Stres sebabkan disfungsi ereksi pada pria

Stres, salah satu penyebab disfungsi ereksi – Foto WebMd

Pada umumnya disfungsi ereksi pada pria disebabkan oleh dua hal yaitu penyebab psikis dan penyebab fisik. Penyebab psikologis adalah hal-hal yang bersifat mental atau kejiwaan yang mengganggu fungsi hormonal tubuh, contohnya adalah stres atau tertekan.

Stres secara langsung menyebabkan seorang pria menderita disfungsi ereksi, setelah stres hilang ereksi biasanya akan kembali normal. Sementara contoh penyebab fisik adalah adanya penyakit seperti diabetes, hipertensi atau sakit jantung yang menghambat aliran darah pada penis.

Tekanan berlebih di kantor serta beban pekerjaan yang sangat berat akan menimbulkan stres jika tidak di antisipasi dengan baik. Stres inilah yang menjadi penyebab umum kenapa banyak pria yang masih berusia muda tapi sudah menderita disfungsi ereksi.

Perusahaan farmasi Bayer Schering Pharma melakukan riset terhadap fenomena stres dan disfungsi ereksi. Dari penelitian diketahui bahwa sebanyak 50% pria yang berusia 40-70 tahun mengidap disfungsi ereksi karena faktor stres pada pekerjaannya. Hasil penelitian Bayer Schering ini dipublikasikan melalui situs Men’s Health beberapa waktu lalu.

Adapun ciri-ciri Disfungsi ereksi yang disebabkan oleh faktor psikis adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat spontan, mendadak dan selalu didahului oleh kejadian tertentu misalnya bercerai, pasangan selingkuh, dipecat dari kantor.
  2. Bersifat situasional dan kadang-kadang, artinya ereksi bermasalah ketika akan berhubungan intim saja tapi jika melakukan masturbasi penis masih bisa keras. Atau terkadang disfungsi ereksi hanya pada wanita tertentu saja sedangkan jika seks dilakukan dengan wanita lain, ereksi tetap bisa keras seperti biasa.
  3. Ereksi nokturnal atau ereksi pada pagi hari masih muncul dan cukup kuat.
  4. Penyebab psikis disfungsi ereksi pada umumnya berhubungan dengan norma, nilai, agama, perasaan dalam diri, ketakutan dan tekanan yang berlebih.

Sedangkan disfungsi ereksi karena faktor penyebab fisik timbul secara perlahan-lahan atau gradual, tidak dipengaruhi oleh situasi, dan ereksi dipagi hari sama sekali tidak keras. Jika ini yang terjadi maka anda harus memeriksakan ke dokter dan melakukan check up secara keseluruhan untuk mengetahui apakah ada penyakit di dalam tubuh atau tidak.

Stres adalah salah satu penyebab utama terjadinya disfungsi ereksi. Salah kelola stres atau kurang istirahat menyebabkan stres semakin menjadi-jadi, puncak stres akhirnya berdampak pada fisik, salah satunya adalah disfungsi ereksi. Selain itu stres juga menyebabkan kualitas sperma menurun sehingga menyulitkan mempunyai anak.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi karena faktor psikologis, salah satunya adalah dengan konseling ke terapis atau dokter. Setelah beberapa kali sesi konsultasi umumnya stres dapat berkurang   dan setelah itu kualitas ereksi pun membaik.

Pada intinya anda perlu memperhatikan apa-apa saja yang mempengaruhi emosi anda, misalnya pekerjaan di kantor yang tidak selesai, sedang marah atau stres. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda bisa segera mengambil langkah-langkah untuk menyembuhkan diri anda sendiri.

Yang paling mengkhawatirkan adalah banyak diantara pria-pria muda yang tidak menyadari sedang berada dalam tekanan yang berlebihan. Ketika stres sudah mencapai tahap tinggi dan sulit diatasi dan penyakit-penyakit fisik pun sudah berdatangan, barulah sadar diri kalau sudah terlalu banyak bekerja dan harus istirahat total. Pada kasus seperti itu disfungsi ereksi akan menjadi lebih buruk dan sulit disembuhkan apalagi jika penderita sering berpikiran negatif.

Jadi kunci agar tubuh selalu sehat dan fungsi seksual berjalan normal adalah dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat. Menjaga pola tidur yang teratur, mengkonsumsi hanya makanan sehat, tidak merokok dan rajin berolahraga akan membuat sistem tubuh bekerja optimal dan terhindar dari masalah disfungsi ereksi.

Stres adalah salah satu masalah psikologis yang dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi pada pria. Jika ini yang terjadi jangan keburu meminum obat kuat karena efeknya hanya sementara saja. Yang harus dilakukan adalah berusaha menghilangkan penyebab stres dan umumnya ereksi akan kembali keras setelah masalah tersebut selesai.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...