12 Tips Jitu Agar Cepat Hamil

Bagi Anda yang baru saja menikah dan saat ini sedang menantikan kehadiran sang buah hati tentu bertanya-tanya bagaimana cara agar cepat hamil.

Kehamilan adalah anugrah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, diberikan kepada yang diinginkan-Nya. Sebagai manusia, kita berkewajiban berusaha dan tentu saja dibarengi dengan doa.




Tapi terkadang kita sudah berusaha cukup lama dan bersabar tapi sepertinya tidak ada sedikitpun ciri dan tanda istri hamil. Saat seperti itu, rasanya ingin menyerah saja dan menerima takdir.

Jika Anda telah menikah cukup lama dan belum juga dianugerahi momongan, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Dokter biasanya akan memberikan beberapa rekomendasi kapada pasutri yang ingin cepat hamil Atau jika dibutuhkan dokter akan memberi resep obat untuk menyuburkan kandungan atau obat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa tips cara agar cepat hamil secara alami. Silahkan baca informasi di bawah ini dan praktekkan semampu Anda.

Cara Agar Cepat Hamil Secara Alami

Cara agar cepat hamil setelah menikah

Bagaimana cara agar cepat hamil? Selain berdoa kepada Tuhan, kita bisa melakukan langkah-langkah yang dapat mempercepat kehamilan, yaitu:

1. Agar Cepat Hamil Jagalah Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah kunci paling penting jika ingin cepat hamil. Kesehatan yang buruk akan mempengaruhi tingkat kesuburan pria dan wanita. Sementara kesehatan yang prima akan menghasilkan sperma dan ovum yang berkualitas.

Satu-satunya cara agar cepat hamil adalah dengan secara serius memperhatikan kesehatan fisik dan psikis. Jika Anda sakit-sakitan, fungsi reproduksi akan terganggu, begitu pula jika Anda sering stres maka ovulasi akan terganggu.

Untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis, baik suami atau istri perlu menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, yaitu:

a. Berhenti merokok

Rokok mengandung ratusan zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan. Menurut penelitian, potensi kehamilan seorang wanita akan menurun sampai 28% jika suami atau istri aktif merokok.

Dan bahkan jika kehamilan berhasil terjadi, potensi keguguran dan bayi lahir cacat juga sangat besar. Berhentilah merokok jika Anda ingin cepat hamil.

b. Stop minuman beralkohol

Dalam batas tertentu, minuman keras mungkin baik bagi kesehatan. Tetapi konsumsi alkohol berlebihan dan dalam waktu yang lama akan mempengaruhi tingkat kesuburan pria dan wanita.

Wanita yang telah aktif mengonsumsi minuman berlakohol sejak muda memiliki risiko tidak bisa hamil sebanyak 44% dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak konsumsi minuman keras.

c. Perbanyak asupan vitamin C dan vitamin E

Salah satu cara agar cepat hamil adalah penuhi asupan tubuh dengan vitamin C dan E.

Kedua vitamin tersebut berhubungan langsung dengan fungsi reproduksi tubuh. Vitamin E banyak dalam tumbuhan kecambah sementara vitamin C sangat baik bagi pria karena dapat meningkatkan kualitas sperma.

d. Jangan mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat

Sperma diproduksi di dalam testis, dan agar produksi tetap berjalan normal, testis harus berada dalam suhu yang sesuai.

Celana dalam yang terlalu ketat akan meningkatkan suhu testis, dan akibatnya kualitas sperma yang dihasilkan menurun. Gunakanlah pakaian yang sedikit longgar dan jika berada di rumah cukup gunakan celana boxer tanpa celana dalam.

e. Kontrol Berat Badan

Jika ingin hamil, salah satu syarat yang harus Anda penuhi adalah menjaga kesehatan tubuh. Salah satu indikator tubuh yang sehat ialah berat badan yang ideal, yaitu tidak gemuk, tidak juga kurus.

Wanita sulit hamil jika dia terlalu gemuk atau terlalu kurus, sebab metabolisme tubuh akan terganggu dan masa ovulasi menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali.

Badan yang terlalu gemuk berisiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, atau jantung. Sementara tubuh yang terlampau kurus berisiko terkena malnutrisi atau terganggunya siklus menstruasi.

Tentu kedua kondisi itu tidak akan baik untuk program kehamilan. Jadi, agar cepat hamil, mulailah mengontrol berat badan Anda. Namun, jangan menjalankan diet ketat atau makan makanan tinggi lemak. Itu justru tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut dr Susan Clifford, asisten profesor obgyn di Duke Uninersity Medical Center, cara menjaga berat badan yang baik ialah dengan melakukan pengaturan pola makan dan olahraga sebelum konsepsi atau pembuahan dan lanjutkan saat hamil dan setelah persalinan.

2. Ketahui Masa Subur dan Lakukan Tes Kehamilan

Alat tes ovulasi

Cara agar cepat hamil selanjutnya yaitu dengan mengetahui masa subur wanita. Masa subur wanita berada pada masa tiga hari sebelum dan sesudah ovulasi.

Dengan mengetahui masa subur, Anda dapat meningkatkan peluang kehamilan. Menurut dr Tomi, masa subur seorang wanita berkaitan dengan periode siklus menstruasi.

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi selama 28 hari, ovulasi (proses pelepasan telur yang telah matang dan siap untuk dibuahi) terjadi pada hari ke-14.

Nah, saat itu disebut masa subur dan sangat disarankan untuk melakukan hubungan seks agar cepat hamil.

Namun, perhitungan ini tidak berlaku pada semua wanita, meskipun memang wanita dengan siklus menstruasi teratur biasanya lebih cepat hamil, ketimbang mereka yang memiliki siklus tidak teratur.

Wanita yang memiliki siklus mentruasi lebih panjang atau lebih pendek akan memiliki periode masa subur yang berbeda pula.

Jika Anda dan pasangan kesulitan dalam menentukan masa subur, Anda dapat mengeceknya menggunakan alat pengetes masa subur.

  1. Analisis Suhu Basal Tubuh

Selain melakukan tes masa subur dengan menggunakan alat tes, Anda juga bisa mengetesnya dengan analisis suhu basal tubuh.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan alat termometer basal. Cara menggunakannyacukup mudah, Anda tinggal mengecek suhu tubuh Anda setiap pagi.

Jika Anda berada pada masa subur, biasanya suhu tubuh akan meningkat sekitar 0,50C. Suhu ini akan tetap bertahan hingga akhirnya Anda mendapatkan haid atau ketika Anda hamil hingga trimester pertama.

Jadi, sudah tahu kan mengapa Anda merasa gerah ketika akan haid atau ketika hamil?

Oh ya, cara ini tidak bisa dilakukan hanya sesekali saja, tetapi harus beberapa bulan berturut-turut agar Anda mengetahui dengan pasti kapan waktu masa subur Anda.

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan jadwal berhubungan intim dengan pasangan.

  1. Lakukan Tes Kehamilan dan Latih Kesabaran

Setelah memperhatikan beberapa fktor di atas, Anda perlu melakukan tes kehamilan. Hal ini semakin penting jika menstruasi datang terlambat.

Semakin cepat Anda mengetahui kehamilan, semakin cepat pula Anda bisa mengubah pola makan dan gaya hidup agar lebih sehat.

Akan tetapi, jika ternyata hasilnya masih negatif Anda tetap harus bersabar dan menjalankan program kehamilan yang saat ini sedang berlangsung.

3. Menentukan Posisi Seks yang Digunakan Agar Cepat Hamil

Gunakan posisi seks yang benar agar cepat hamil

Sampai saat ini belum ada kesepakatan diantara praktisi kesehatan tentang posisi seks dan kehamilan.

Tapi meski demikian, beberapa ahli menyarankan pasangan suami istri melakukan posisi seks tertentu agar cepat hamil. Posisi seksual yang disarankan adalah yang tidak melawan arah gravitasi.

Adapun gaya seks yang disarankan agar cepat hamil adalah sebagai berikut:

  1. Posisi seks misionaris
  2. Modifikasi posisi misionaris
  3. Doggy style
  4. Gaya spooning

Sebaliknya, hindarilah melakukan hubungan seks dengan gaya bercinta yang melawan arah gravitasi karena menyulitkan sperma berenang menuju sel telur.

Contohnya adalah gaya woman on top dan segala variasinya. Posisi wanita di atas pria mungkin saja menyenangkan tapi kemungkinan istri hamil jadi lebih sedikit.

4. Memilih Waktu yang Tepat Untuk Berhubungan Seks

Setelah pasutri mengetahui kapan datangnya masa subur istri dan juga telah mengetahui beberapa posisi seks yang baik agar cepat hamil, kini tiba saatnya untuk menentukan waktu berhubungan seks yang tepat.

Mulailah aktif bercinta sejak tiga hari sebelum masa subur istri tiba sampai dengan masa subur berakhir.

Tapi Anda tidak perlu bercinta setiap hari, sebab pria butuh waktu setidaknya 72 jam untuk menghasilkan sel sperma yang betul-betul matang dan berkualitas.

Kabar baiknya adalah, sperma memiliki daur hidup yang lebih panjang daripada sel telur.  Saat diejakulasikan, sperma mampu bertahan hidup sekitar 5-6 hari di dalam ovarium.

Jadi pasutri bisa bercinta beberapa hari sebelum masa subur tiba dan sperma akan menunggu sel telur datang di tuba fallopi.

5. Menjaga Kesehatan Psikis

Setiap pasutri juga perlu memperhatikan dengan baik kesehatan mental atau psikisnya, terutama kaum wanita jika ingin cepat hamil.

Beban hidup, stres dan kecemasan adalah faktor-faktor yang dapat menghalangi proses ovulasi terjadi.

Selalu berpikir positif dan hindari pikiran-pikiran negatif, terutama ketika sedang di ranjang bersama pasangan. Cara ini terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan potensi kehamilan.

  1. Menjaga Keintiman dengan Pasangan

Jangan sampai mood Anda terganggu hanya karena ambisi ingin memiliki anak.

Ketika bercinta pun Anda harus menjaga keharmonisan dengan pasangan. Jangan menjadikan sesi bercinta menjadi kewajiban karena ingin mendapatkan anak.

Selain itu, jangan memaksa pasangan bercinta hanya karena Anda sedang memasuki masa subur, biarlah momen bercinta menjadi momen yang mampu merekatkan Anda dan pasangan.

  1. Bergabung dengan Kelompok

Wanita yang merindukan memiliki momongan dan belum juga hamil berisiko mengalami stres. Anda perlu bergabung dengan sebuah kelompok yang memiliki kisah yang sama.

Dari kelompok itu, Anda bisa belajar kiat agar cepat hamil, ahli kesehatan yang direkomendasikan, dan tentu saja saling menguatkan satu dengan yang lain.

  1. Nikmati Setiap Prosesnya

Terakhir ialah menikmati setiap prosesnya, tetaplah relaks dalam menantikan sang buah hati. Terus berusaha, berdoa, dan berserah penuh kepada Tuhan. Anda tentu akan lebih bersyukur ketika Tuhan menjawab doa Anda.

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa peluang wanita hamil di usia masa subur per siklus sebesar 20%; peluang wanita hamil setelah enam bulan program kehamilan sebesar 50%; dan peluang wanita hamil setelah satu tahun program kehamilan sebesar 85%. Jadi, tetap semangat, jaga pola makan, dan kesehatan Anda.

Demikian beberapa tips cara agar cepat hamil, jika Anda merasa artikel ini cukup bermanfaat, jangan lupa untuk sharing atau bagikan artikel ini ke teman lain yang membutuhkan.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

6 Comments


  1. Asep iman 2 January 2012
  2. tyan syahputri 25 September 2012
  3. chusnul chotima 22 August 2013
  4. andri november 17 February 2016
  5. tiara 9 June 2016
  6. Shanty Pratiwi 3 October 2016

Leave a Reply