Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan

Memastikan kehamilan termasuk hal yang gampang-gampang susah. Karena meski ada banyak metode untuk mengetahui kehamilan, tetapi kepastian wanita hamil secara tepat hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang sudah menikah, entah itu untuk kehamilan pertama, kehamilan kedua, maupun selanjutnya.

Wanita yang sudah pernah melahirkan mungkin dapat mengetahui kehamilannya melalui ciri dan tanda hamil berdasarkan pengalaman di kehamilan sebelumnya.

Tetapi tidak demikian halnya bagi wanita yang baru menikah yang biasanya kesulitan memprediksi apakah rahimnya sudah berisi atau tidak tanpa bantuan alat tes kehamilan.

Sebenarnya untuk memastikan kehamilan sangat mudah, anda hanya perlu untuk datang dan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Di artikel sehatki.com kali ini kita akan mempelajari beberapa teknik untuk memastikan kehamilan

Perhatikan Ciri-Ciri Kehamilan

Ada beberapa ciri-ciri khusus yang terdapat pada wanita yang sedang hamil. Anda bisa memperhatikan ciri-ciri tersebut untuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak.

  1. Nyeri Di Bagian Payudara

Di awal-awal masa kehamilan, biasanya wanita akan merasakan nyeri di bagian payudara. Meskipun hal ini juga terjadi saat menstruasi, namun rasanya tidak dapat dibandingkan saat sedang hamil.

Payudara akan terasa nyeri, penuh, kesemutan, bengkak, terutama saat disentuh. Hal ini menjadi tanda-tanda awal kehamilan.

Rasa nyeri ini akan muncul setelah beberapa minggu masa kehamilan dan akan berlanjut seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

  1. Penggelapan Di Areola

Aerola merupakan bagian lingkaran yang mengelilingi putting payudara. Biasanya akan ada perubahan warna pada aerola ketika wanita sedang hamil.

Aerola akan berubah menggelap selama masa kehamilan. Dan bahkan akan mengalami pelebaran setelah usia kehamilan mencapai beberapa minggu. Perubahan warna ini bisa menjadi tanda awal kehamilan.

  1. Adanya Bercak Darah

Jika anda mengalami bercak darah mirip haid yang tiba-tiba, maka bisa jadi ini pertanda awal kehamilan yang sedang anda alami.

Bercak darah tersebut muncul dari embrio yang melekat di dalam uterus (rahim). Sehingga anda tak perlu merasa khawatir.

Pendarahan tersebut biasanya muncul lebih awal dibandingkan siklus menstruasi anda dan terjadi diantara 5-10 hari setelah kehamilan.

Selain itu ciri-ciri lainnya adalah darah yang keluar berwarna merah muda, berbeda dengan darah haid. Meskipun terkadang ini bukanlah tanda yang pasti, namun tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

  1. Sering Buang Air Kecil

Apakah anda sering merasa buang air kecil terus menerus beberapa waktu ini? mungkin saja ini menjadi pertanda awal jika anda sedang mengalami kehamilan.

Di awal kehamilan, sekitar 2-3 minggu akan anda keinginan untuk terus menerus buang air kecil dikarenakan hormon tertentu yang memicu aliran air seni sehingga menyebabkan uterus (rahim) membesar dan menekan kandung kemih.

  1. Merasa Kelelahan Terus Menerus

Jika anda selama ini merasa selalu berenergi dan tiba-tiba berubah menjadi orang yang mudah lelah seakan tenaga terkuras habis, maka mungkin hal ini disebabkan karena di dalam kandungan anda sudah berkembang sang buah hati.

Saat hamil, maka sudah pasti membuat intensitas serta rutinitas menjadi semakin berat. Hal ini dipicu karena tenaga yang dibutuhkan kini bertambah agar bisa menyeimbangkan dua tubuh di dalamnya.

  1. Rasa Mual Dan Muntah Yang Sering

Cara lainnya untuk melihat apakah anda hamil atau tidak adalah munculnya rasa mual dan muntah yang datangnya terlalu sering.

Gejala ini selalu datang pada wanita yang sedang hamil, meskipun munculnya di saat menjelang usia kehamilan 6 minggu. Meskipun tanda-tanda ini adalah asumsi jika anda sedang hamil, namun tak ada salahnya memeriksakan diri.

  1. Lebih Sensitif Terhadap bau

Sadari atau tidak, wanita yang sedang hamil bisa menjadi lebih sensitive terhadap bau. Beberapa wanita yang sedang hamil mungkin tidak menyadari perubahan pada indra penciuman mereka.

Jika anda tiba-tiba merasa mengalami peningkatan ketajaman penciuman dibandingkan hari-hari biasa, maka tidak menutup kemungkinan jika anda bisa saja sedang hamil.

  1. Peningkatan Suhu Tubuh

Saat masa kehamilan, tak jarang wanita hamil mengalami peningkatan suhu tubuh. Untuk mendeteksi hal ini, anda bisa mencoba menggunakan thermometer yang khusus digunakan untuk mengukur suhu tubuh basal.

Jika suhu basal tubuh anda meningkat mencapai 0.5 derajat celcius, maka sudah dapat dipastikan jika anda sedang mengalami kehamilan.

Meskipun peningkatan suhu tubuh tak hanya terjadi karena kehamilan, namun angka tersebut sudah menjadi pertanda yang di masa awal kehamilan.

  1. Berhentinya Menstruasi

Ciri-ciri ini sudah menjadi pertanda yang jelas jika anda sedang hamil. Saat dalam masa kehamilan, tentu saja wanita akan berhenti dari haid.

Namun pada kasus-kasus tertentu, berhentinya haid juga tidak selalu diakibatkan karena hamil. Bisa jadi dikarenakan faktor kondisi tubuh dan psikis yang sedang bermasalah.

Melakukan Tes dan Uji Kehamilan

Cara memastikan kehamilan

Cara memastikan kehamilan

Selain melihat ciri-ciri fisik dari wanita yang hamil, anda juga bisa memastikan kehamilan dengan cara melakukan uji-uji sederhana. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk memastikan kehamilan.

  1. Tes Urin

Anda bisa mencoba tes urin sebagai salah satu uji kehamilan. Tes kehamilan tersebut bisa menjadi sangat akurat untuk memastikan kehamilan. anda bisa mencoba mengumpulkan urin di dalam sebuah wadah dan biarkan selama kurang lebih 3-4 jam.

Jika muncul busa putih yang banyak di permukaan air seni, maka mungkin saja anda sedang hamil.

  1. Uji Pasta Gigi

Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk uji kehamilan. Metode ini bisa dicoba dengan mencampurkan pasta gigi dan urin dan beberapa tetes urin yang pertama.

Setelah itu biarkan beberapa menit. Jika terjadi perubahan pada pasta gigi yang berubah berbusa atau berwarna biru, maka kemungkinan anda sedang hamil.

  1. Uji Cairan Pemutih

Selain pasta gigi, anda juga bisa menggunakan cairan pemutih untuk memastikan kehamilan. Anda bisa menuangkan sampel urin anda ke cairan pemutih, jika kehamilan anda positif maka campuran tersebut akan berubah warna menjadi berbusa.

  1. Uji Dandelion

Cara lain untuk memastikan kehamilan dapat anda lakukan dengan menggunakan bunga dandelion.

Anda bisa mengambil beberapa lembar daun dandelion dan rendam di dalam utin anda, jika setelah 10 menit anda melihat adanya tanda merah pada daun tersebut, maka terdapat kemungkinan indikasi kehamilan pada diri anda.

  1. Uji Sabun

Uji ini juga cukup efektif digunakan untuk memastikan kehamilan. Anda bisa mengumpulkan sampel urin anda dan kemudian masukkan cairan sabun ke dalamnya.

Jika setelah itu muncul banyak gelembung dalam campuran tersebut, maka kehamilan anda mungkin saja positif.

  1. Tes Gula

Cara lainnya untuk memastikan kehamilan adalah dengan menggunakan tes gula.

Kumpulkan sampel urin anda dalam sebuah wadah dan kemudian tambahkan 2-3 sdm gula ke dalamnya. Jika gula tidak larut di dalam air seni anda, maka uji kehamilan adalah positif.

Cara-cara diatas memang efektif untuk dijadikan acuan dalam memastikan kehamilan. Namun untuk lebih tepatnya anda bisa menggunakan alat test pack untuk menguji kehamilan.

Anda dapat membelinya di apotek. Namun pastikan untuk membeli test pack yang tidak kadaluarsa, sehingga keakuratannya terpercaya.

Jika anda membeli testpack yang sudah kadaluarsa, maka bisa jadi hasil uji anda tidak terlalu akurat. Namun untuk lebih tepatnya lagi, anda dapat langsung memeriksakan diri ke dokter dan melakukan uji lab untuk mengetahui lebih pasti kondisi anda.

Memastikan Kehamilan Dengan Pengujian Hormon

Jadi setiap wanita normal akan selalu menghasilkan hormon progesteron dalam tubuhnya. Saat sedang hamil, produksi progesteron meningkat drastis.

Sehingga untuk memastikan kehamilan, biasanya dilakukan tes untuk mengetahui kadar progesteron dalam tubuh. Jika sangat banyak maka dapat dipastikan wanita tersebut tengah hamil.

Selain melakukan pengecekan kadar progesteron, tim medis juga bisa berpatkokan pada jumlah hormon prolaktin yang dihasilkan wanita.

Hormon prolaktin berkaitan dengan produksi Air Susu Ibu (ASI). Biasanya produksi hormon ini sangat besar dan diiringi dengan payudara yang semakin kencang dan membesar.

Cara lain pemeriksaan hormon untuk memastikan kehamilan adalah dengan mencari hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG). Hormon hanya terdapat pada tubuh wanita yang sedang hamil.

Meski kadarnya masih sangat sedikit para trimester pertama tapi sudah dapat dideteksi menggunakan alat tertentu. Produksi hormon HCG akan mencapai puncaknya pada usia kehamilan trimester ketiga.

Salah satu alat tes yang meneliti keberadaan hormon HCG adalah menggunakan test pack. Sementara cara lain melalui pemeriksaan darah dan tes hormon yang dilakukan oleh pihak medis.

Pengujian menggunakan test pack dilakukan dengan cara memeriksa urin di pagi hari. Hormon HCG sangat banyak berada dalam urin terutama urin pagi hari.

Memastikan Kehamilan Dengan Pemeriksaan USG

Salah satu cara paling akurat dalam memastikan kehamilan adalah menggunakan teknologi modern yang disebut Ultrasonografi (USG).

Cara kerja alat ini dengan memanfaatkan gelombang yang dipancarkan ke dalam perut wanita. Gelombang tersebut langsung menuju rahim wanita dan akan menghasilkan gema yang bisa ditangkap oleh alat USG dengan hasil sebuah data mengenai kondisi di dalam rahim wanita.

Setelah mengalami beberapa ciri kehamilan, wanita biasanya mengunjungi dokter yang lalu akan menawarkan pemeriksaan USG. Hasil tes akan memperlihatkan citra di dalam rahim.

Kelebihan alat ini adalah tidak hanya dapat memastikan kehamilan tetapi juga dapat memberikan data mengenai kondisi janin di dalam rahim serta usianya.

Alat ini juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan janin dan mendeteksi secara dini apakah janin memiliki risiko penyakit tertentu atau tidak.




Diantara semua jenis alat untuk memastikan kehamilan, USG adalah yang paling akurat dan direkomendasikan oleh para dokter. Selain itu alat ini juga tidak menimbulkan rasa sakit.

Kesimpulan

Sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter apakah sedang hamil atau tidak, sebaiknya Anda memahami apa yang sedang terjadi dalam diri anda, sebab terdapat beberapa gejala kehamilan yang bisa dirasakan oleh wanita.

Bila tanda kehamilan yang Anda rasakan didukung oleh hasil pemeriksaan dan tes kehamilan, maka Anda bisa berbahagia karena tidak lama lagi Anda akan menjadi seorang ibu.

Sekarang tiba saatnya Anda untuk mempelajari lebih banyak lagi apa apa yang harus dilakukan untuk tetap sehat selama masa kehamilan.

Demikian artikel singkat dari sehatki.com, semoga tulisan berjudul cara memastikan kehamilan ini bermanfaat.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

8 Comments


  1. april 20 March 2012
    • Tina Riduwan 22 January 2014
    • palahudun 13 May 2017
  2. nisa 30 September 2013
  3. alisia ayunda 17 April 2016
  4. nazarotul mutia 10 May 2016
  5. cici 20 July 2016
  6. Listajunia 12 February 2017

Leave a Reply