menstruasi tidak lancar atau tidak teratur
  • Jika Anda adalah seorang atlet, Anda mungkin sebaiknya mengurangi latihan Anda. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang hormon dan suplemen kalsium untuk melindungi tubuh terhadap kehilangan kalsium dalam jumlah yang banyak selama periode menstruasi.
  • Redakan stres yang sedang dialami
  • Istirahat yang cukup dan rajin berolahraga
  • Stop konsumsi minuman beralkohol

Obat Tradisional untuk Memperlancar Haid

Beberapa makanan sehari-hari disebut-sebut dapat memperlancar menstruasi dan mengatasi telat datang bulan secara alami seperti daun pepaya, jeruk nipis, jahe dan wortel.

Ambil beberapa helai daun pepaya lalu bersihkan dan masak dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Kemudian minum selagi hangat. Anda juga bisa mencampurnya dengan jeruk nipis.

Demikian informasi singkat penyebab menstruasi tidak lancar dan bagaimana melancarkan haid, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...