Tips pacaran jarak jauh

Tips pacaran jarak jauh agar hubungan tetap langgeng dan romantis

Long Distance Relationship (LDR) adalah hubungan cinta jarak jauh antara pria dan wanita yang terpisahkan oleh tempat yang berjauhan. Pacaran jarak jauh rentan dengan masalah dan berisiko bubar di tengah jalan, setidaknya demikian yang dialami oleh banyak pasangan yang melakukan LDR.

Ya, sebagian besar orang yang menjalani cinta jarak jauh akhirnya harus berpisah dengan pasangannya. Alasan yang paling sering menjadi penyebab LDR gagal adalah faktor kepercayaan dan komunikasi.

Jarak membuat kesempatan bertemu tidak memungkinkan menyebabkan komunikasi terhambat. Jika kondisi ini terus berlanjut tanpa usaha yang keras mengakalinya maka timbul rasa tidak percaya dan curiga kepada pasangan, akibatnya timbul pertengkaran yang pada akhirnya berakhir dengan perpisahan.

Tapi meski banyak yang gagal, tidak sedikit juga pasangan yang berhasil melewati masa-masa sulit menjalani cinta jarak jauh yang membosankan. Tentu saja, pasangan-pasangan luar biasa ini memiliki beberapa tips dan cara tersendiri menjalani pacaran yang terpisah jarak yang jauh.

Baca juga:

Dalam artikel seksualitas.net kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjalani hubungan cinta jarak jauh (LDR) agar hubungan tetap awet, harmonis dan langgeng. Karena LDR itu sulit bukan berarti dia tidak bisa dijalani.

1. Tetap Berkomunikasi

Karena anda dan pasangan tidak mungkin untuk bertemu satu sama lain maka penting untuk membangun hubungan emosional dalam beberapa cara. Cara yang termudah adalah dengan tetap berkomunikasi seperti biasanya. Komunikasi bisa dilakukan dalam beberapa media dan lakukan beberapa kali dalam setiap hari.

Telepon untuk berbicara tentang hal-hal kecil yang dialami, kirim sms untuk meminta saran tentang sesuatu dan kirim inbox di facebook untuk bersenda gurau. Untuk hal-hal yang lebih dalam, lakukan telpon atau video chat untuk melepas rindu satu sama lain.

Komunikasi yang intens akan menghilangkan jarak dan membuat rindu sedikit tersalurkan. Cara ini syarat mutlak dalam menjalani hubungan percintaan jarak jauh.

2. Buat Jadwal Bertemu

Jika memungkinkan buatlah jadwal bertemu sesering mungkin terutama jika anda cukup memiliki budget. Hubungan anda tidak akan berhasil jika satu-satunya komunikasi yang anda lakukan hanya telepon atau sms saja. Anda perlu bertemu secara fisik satu sama lain untuk menyegarkan kembali hubungan anda.

Anda bisa membuat jadwal bertemu sekali sebulan atau sesuai yang anda sanggupi. Taati dan usahakan untuk konsisten dengan jadwal tersebut. Maksimalkan pertemuan anda dengan pasangan dengan waktu yang singkat tersebut seperti makan bersama, atau jalan-jalan ke tempat yang disenangi bersama-sama.

Anda juga bisa melakukan kunjungan singkat yang tidak terencana selama menjalani cinta jarak jauh. Manfaatkan waktu untuk bertemu pasangan anda jika itu memungkinkan, misalnya saat transit di bandara atau saat mendapat tugas kantor yang mepet.

Altenatif lain, cobalah untuk membuat janji bertemu kekasih anda di tempat lain atau di kota lain misalnya menjadwalkan bertemu di tempat baru yang belum pernah dikunjungi agar hubungan dengan pasangan jadi lebih dinamis.

Tips cinta jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR)

Kepercayaan adalah pondasi utama menjalani cinta jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR)

3. Saling Kenal Satu Sama Lain

Hubungan cinta jarak jauh memang akan menyulitkan terutama bagi mereka yang masih dalam status pacaran. Siapkan waktu khusus untuk saling kenal satu sama lain agar anda bisa saling memahami. Saat sedang bertemu perhatikan apa yang dia senangi dan lakukan sedikit riset tentang hal tersebut. Hal-hal sederhana seperti ini dapat membuat cinta semakin kuat meski jarak memisahkan.

Misalnya, jika kekasih anda senang membaca novel, cari tahulah beberapa novel terbaru dan sedang booming di pasaran. Jika anda tidak senang membaca, mulailah sedikit demi sedikit menyukai aktifitas tersebut dan anda akan membuat pasangan anda semakin sayang kepada anda.

4. Jalani Cinta Jarak Jauh dengan Saling Mendukung

Anda tidak bisa berada di sisi pasangan anda setiap saat karena jarak yang jauh. Tapi meski demikian anda tetap bisa meluangkan waktu untuk menemani pasangan anda yang sedang dalam kesulitan.

Begitu pula sebaliknya, selalulah berkomunikasi dengan kekasih anda jika anda mengalami masalah atau sedang berada dalam posisi kesulitan. Saling dukung dan membantu dalam semua kondisi akan menguatkan hubungan anda meski anda dalam status Long Distance Relationship (LDR).

5. Atasi Kebosanan

Hubungan cinta jarak dekat saja bisa sangat membosankan apalagi jika dilakukan jarak jauh. Mengalami kebosanan adalah hal yang wajar dalam setiap hubungan. Kebosanan kerap terjadi pada hubungan pacaran atau cinta jarak jauh karena pertemuan fisik yang jarang terjadi dan kontak hanya dilakukan melalui internet atau telepon.

Jangan sungkan membicarakan perasaan anda tersebut dengan pasangan. Atau hadapi dengan bijak jika anda merasa pasangan anda sedikit longgar atau merasa bosan.

6. Cinta Jarak Jauh Butuh Kepercayaan

Sama dengan cinta jarak dekat, kepercayaan mutlak dibutuhkan saat melakukan LDR atau pacaran jarak jauh. Dan bahkan kepercayaan mungkin satu-satunya hal yang bisa anda harapkan dari kekasih nun jauh disana.

Jangan cemburu atau cemas tentang hal-hal yang anda tidak tahu pasti. Perasaan atau rasa gelisah apapun yang anda rasakan selama masih di dalam hati tetaplah hanya dugaan.

Hindari godaan dan cobalah untuk tetap setia, jangan hancurkan kepercayaan kekasih anda di sana yang mungkin juga sedang bertahan setia kepada anda. Hindari menempatkan diri anda dalam situasi yang dapat membuat anda tergoda dan beri pasangan anda keyakinan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari anda.

7. Lakukan Hal yang Sama di Waktu yang Sama

Melakukan hal yang sama di waktu yang bersamaan akan memendekkan jarak dan membuat anda merasa semakin dekat satu sama lain. Meski terpisah oleh jarak, anda dan kekasih masih berada dalam dimensi waktu yang sama. Buatlah janji melakukan sesuatu yang menyenangkan di waktu yang sama.

Contohnya, makan masakan yang sama di jam yang sama, sama-sama membaca artikel atau buku yang sama atau sama-sama menonton acara televisi yang sama di waktu senggang.

Pacaran Long Distance Relationship (LDR)

Pacaran Long Distance Relationship (LDR)

8. Lakukan Hal-Hal Kecil

Mengirim surat melalui pos, mengirim hadiah kecil, kartu atau mengirim bunga begitu saja tanpa alasan akan memperpendek jarak dan membuat hubungan anda dengan pasangan semakin romantis meski jarak memisahkan.

Hal-hal kecil dan sederhana seperti itu adalah ungkapan cinta yang tak terbahasakan tapi bisa dirasakan oleh pasangan anda. Cara ini juga dapat sedikit menghilangkan rasa bosan atau jenuh berkomunikasi melalui media telepon ataupun internet.

Mengirim kata cinta jarak jauh juga sangat bagus untuk meningkatkan kemesraan bersama kekasih. Apalagi jika anda bisa membuat puisi cinta, anda bisa mengekspresikan perasaan anda terhadap sang kekasih.

9. Hindari Menjadi Pengendali

Kadang-kadang karena sangat cinta maka tanpa sadar kita sudah melampaui batas sehingga bertindak sebagai pengendali bagi orang-orang yang kita cintai. Padahal tidak ada orang yang ingin dikontrol atau dikendalikan orang lain. Manusia adalah makhluk merdeka yang juga memiliki kehendak bebas.

Sifat ingin tahu detail yang dilakukan kekasih apalagi jika sang kekasih berada jauh di luar kota kadang sampai pada batas memaksakan kehendak dan ingin mengendalikan apa yang boleh dan tidak boleh fia dilakukan. Hindari hal tersebut dan yakini apa yang baik bagi kekasih anda disana juga baik bagi diri anda disini.

10. Buat Tujuan Agar Cinta Jarak Jauh Lebih Bermakna

Bagaimanapun juga setiap hubungan harus memiliki tujuan. Jika anda masih dalam status pacaran jarak jauh maka diskusikan dengan kekasih anda perihal hubungan anda tersebut, apa akan berlanjut ke pernikahan atau tidak.

Dengan adanya tujuan besar yang diniatkan secara bersama-sama akan membuat komitmen semakin kuat dan hubungan dapat berjalan dengan baik. (Baca: 4 Tanda Pacar Kamu Siap Menikah).

11. Jangan Dengarkan Omongan Negatif Orang Lain

Saat menjalani cinta dengan jarak jauh anda mungkin akan mendengar gosip tentang kelakukan pacar anda nun jauh disana. Anda juga kemungkinan akan mendapat provokasi untuk sedikit membuka hati dengan orang lain untuk sekedar melepas sedikit rasa kesepian yang anda rasakan.

Jangan dengarkan hal-hal tersebut, satu-satunya orang yang bisa anda percaya dalam hal ini adalah kekasih anda sendiri. Selama semua omongan tersebut tidak bisa dibuktikan maka anda tidak boleh mempercayainya.

12. Tetaplah Bahagia

Selalu berpikir positif dan tidak fokus pada pikiran-pikiran negatif akibat melakukan pacaran atau cinta jarak jauh. Berada jauh dari kekasih tidak selalu jelek, lakukanlah hal-hal positif seperti biasa.

Cara terbaik untuk tetap merasa dekat dengan kekasih yang jauh adalah dengan saling tukar menukar hadiah. Jika rindu anda bisa menelpon atau memegang hadiah pemberian kekasih anda, cara ini dapat sedikit melepaskan rindu dan membuat pikiran anda tetap positif.

Demikian 12 tips menjalani cinta jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) agar hubungan tetap awet dan langgeng. Semoga bermanfaat.

***
Bagaimana anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini.. Klik disini!
loading...