Vaksin provenge untuk mengobati kanker prostat

Vaksin provenge untuk mengobati kanker prostat

Salah satu jenis kanker yang umum diderita kaum pria berusia lanjut dan dapat menyebabkan kematian adalah kanker prostat. Di Amerika Serikat, kanker ini menjadi pembunuh nomor dua terbanyak dan diderita oleh lebih dari 50% pria berusia 70 tahun ke atas. Salah satu metode mengobati kanker prostat adalah menggunakan vaksin provenge dan disebut metode imunoterapi.

Umumnya kanker prostat tumbuh dan berkembang di dalam tubuh tanpa diketahui penderita sampai tiba-tiba telah menjadi ganas sehingga pengobatannya menjadi lebih sulit. Selain kanker prostat, terdapat beberapa jenis masalah lain yang sering terjadi pada prostat seperti Prostatitis dan pembesaran prostat.

Dan kabar baik bagi para penderita kanker prostat di seluruh dunia, pengobatan kanker prostat sudah di temukan. Penyakit yang menjadi momok bagi banyak pria berusia lanjut ini dapat di sembuhkan menggunakan vaksin. Vaksin prostat tersebut diberi nama Provenge.

Adalah perusahaan biotek Dendreon bertempat di kota Seattle yang menemukan vaksin untuk kanker prostat tersebut. Prosedur pengobatannya adalah, darah dari pasien kanker prostat diambil, kemudian dikirim ke lab untuk di periksa. Teknisi kemudian akan mengekstrak sel imun yang disebut APC (Antigen Presenting Cell) dari sampel darah pasien tersebut.

Dari sini, Dendreon mengombinasikan sel imun tersebut dengan protein yang ada di permukaan sel kanker prostat. Ditambahkan juga bahan pendongkrak imunitas (immune booster). APC akan bekerja bila bercampur protein sel kanker dan immune booster. Lalu protein kanker prostat ini akan pindah ke permukaan sel yang sudah “teraktivasi”. Kemudian, APC yang sudah teraktivasi ini dimasukkan kembali ke aliran darah pasien kanker prostat.

Imunoterapi Untuk Mengobati Kanker Prostat

Kanker akan berkembang dan hidup ketika sistem kekebalan tubuh rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Imunoterapi atau biasa juga disebut terapi biologi adalah terapi yang menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Imunoterapi bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker atau menyediakan sebuah sistem pertahanan yang dibutuhkan, seperti antibodi, untuk melawan kanker.

Imunoterapi adalah sebuah metode pengobatan yang cukup menjanjikan bagi para penderita kanker prostat. Selama ini, kebanyakan kanker sulit diterapi karena sistem imun tidak bereaksi terhadap sel kanker. Biasanya bila ada infeksi atau virus, sistem imun kita akan mengenalinya sebagai benda asing. Imunoterapi sangat baik digunakan untuk mengobati kanker.

Sepeti metode pengobatan kanker lainnya, imunoterapi juga memiliki efek samping bagi penderita, seperti kelelahan, mual, sariawan, diare, tekanan darah tinggi dan penumpukan cairan, biasanya di kaki. Efek samping imunoterapi umumnya akan berkurang setelah pasien melewati pengobatan pertama.

Sepanjang pengobatan ini dilakukan, dokter dan tim yang menangani akan menyediakan layanan onkologi integratif, seperti terapi nutrisi, pengobatan naturopati, manajemen nyeri, rehabilitasi onkologi, pencegahan stres dan motivasi spiritual. Terapi tambahan ini akan membantu mengurangi efek samping imunoterapi dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Mengobati Kanker Prostat dengan Vaksin Provenge

Provenge® adalah sebuah metode imunoterapi untuk menyembuhkan kanker prostat dengan cara memanfaatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh pasien sendiri untuk mengidentifikasi dan menargetkan sel-sel kanker prostat. Setiap dosis diproduksi secara khusus untuk setiap pasien menggunakan sel kekebalan tubuhnya.

Vaksin Provenge bertujuan untuk membuat sistem imun mengenali sel kanker dan sekaligus menghancurkannya. Pada saat APC yang teraktivasi kembali ke darah pasien, APC akan kontak dengan sel T (sel darah putih yang ’seek and destroy’ benda asing). Lalu sel T tersebut juga akan teraktivasi. Sel T akan mengenali sel kanker/ tumor sebagai ‘penjahat’ atau benda asing, dan akan memburu dan menghancurkan sel kanker (benda asing) tersebut.

Vaksin diberikan secara intravena sebanyak tiga dosis/ tiga kali dalam beberapa mingu. Tapi harganya masih mahal, karena labor-intensive, dan patient-specific, harganya sekitar 50-75 ribu USD. Sementara itu, sambil menunggu FDA announcement, saham Dendreon melonjak 19%.

Provenge sudah disetujui oleh FDA dan kini telah banyak digunakan untuk mengobati kanker prostat. Setiap dosis dibuat khusus untuk setiap pasien yang dibuat dari sel-sel kekebalan pasien sendiri yang telah dilatih untuk mencari dan menyerang sel-sel kanker prostat. Dengan merangsang kemampuan alami sel kekebalan sudah dalam darah, Provenge dapat meningkatkan prognosis pasien.

Selain vaksin Provenge, umumnya penderita kanker prostat juga menjalani beberapa jenis pengobatan seperti terapi hormon, terapi radiasi dan kemoterapi. Semua jenis pengobatan tersebut tentu saja memiliki efek samping. Cara paling mujarab terhindar dari kanker prostat saat usia tua nanti adalah dengan menjalani gaya hidup sehat dan rajin berolah raga saat usia masih muda.

Jika harga vaksin provenge masih mahal untuk mengobati kanker prostat, pasien masih bisa mendapatkan alternatif pengobatan lain dan juga mencari tips-tips bagi penderita kanker prostat yang mungkin berguna. Jika saat ini anda masih muda, anda juga perlu mengetahui gejala-gejala gangguan prostat agar penanganannya lebih mudah. Yang paling penting adalah menjalani gaya hidup sehat saat usia masih muda agar saat tua nanti dapat terhindar dari kanker prostat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...