Ketika pria berejakulasi dia akan menyemprotkan semen (air mani) ke dalam rahim wanita. Air mani diproduksi di seminal vesicle dan prostat, air mani tersebut berwarna keputihan karena mengandung protein dalam jumlah besar. Air mani mengandung jutaan sel sperma, fruktosa dan enzim lainnya yang bertugas sebagai nutrisi bagi sperma agar pembuahan bisa sukses. Saat berejakulasi, rata-rata jumlah air mani yang dikeluarkan pria berkisar 4,4 mililiter dimana setiap satu mililiter terdapat kurang lebih 20 juta sel spermatozoa yang akan berjuang membuahi sel telur.

Mitos telan sperma bikin awet muda

Mitos telan sperma bikin awet muda. Foto: dailymail.co.uk

Secara sengaja atau tidak sengaja terkadang ada wanita yang menelan air mani dan sperma suami, terutama saat melakukan oral seks. Ada juga wanita yang secara sengaja menelan air mani / sperma pria dengan harapan dapat membuatnya awet muda atau jika air mani tersebut dioles ke wajah maka akan membuat kulit muka jadi halus.

Beberapa wanita lain yang setelah menelan air mani pasangannya menjadi takut hamil dan takut mandul. Ketidakpahaman terhadap kondisi yang dialami membuat mereka menelan bulat-bulat mitos yang tidak benar.

Di masyarakat kita ada banyak sekali mitos seks yang berhubungan dengan kesuburan dan kejantanan termasuk mitos menelan sperma pria. Betulkah menelan air mani atau sperma pria dapat membuat awet muda? dan apakah menelan sperma bisa menyebabkan kehamilan?

Nova, 26 tahun merasa resah dengan kelakuan suaminya yang aneh akhir-akhir ini. Saat melakukan hubungan seks, suami Bu Nova selalu memintanya menelan air mani sang suami, kata suaminya sperma dalam air mani mengandung protein yang dapat membuat Bu Nova awet muda.

Permintaan tersebut walaupun sekali dua kali dia ikuti tapi tetap membuatnya merasa jijik. Nova beranggapan ini bukan masalah cinta atau tidak cinta, dia bisa melayani suaminya tetapi sangat sulit membiarkan air mani suaminya mengalir di lehernya, “Membayangkannya air mani itu saja sudah membuat mual,” ujar Nova kepada dokter tempatnya konsultasi. Pertanyaan Nova adalah, “Apakah benar menelan air mani dan sperma suami bisa bikin awet muda dan menghaluskan kulit wajah?”

Mitos Telan Sperma Bikin Awet Muda

Umumnya orang beranggapan air mani dan sperma bisa menghaluskan wajah karena kandungannya yang banyak protein sehingga jika protein itu ditelan maka akan membuat sel tubuh beregenerasi dengan cepat. Menurut dr. Wimpie Pangkahila, seorang seksolog dan androlog, sperma yang tertelan akan masuk ke dalam sistem pencernaan dan diolah oleh sistem tubuh. Tubuh akan memproses yang dibutuhkan saja, kelebihan protein akan dikeluarkan melalui saluran ekskresi.

Disisi lain, menelan sperma juga tidak akan membuat wanita hamil apalagi mandul sebab sperma yang masuk akan melalui sistem pencernaan, bukan ke saluran reproduksi. Pencernaan dan reproduksi adalah dua sistem tubuh yang berbeda. Kehamilan hanya akan terjadi jika sperma berhasil membuahi sel telur di dalam organ reproduksi wanita.

Menelan sperma tidak berakibat apa-apa, kondisinya sama dengan meminum air atau susu. Bahkan pria yang menelan air mani sendiri tetap aman selama tidak ada virus atau bakeri yang terkandung dalam air mani tersebut.

Referensi:

Kompas Health: Sperma Bikin Awet Muda? Mitos

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...