Disfungsi ereksi atau yang dulu disebut impotensi ditandai dengan ketidakmampuan mencapai dan atau mempertahankan ereksi yang cukup keras dimana kondisi tersebut terjadi secara konsisten dan berulang-ulang pada hampir semua kesempatan berhubungan seksual bersama pasangan yang sah. Di masa lalu disfungsi ereksi umumnya hanya diderita oleh pria berusia tua, tapi di jaman sekarang pria remaja dan masih muda sudah banyak yang mengalami disfungsi ereksi.

penyebab pria muda alami disfungsi ereksi

3 Penyebab pria muda Alami disfungsi ereksi. Foto: buzzle.com

Penyebab disfungsi ereksi ada dua hal yaitu faktor fisik dan non fisik (psikologis). Berbagai penyakit fisik penyebab disfungsi ereksi umumnya muncul bersamaan dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya mengapa masalah ereksi umum terjadi pada pria berusia tua.

Sementara pada pria remaja, umumnya fisik masih kuat sehingga faktor psikologis lebih sering menjadi penyebab disfungsi ereksi yang diderita. Tetapi walaupun demikian tidak menutup kemungkinan adanya penyakit tertentu yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Fisik

Pria-pria dengan usia masih muda yakni 40 tahun ke bawah umumnya tidak mengalami penyakit-penyakit seperti jantung, hipertensi dan diabetes. Tetapi meskipun demikian potensi untuk mengalami penyakit tersebut tetap anda. Tidak perduli usia berapapun anda, jika anda mengalami kegemukan (obesitas) dan pola makan yang tidak sehat, maka anda memiliki risiko yang besar mendapatkan penyakit tersebut. Dan itu berarti potensi menderita disfungsi ereksi juga besar.

Selain itu, beberapa penyakit generatif yang diturunkan secara genetik seperti jantung dan diabetes mungkin akan tetap tersembunyi dan akan muncul suatu waktu tanpa harus menunggu usia menjadi tua. Karena itu, pria berapapun usianya perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gangguan seksual untuk mengetahui adanya potensi penyakit serius yang belum terdeteksi.

Hal lain yang bisa menyebabkan penis sulit ereksi dengan keras meskipun usia masih muda adalah defisiensi hormon testosteron. Hormon ini adalah hormon seks pria, bertanggung jawab terhadap gairah seks dan sensitifitas terhadap rangsangan. Pada usia remaja, produksi hormon ini sangat tinggi dan menjadi penyebab perubahan fisik pria seperti pertumbuhan rambut kelamin, perubahan suara, jakun dan juga munculnya mimpi basah di malam hari.

Kekurangan hormon testosteron pada usia muda membuat perkembangan organ seksual menjadi terhambat, begitu pula gairah atau ketertarikan kepada lawan jenis sangat kecil. Karena tidak ada gairah maka penis tidak bisa ereksi, meskipun saat itu ada wanita sangat seksi yang menggodanya.

Penyebab Kimiawi

Beberap remaja pria yang bermasalah dengan narkoba, alkohol dan rokok juga memiliki kecenderungan menderita disfungsi ereksi. Obat-obatan, alkohol berlebihan dan nikotin pada rokok dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah (termasuk pembuluh yang mengalirkan darah ke penis), dan mengganggu fungsi hormon sehingga gairah seks menjadi rendah.

Bahkan berdasarkan penelitian Dr Tony Sliwinski, seorang urolog dari Virginia Urology Center, disebutkan bahwa kandungan zat berbahaya dalam rokok ternyata dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi 1,5 kali lebih besar ketimbang mereka yang tidak merokok, meskipun usia masih muda.

Selain narkoba dan rokok, beberapa obat resep dari dokter seperti Selective Serotonin Reuptake Inhibitor atau SSRI untuk mengobati depresi juga memiliki efek samping menimbulkan disfungsi ereksi.

− Jenis-jenis obat dokter penyebab disfungsi ereksi bisa dilihat disini.

Penyebab Psikologis

Pada pria berusia di bawah 40 tahun, kondisi tubuh sehat, tidak merokok dan tidak menggunakan narkoba sangat jarang mengalami disfungsi ereksi. Kalaupun mengalami masalah tersebut penyebab paling mungkin adalah psikologis. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas ereksi seorang pria seperti kecemasan dan tidak percaya diri. Pikiran-pikiran negatif tersebut kerap dirasakan pria berusia muda saat melakukan aktifitas seks dan menyebabkan ereksi tidak bisa keras. Termasuk juga pengalaman seks yang buruk di masa lalu dan takut gagal akan membuat pria berusia muda mengalami disfungsi ereksi.

Demikian tiga faktor penyebab mengapa remaja atau pria yang masih muda juga mengalami disfungsi ereksi. Kesimpulannya, masalah seksual ini bukan dominan diderita pria yang sudah tua tapi bisa juga diderita oleh pria muda.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...