Tanda-tanda wanita hamil 1 hari

Tanda-tanda wanita hamil 1 hari

Anda dan pasangan yang berencana memperoleh momongan? Rasanya tidak sabar, ya, untuk segera mengetahui kabar kehamilan. Bahkan, Anda ingin segera memastikannya sehari setelah berhubungan. Tapi, bagaimanakah tanda-tanda hamil 1 hari sebenarnya?

Sangat sulit memastikan kehamilan yang baru saja terjadi atau satu hari setelah berhubungan. Sebab ciri-ciri orang hamil biasanya muncul tanpa disadari. Nanti setelah haid tidak kunjung datang di periode berikutnya, barulah waspada dengan perubahan yang sedang terjadi.

Waktu pertemuan antara sperma dan telur (fertilisasi) menjadi embrio sangat sulit dideteksi sehingga umumnya dokter kandungan menghitung usia kehamilan sejak hari pertama menstruasi terakhir Anda. Pembuahan pada umumnya terjadi dua minggu dari hari tersebut.

Satu minggu setelah pembuahan, tubuh wanita biasanya sudah bereaksi terhadap perubahan kimiawi dalam tubuhnya. Meski demikian sebagian besar wanita belum sadar jika tengah mengandung, karena gejala kehamilan yang muncul sangat biasa/umum.

Meskipun fertilisasi terjadi, Anda baru dapat dikatakan hamil jika embrio telah menempel pada dinding rahim (implantasi). Jadi, yang dimaksud dengan tanda-tanda hamil 1 hari di sini adalah tanda-tanda yang muncul setelah terjadinya proses implantasi.

Implantasi

Embrio bergerak sepanjang uterus selama 10-14 hari sebelum akhirnya menempel pada dinding rahim. Tanda awal embrio menempel pada dinding rahim adalah munculnya darah implantasi atau flek yang mirip darah haid.

Implantasi sangat dipengaruhi hormon progesteron yang berfungsi menebalkan dinding rahim sebagai tempat untuk janin berkembang.

Jika embrio tidak berhasil menempel pada dinding rahim, maka dinding rahim akan menipis dan luruh, proses ini disebut dengan menstruasi. Perbedaan darah implantasi dan darah menstruasi adalah warna darah dan waktu kemunculannya.

Darah implantasi berwarna pink segar dan berbentuk bercak disertai cairan serviks. Sedangkan darah menstruasi cenderung berwarna merah gelap agak kecoklatan dengan volume yang banyak. Waktu munculnya darah implantasi sekitar 4 hari sebelum periode menstruasi Anda, atau 10-14 hari setelah konsepsi.

Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Meningkatnya suhu basal tubuh dari suhu normal adalah tanda awal kehamilan yang umum. Namun demikian, munculnya darah implantasi bukanlah satu-satunya pertanda hamil. Sebab, Anda mungkin bisa merasakan tanda-tanda hamil 1 hari lainnya. Di antaranya, peningkatan suhu basal tubuh dan kram perut ringan.

Suhu basal tubuh normal seorang wanita biasanya berada antara 35,5-36°C. Saat tubuh Anda mempersiapkan kehamilan, hormon progesteron akan memicu kenaikan suhu tubuh ±0,5°C secara konstan hingga waktu menstruasi berikutnya.

Jika suhu basal tubuh ini terus menerus lebih tinggi dari biasanya sampai melewati waktu menstruasi, maka Anda kemungkinan besar hamil.

Beberapa wanita yang merasakan perubahan ini kadang tidak sadar tengah hamil, sebagian besar mereka merasa hanya sedang flu, badan tidak enak atau lagi masuk angin. Beberapa orang juga mengaku lebih sering kentut (buang angin) padahal perut tidak kembung.

Kram Perut

Dibandingkan kram menjelang menstruasi yang intensitas nyerinya meningkat, kram akibat perubahan hormon dan implantasi sebagai tanda-tanda hamil 1 hari jauh lebih ringan dengan intensitas tetap.

Penyebab kram perut saat hamil 1 hari adalah terbentuknya gas berlebih di dalam perut sebagai akibat meningkatnya kadar hormon progesteron. Kram perut biasanya dimulai sejak awal kehamilan sampai saat kelahiran.

Setelah merasakan tanda-tanda hamil 1 hari seperti yang telah disebutkan, sebaiknya Anda melakukan tes mandiri atau ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil. Tes mandiri baru dapat dilakukan secara efektif di hari pertama hingga hari ke-10 Anda terlambat haid.

Demikian informasi singkat tanda-tanda hamil 1 hari pada wanita. Sangat sulit untuk memastikan kehamilan pada minggu pertama, apalagi pada 1 hari setelah berhubungan intim.

Tetapi jika anda mengalami tanda hamil seperti dijelaskan di atas, maka anda mungkin hamil. Dan untuk memastikannya diperlukan sebuah tes urin atau tes darah.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...