Stop seks bebas agar terhindar penyakit menular seksual

Stop seks bebas agar terhindar penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual atau PMS adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika melakukan aktivitas seksual baik itu melalui coitus, anal sex maupun oral seks.

Infeksi ini seringkali tidak menimbulkan gejala apapun pada awal infeksi terjadi. Padahal secara medis, infeksi baru dianggap sebagai penyakit jika telah menimbulkan gejala tertentu.

Itulah sebabnya PMS juga sering disebut sebagai infeksi menular seksual. Meski demikian, secara umum orang tetap menggunakan istilah PMS meskipun dia tidak memiliki tanda-tanda penyakit tertentu.

Sampai saat ini, terdapat beberapa jenis penyakit menular seksual yang kerap diderita orang. Semua orang berpotensi sama menderita penyakit akibat hubungan seks. Kabar baiknya adalah kita bisa melindungi diri dan pasangan kita dari PMS dengan cara saling setia satu sama lain.

Jika anda merasa memiliki perilaku seks yang tidak sehat seperti sering berganti pasangan dan berhubungan seks tanpa kondom, maka anda perlu melakukan pengujian terhadap diri anda terhadap infeksi yang mungkin terjadi.

Beberapa tes penyakit menular seksual yang umum dilakukan adalah tes HIV, klamidia, dan gonore. Melakukan tes PMS adalah cara bijaksana untuk melindungi diri dan pasangan anda dari penyakit berbahaya.

Lakukan Seks yang Aman

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit dan infeksi menular seksual bisa ditularkan melalui aktivitas seks dengan mulut, anus, vagina dan penis.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari empat remaja di Amerika Serikat terinfeksi PMS setiap tahunnya. Dan setengah dari seluruh orang dewasa berusia di atas 25 tahun yang aktif secara seksual menderita salah satu penyakit seksual.

PMS adalah penyakit serius yang memerlukan pengobatan teratur. Beberapa PMS seperti HIV bahkan tidak dapat disembuhkan sama sekali.

Dengan mendapatkan lebih banyak informasi bagaimana tubuh dapat terinfeksi bakteri dan virus berbahaya melalui hubungan seks maka anda dapat mengetahui cara melindungi diri anda dengan lebih baik.

Berikut ini beberapa penerapan seks yang aman dan sehat:

  1. Kurangi risiko yang menyebabkan anda bisa tertular PMS
  2. Gunakan kondom saat melakukan seks penetratif
  3. Gunakan kondom ketika melakukan seks oral
  4. Seks non-koital, atau berhubungan seks tanpa penetrasi

Tentu kita peduli dengan diri dan pasangan yang kita cintai. Satu-satunya cara terbebas dari penularan PMS adalah dengan berlaku setia terhadap pasangan.

Ataupun jika anda aktif secara seksual dan sering gonta ganti pasangan maka gunakan kondom untuk meminimalkan terjadinya penularan virus.

Cara lain untuk melakukan seks yang aman adalah dengan menghindari aktivitas seks vaginal dan anal sex. Ada banyak area di tubuh selain penis dan vagina yang dapat dieksplorasi selama berhubungan intim. Selain lebih aman, anda tentu akan mendapatkan cara baru mendapatkan kenikmatan seksual.

Contoh seks yang aman tanpa penetrasi adalah:

Dalam hal HIV, maka lebih aman melakukan oral seks ketimbang hubungan seks vaginal atau dubur. Tapi infeksi lain masih mungkin terjadi seperti herpes, sifilis, dan hepatitis B, kesemuanya bisa ditularkan melalui oral seks. Oleh karena itu, supaya lebih aman gunakanlah kondom saat melakukan oral seks.

Hubungan seks yang tidak aman adalah aktivitas seks vaginal dan anus terhadap pasangan yang kerap bergonta-ganti parner sex, contohnya berhubungan dengan gigolo atau wanita tuna susila.

Gunakan Kondom Untuk Menghindari Penyakit Menular Seksual (PMS)

Kondom bekerja sebagai penghalang antara penis dengan anus, vagina, atau mulut. Penghalang tersebut mencegah terjadinya pertukaran cairan yang merupakan media hidup bakteri dan virus.

Kondom juga mengurangi terjadinya kontak antara kulit dengan kulit sehingga mengurangi kemungkinan terinfeksi bakteri berbahaya.

Kondom yang umum dijual di apotik adalah kondom lateks, alat ini cocok digunakan untuk melakukan hubungan anal atau vaginal. Kondom ini bisa dibeli di apotik atau toko obat, dan harganya tidak mahal. Kekurangan jenis ini adalah terkadang menimbulkan alergi pada wanita.

Bahkan jika anda adalah pria setia dan tidak mungkin menularkan infeksi berbahaya kepada istri, anda masih membutuhkan kondom jika anda tidak ingin istri anda hamil. Fungsi kondom yang lain adalah sebagai alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Jadi penyakit menular seksual (PMS) bisa dihindari dengan cara berlaku setia kepada pasangan dan menggunakan alat pengaman seperti kondom.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...