Saat memasuki minggu ke-4 atau usia kehamilan 1 bulan trimester pertama, embrio telah berumur 2 minggu dan telah melekat kuat pada rahim ibu. Saat hamil 4 minggu bisa disebut sebagai tahap awal pembentukan organ.

Setelah pelekatan terjadi, hormon HCG— Chorionic Gonadotropin, akan dilepaskan. Hormon kehamilan inilah yang memberikan tanda 2 strip pada alat tes kehamilan.

HCG juga akan merangsang korpus luteum, yang berguna untuk menjaga lapisan rahim sebagai tempat melekatnya embrio hingga plasenta mengambil alihnya 6 minggu dari masa ini.

Di dalam rahim, embrio bekerja dengan sangat keras. Mulai membuat plasenta, tali pusat dan dasar dari tubuhnya. Kantung amnion, berisi cairan amnion yang mengelilingi embrio berguna untuk melindungi embrio.  Sedangkan yolk sac, memproduksi darah yang membantu menyuplai nutrisi bagi embrio, sampai plasenta mengambil alih tugas ini.

Saat usia hamil 4 minggu ini, setiap lapisan embrio berkembang membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisan terdalam, akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati dan paru.

Sementara lapisan tengah atau mesoderm membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang dan ginjal. Sedangkan, ektoderm atau lapisan terluar membentuk rambut, kulit, mata dan sistem saraf.

Pada akhir minggu ke-4 atau akhir bulan pertama kehamilan, embrio akan memiliki kepala, mulut yang terbuka, otak dan jantung yang primitif. Ukuran embrio saat Ibu hamil 4 minggu adalah 0,36 mm hingga 1 mm, dengan berat kurang dari 1 gram.

Ukuran janin bayi 4 minggu sebesar kacang hijau, sangat kecil dan ringan. Tapi meski demikian, bentuk janin usia 4 minggu atau 1 bulan sudah memiliki beberapa organ yang terbentuk. Bentuk janin usia 4 minggu (1 bulan) mungkin akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Bentuk janin dan ciri hamil 4 minggu

Bentuk janin dan ciri hamil 4 minggu

Hamil 4 Minggu, Saatnya Test Kehamilan

Minggu ke-4 ini, ibu dapat melakukan test dengan menggunakan alat test kehamilan. Saat ini ada banyak merk alat tes yang bisa digunakan dan dapat dibeli dengan mudah di apotik. Namun, bila saat tes hasilnya negatif jangan langsung berputus asa, sebab tak semua alat test memiliki sensitifitas yang sama.

Test bisa dilakukan sekali lagi seminggu ke depan. Semakin lama menunggu melakukan test kehamilan semakin besar kemungkinan hasilnya positif.

Sebuah alat tes kehamilan dapat mendeteksi adanya hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Untuk mendapatkan hasil positif, tubuh harus memproduksi hCG yang cukup. Lakukan tes kembali dalam dua atau tiga hari untuk hasil yang lebih pasti.

Lakukan tes sekitar seminggu setelah anda melewatkan waktu menstruasi anda. Pada saat itu, kebanyakan wanita hamil sudah memiliki cukup hCG dalam urin untuk mendeteksi kehamilan.

Jika hasil tes menunjukkan negatif meski anda tidak mengalami haid, coba tunggu beberapa hari lalu coba lagi. Jangan berasumsi bahwa jika hasil negatif berarti Anda tidak hamil.

Jika Anda melihat hasil positif pada tes Anda, meskipun itu sangat samar-samar, maka kemungkinan besar Anda hamil. Segera periksakan diri ke dokter meski usia kehamilan baru 4 minggu, terutama jika anda memiliki risiko kehamilan tinggi seperti pernah keguguran atau memiliki kondisi medis tertentu.

Ciri-Ciri Hamil 4 Minggu

Saat usia janin 4 minggu, embrio mulai terbentuk dalam rahim tapi ukurannya sangat kecil sehingga belum tampak perut membesar. Kebanyakan wanita bahkan belum menyadari sedang hamil meski sudah telat haid beberapa hari, dan mungkin juga telah merasakan beberapa tanda kehamilan yang umum.

Apa yang dirasakan wanita saat sedang hamil 4 minggu? Meski secara fisik belum ada ciri dan tanda kehamilan yang dirasakan seperti perut membesar, tapi secara psikis beberapa tanda mungkin saja dirasakan, yaitu:

  • Sering meras lelah
  • Menstruasi terlambat
  • Payudara terasa nyeri dan membesar
  • Sering buang air kecil
  • Kontraksi Braxton-Hicks dan mual
  • Leher rahim (serviks) juga berubah warna dan melunak.

Masa ini, masa yang emosional bagi seorang ibu yang sedang hamil. Perubahan hormonal yang menyebabkan dirinya moody serta keluhan mual yang mengganggu merupakan penyebabnya.

Oleh sebab itu, peran pasangan sangat penting untuk selalu mendampingi istri. Memperhatikan dan mengerti kondisi istri yang sedang hamil, sangat baik untuk perkembangan kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.

Ibu hamil harus mengkonsumsi snack ringan, jus segar atau roti gandum bila sedang lapar. Susu atau produk susu, sumber protein seperti daging dan unggas, sereal, buah atau sayuran sebaiknya dikonsumsi secara seimbang. Ini untuk menghindari kelebihan gula dan lemak.

Sebelumnya kita sudah membahas beberapa tahap perkembangan janin saat usia 3 minggu. Wanita hamil pada minggu ke-4 masih merasakan tanda dan ciri yang sama, tetapi janin dalam kandungan telah berkembang menjadi organ yang melekat pada rahim.

Demikian informasi singkat tahap perkembangan bayi janin usia 1 bulan pada trimester pertama beserta beberapa ciri hamil 4 minggu yang paling umum dirasakan oleh Ibu hamil.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...