Libido atau gairah seks adalah keinginan seksual yang timbul dari energi psikis dan emosional yang terkait dengan insting biologis untuk bereproduksi. Jika keinginan seksual tersebut tidak pada tingkat rata-rata atau turun maka disebut sebagai libido rendah (Low Libido).

Libido rendah adalah salah satu masalah seksual yang paling sulit diatasi karena orang dengan libido rendah biasanya tidak termotivasi untuk menyembuhkan diri apalagi mengunjungi dokter. Paling sering, orang ini datang ke dokter karena atas desakan pasangannya yang merasa tidak puas dengan performa seksnya.

Libido yang rendah bisa dilihat dari gejala-gejala yang muncul seperti hasrat seksual yang berkurang, hubungan seksual dengan istri semakin jarang dilakukan, menjalani seks sebagai kewajiban saja dan tidak merasakan kesenangan atau kegembiraan saat berhubungan seks, dan yang paling sering adalah penis yang tidak bisa ereksi.

Tentu saja, seperti halnya gangguan seks apapun, ada banyak hal yang menyebabkan gairah seks menurun. Libido yang rendah pada pria biasanya disebabkan oleh faktor medis seperti obat-obatan dan psikologis seperti stres dan trauma.

Setidaknya ada 6 penyebab umum rendahnya libido pria yaitu kurangnya hormon testosteron, adanya penyakit, depresi/stres, terapi obat, kurang tidur, dan kecanduan alkohol. Untungnya, sebagian besar penyebab ini bisa dihilangkan dengan mudah seperti menghilangkan stres atau dengan menambahkan hormon tertentu pada tubuh. Berikut ini 6 penyebab libido menjadi rendah:

Testosteron rendah
Hormon testosteron adalah salah satu dari 4 hormon seks pria, hormon ini berguna untuk membangkitkan gairah seks. Menurut situs 4-men.org, tubuh seorang pria kadang berhenti memproduksi hormon testosteron sehingga gairah seks berkurang. Masalah ini sering diobati dengan terapi penggantian hormon, yang dapat diresepkan oleh dokter.

Penyakit
Kondisi medis tertentu mempengaruhi dorongan seks. Pria yang sedang sakit tidak memiliki mood untuk bercinta bahkan penis pun kadang tidak bisa ereksi meski sudah menerima rangsangan yang kuat dari pasangan. Ini karena tubuh meminta istirahat atau menolak hal-hal yang sepertinya akan memperparah kondisi sakit. Penyakit-penyakit seperti diabetes, parkinson, anemia dan penyakit jantung adalah beberapa penyakit yang menyebabkan libido seks menjadi rendah.

Stres
Stres dapat mempengaruhi libido seks. Situs 4-men.org menyebutkan adanya ketegangan dalam rumah tangga adalah penyebab stres yang paling umum menyebabkan libido rendah atau tidak bergairah. Beberapa psikolog juga mengungkapkan adanya beberapa masalah dari masa kanak-kanak yang belum terselesaikan juga menyebabkan gairah rendah.

Obat dan Pengobatan
Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan penurunan libido pada pria. Obat-obatan antidepresan dan relaksan otot, obat untuk masalah prostat adalah jenis pengobatan yang menyebabkan libido turun. Narkoba juga dapat menurunkan libido pria, khususnya ganja, kokain dan heroin.

Tidur
Jumlah tidur seorang pria juga dapat mempengaruhi libido. Tidur diperlukan untuk membantu tubuh mengisi ulang dan tetap berenergi. Kurangnya kualitas tidur menyebabkan seorang pria terlalu lelah untuk berhubungan seks. Jadi jika anda menginginkan seks yang lebih bergairah, perbaiki tidur anda.

Alkohol
Beberapa mitos seks menyebutkan bahwa minum alkohol sebelum berhubungan seks dapat membuat anda menjadi kuat dan tahan lama. Ini mitos dan tidak boleh dipercaya. Alih-alih membuat anda tahan lama, konsumsi alkohol justru membuat libido turun. Alkohol akan mengganggu fungsi tubuh seperti hipotalamus dan kelenjar hipofisis yang berfungsi mengatur fungsi reproduksi. Setelah organ tubuh tersebut terpengaruh alkohol, maka gairah seks akan menurun. Alkohol juga mengganggu aliran darah di arteri yang menyebabkan ereksi penis tidak bisa keras.

Pada saat anda masih berusia 18 tahun, ereksi anda keras dan terjadi dalam seketika. Kondisi seksual anda selalu dalam keadaan siap. Tapi itu dulu, kini penis anda seperti sosis, terkulai lemas bahkan jika anda sudah menerima rangsangan sekuat apapun dari sang istri. Untuk mengobati libido atau hasrat seksual yang menurun segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri. Libido rendah adalah masalah seksual yang bisa diatasi asalkan ada kemauan.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...