Buang air kecil sebelum bercinta cegah penyakit infeksi saluran kencing

Buang air kecil sebelum bercinta cegah penyakit infeksi saluran kencing

Hampir semua orang sudah tahu tentang manfaat seks bagi kesehatan tetapi kebanyakan orang hanya melakukannya tanpa paham apa-apa yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah berhubungan seks.

Padahal ada satu pesan dokter untuk setiap pasangan suami istri terutama yang baru saja menikah yaitu membiasakan diri buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan intim. Mengapa demikian?

Adalah Dr. Ari Fahrial Syam, praktisi kesehatan dari FKUI RSCM yang memberi informasi tersebut terutama kepada kaum wanita yang baru pertama kali berhubungan seks atau sudah lama tidak melakukannya.

Menurut dr. Ali, kebiasaan buang air kecil sebelum dan sesudah hubungan seks sangat baik dalam mencegah Infeksi Saluran Kencing (ISK). “Pada wanita pengantin baru, ISK yang dialami berupa infeksi pada kandung kemih yang disebut sistitis.

Penyakit ini bisa juga menjangkiti wanita yang telah lama menikah tapi jarang bercinta dengan suami. “Tapi karena lebih umum dialami oleh pengantin baru maka orang menyebutnya sistitis honeymoon,” ujar dr Ali.

Gejala Sistitis Honeymoon

Penyakit ini terjadi karena hubungan seks yang terlalu sering dilakukan setelah sekian lama tidak berhubungan atau baru pertama kali berhubungan seks.

Gejala-gejala penyakit sistitis honeymoon diantaranya:

  • Nyeri anyang-anyangan
  • Saat kencing terasa sakit dan panas
  • Urine kadang berwarna merah.
  • Pasien mengalami demam

Selain itu pasien juga akan merasakan nyeri jika perut bagian bawahnya ditekan dan pada pemeriksaan urin akan ditemukan sel darah merah dan putih dalam jumlah berlebih.

Seperti halnya penyakit lainnya, penderita tidak boleh mendiamkan penyakit ini karena dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya seperti ginjal.

Cara Mencegah Sistitis Honeymoon

Menurut dr. Ali, salah satu cara mencegah Infeksi Saluran Kencing atau sistitis honeymoon adalah dengan membiasakan diri buang air kecil terlebih dahulu sebelum berhubungan dan buang air kecil lagi sesudahnya.

“Memang terasa merepotkan tapi ini adalah cara terbaik agar kita terhindar dari Infeksi Kandung Kemih yang lebih parah,” jelas dr. Ali.

Selain itu dr. Ali juga menyarankan agar semua orang membiasakan diri minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari dan senantiasa menjaga kebersihan alat vital.

Pro Kontra Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih adalah gangguan yang terjadi pada salah satu sistem saluran kemih yaitu ureter, ginjal, kandung kemih dan uretra. Penyebab paling umum dari infeksi tersebut adalah bakteri yang bernama Escherichia coli atau E. coli.

Bakteri tersebut umumnya hidup di sekitar anus, di usus besar, dan di area sekitar perineum (sebuah area antara anus, vagina dan uretra).

Selain karena faktor kebersihan yang kurang terjaga, ISK juga dapat disebabkan oleh hubungan seksual yang memungkinkan masuknya bakteri ke dalam saluran uretra. Hubungan seks dapat menyebabkan masuknya bakteri tersebut ke kandung kemih melalui uretra.

Pada dasarnya ada dua pendapat yang bertolak belakang tentang perlunya buang air kecil sebelum bercinta. Menurut Dr.David Kaufman, seorang urolog, ISK dapat disebabkan karena kebiasaan buang air kecil sebelum bercinta.

“ISK dapat terjadi jika bakteri terdorong masuk ke dalam uretra saat sedang berhubungan seks,” jelas Kaufman.

“Jika tidak pipis sebelum bercinta, kandung kemih akan penuh sehingga saat pipis usai bercinta daya dorong akan lebih kuat sehingga bakteri yang terdorong masuk tadi akan mudah dikeluarkan,” tambah Kaufman.

Demikian informasi singkat manfaat buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...