Penyakit Prostatitis adalah salah satu gangguan pada prostat yang ditandai dengan pembengkakan atau peradangan pada kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di sekitar kandung kemih yang berfungsi untuk memproduksi cairan semen atau air mani. Karena berdekatan dengan kandung kemih, setiap gangguan yang terjadi pada prostat selalu menyebabkan masalah buang air kecil, termasuk prostatitis.

Prostatitis, Penyakit Prostat di Semua Umur

Prostatitis, Penyakit Prostat di Semua Umur

Penyakit Prostatitis menimbulkan rasa nyeri dan sulit kencing pada penderita sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari. Gejala lain prostatitis yang mungkin muncul adalah timbulnya rasa sakit di selangkangan, di daerah panggul dan bahkan di penis, dan dalam sebagian kecil kasus, prostatitis sering muncul disertai flu.

Tidak seperti jenis gangguan pada prostat lainnya seperti BPH atau pembesaran prostat dan kanker prostat yang selalu menyerang pria berusia tua, prostatitis cukup efektif menyerang pria-pria muda. Jika anda berusia 35 tahun dan mengalami terlalu sering buang air kecil, maka salah satu kemungkinan penyebabnya adalah bakteri prostatitis.

Penyebab penyakit prostatitis bermacam-macam, jika penyebabnya adalah bakteri maka pengobatannya akan lebih mudah dan cepat. Tapi terkadang penyakit ini bukan disebabkan serangan bakteri, tapi oleh penyebab lain.

Dan karena penyebabnya bisa bermacam-macam, maka serangan prostatitis bisa terjadi secara bertahap dan bisa juga tiba-tiba.

Gejala Penyakit Prostatitis

Jenis prostatitis menunjukkan gejala yang berbeda, tergantung penyebabnya. Berikut ini beberapa gejala penyakit prostatitis yang penting diketahui:

  1. Merasa nyeri atau seperti terbakar saat kencing (disuria)
  2. Kesulitan buang air kecil (dribbling)
  3. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari (nokturia)
  4. Merasa nyeri di bagian perut, paha atau punggung bawah
  5. Rasa nyeri di daerah perineum, antara skrotum dan rektum
  6. Rasa tidak nyaman pada penis dan testis
  7. Rasa sakit saat orgasme atau ejakulasi
  8. Seperti sedang flu (jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis)

Jangan pernah merasa bebas dari gangguan prostat meskipun usia anda masih sangat muda. Prostatitis adalah penyakit prostat di semua umur. Segeralah ke dokter jika anda merasa mengalami rasa nyeri di panggul, merasa sulit atau sakit saat kencing, juga jika mengalami ejakulasi yang menyakitkan. Seperti semua jenis penyakit lainnya, prostatitis jika tidak segera diobati dapat menimbulkan infeksi yang berbahaya.

Penyebab Gangguan Prostatitis

Penyebab pasti penyakit prostat ini tidak diketahui secara pasti tetapi biasanya merupakan hasil dari penyebaran bakteri di kandung kemih. Bakteri dari kandung kemih dan uretra menyebar ke prostat, pihak medis belum pasti mengetahui bagaimana bakteri bisa berada di dalam saluran kemih.

Bakteri yang tersembunyi dalam prostat dapat menimbulkan prostatitis kronis. Beberapa pria yang merasakan gejala sakit tidak memiliki peradangan pada prostatnya. Selain oleh bakteri, prostatitis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, yaitu:

  • Kekebalan tubuh rendah
  • Gangguan pada sistem syaraf
  • Adanya cedera pada daerah prostat dan sekitarnya

Prostatitis dapat diketahui dengan pemeriksaan kadar Antigen Prostat Spesifik (PSA). PSA adalah protein yang dihasilkan  prostat. Pada umumnya pengujian PSA dilakukan untuk tes kanker prostat karena sel-sel kanker memiliki kadar PSA yang lebih banyak ketimbang sel non kanker. Prostatitis juga dapat meningkatkan kadar PSA tapi meski demikian sampai sekarang belum ada bukti yang menyebutkan bahwa penyakit prostatitis dapat berubah menjadi kanker prostat.

Bagaimana Mencegah Prostatitis

Mencegah gangguan prostat ini bisa saja dilakukan, caranya dengan mengubah gaya hidup dan mulai menjalani pola hidup yang lebih sehat. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah terjadinya prostatitis dan untuk mengurangi gejalanya:

  1. Berendam di air hangat baik untuk postat tapi jangan lakukan berlebihan sebab mengganggu kerja testis.
  2. Kurangi alkohol, kafein, makanan pedas dan asam
  3. Hindari naik sepeda terlalu lama sebab dapat menekan prostat
  4. Lebih baik duduk di atas bantal yang empuk untuk mengurangi tekanan terhadap prostat.

Selain beberapa tips di atas, anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan terhadap gangguan prostat misalnya dengan rajin berejakulasi, berusaha menurunkan kolesterol, dan meningkatkan asupan zat seng di dalam tubuh.

Obat Prostatitis

Menurut Christopher M. seorang professor urologi dari Milwaukee, penyakit prostatitis relatif lebih mudah diobati. Jika penyebabnya adalah bakteri prostatitis maka obatnya adalah antibiotika. Dalam beberapa kasus, gejala yang dialami penderita dapat hilang dalam beberapa minggu setelah pengobatan dilakukan.

Dalam beberapa kasus prostatitis kronis, penderita mungkin butuh intravena (IV) antibiotik dan pengobatan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dan berulang. Jika penderita telah diberi obat antibiotik dan kondisiya tidak membaik, maka kemungkinan prostatitisnya disebabkan oleh sesuatu yang lain.

Beberapa jenis pengobatan alternatif disebut berhasil menyembuhkan gangguan prostatitis seperti akupuntur, biofeedback, dan beberapa suplemen dan pengobatan herbal. Pelajari dengan baik segala jenis pengobatan yang anda pilih dan juga faktor risikonya.

Semua pria, setidaknya sekali dalam hidup mereka pasti pernah mengalami gangguan prostat seperti penyakit prostatitis, BPH dan kanker prostat. Semakin bertambah usia semakin besar risikonya, karena itu usaha untuk terbebas dari penyakit tersebut dilakukan sejak usia masih muda dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...