Tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan mungkin hamil

Tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan mungkin hamil

Setelah kita membahas beberapa ciri-ciri orang hamil seperti telat datang bulan, kita juga penting mengetahui apa-apa saja tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan mungkin hamil.

Hal ini diperlukan karena sangat sulit memastikan kehamilan terutama di minggu-minggu pertama kehamilan, tanpa adanya pemeriksaan testpack atau USG.

Dengan mengetahui tanda kehamilan pasti, tidak pasti dan mungkin hamil, seorang wanita bisa lebih waspada terhadap perubahan-perubahan fisik dan psikis yang dialaminya.

Saat paling sulit untuk mengetahui seseorang hamil atau tidak adalah di minggu pertama kehamilan. Di saat itu, tanda kehamilan sangat samar dan bahkan mirip dengan kondisi medis tertentu. Karena samarnya, banyak wanita yang tidak menyadari dirinya tengah hamil.

Setelah memeriksakan diri ke dokter karena sering pusing, lelah dan bahkan mual-mual, seorang wanita akhirnya tahu dirinya positif hamil. Untuk itu, bagi para wanita yang sedang mengharapkan hadirnya janin, penting untuk mengetahui tanda kehamilan pasti, tidak pasti, dan mungkin hamil. Apa sajakah itu? Simak uraiannya berikut ini.

Tanda-Tanda Kehamilan Pasti

Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang masuk kategori pasti hamil. Jadi jika anda mengalami ciri dan tanda di bawah ini maka anda hamil.

1. Bercak Darah

Bercak darah terjadi akibat menempelnya telur (implantasi) yang sudah dibuahi sperma pada dinding rahim. Implantasi ini akan menyebabkan keluarnya darah berwarna pink segar disertai lendir serviks.

2. Telat Datang Bulan

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari. Jika kurang atau lebih dari waktu tersebut, maka Anda wajib memeriksakannya ke dokter. Jika Anda sudah terlambat 10 hari dari waktu menstruasi biasanya disertai gejala lain seperti bercak darah dan peningkatan suhu tubuh, Anda dipastikan hamil.

3. Hasil Tes Kehamilan Positif

Hasil positif, baik dengan tes urine mandiri ataupun tes darah, menunjukkan kalau Anda hamil. Tes urine mengukur hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang diproduksi plasenta seorang wanita hamil.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes urine dengan testpack adalah di hari ke-10 Anda terlambat datang bulan. Cara yang lebih cepat mendeteksi kehamilan adalah tes darah. Tes darah bisa dilakukan di lab/dokter kandungan 6-8 hari setelah ovulasi.

Tanda-Tanda Kehamilan Tidak Pasti

Saat sedang stres wanita akan mengalami perubahan metabolisme yang akan mempengaruhi hormonnya. Akibatnya haid jadi telat datang. Beberapa kondisi medis juga kerap menunjukkan gejala yang mirip dengan kehamilan, yaitu sebagai berikut:

1. Mual dan Pusing

Wanita hamil kerap merasa mual, kembung, dan pusing yang disebabkan oleh peningkatan HCG dan perubahan hormon lainnya. Namun, bisa juga karena pengaruh makanan atau penyakit.

2. Kram Perut

Kram perut bisa dialami oleh wanita hamil maupun wanita yang sedang menstruasi karena adanya perubahan hormon. Bedanya, kram perut karena hamil cenderung lebih ringan dibandingkan kram perut menjelang menstruasi.

3. Kelelahan tanpa sebab

Meningkatnya hormon progesteron saat hamil menyebabkan produksi darah, detak jantung, dan metabolisme meningkat sehingga tubuh terasa cepat lelah. Namun, kelelahan ini bisa juga terjadi karena faktor selain kehamilan.

Jika anda mengalami gejala seperti di atas, anda tidak pasti hamil, karena beberapa gejala tersebut juga merupakan gejala dari kondisi medis yang mungkin saja sedang anda alami.

Tanda-Tanda Anda Mungkin Hamil

Dan jika anda mengalami tanda kehamilan di bawah ini, ada kemungkinan anda memang sedang mengandung. Tetapi untuk memastikannya anda perlu melakukan tespack atau usg.

1. Payudara Sensitif

Jika payudara terasa membesar dan lembut, puting lebih mencuat dan bagian coklat/merahnya semakin melebar, maka kemungkinan Anda sedang hamil.

2. Semakin Sering Buang Air Kecil

Peningkatan kadar HCG menyebabkan kandung kemih cepat penuh sehingga frekuensi buang air kecil meningkat terutama di malam hari.

3. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Jika suhu tubuh Anda tinggi disertai gejala-gejala lainnya di atas, maka Anda mungkin sedang hamil.

Saat sedang hamil seorang wanita akan mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya -baik itu fisik maupun psikis- seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan.

Demikian beberapa tanda kehamilan pasti, tidak pasti, dan mungkin hamil. Setelah dokter memastikan kehamilan anda, maka tiba saatnya anda mulai menjaga diri dan menjaga kesehatan bayi dalam kandungan, semoga bisa dijadikan acuan.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...