6 Cara Mengobati Kanker Serviks

Kanker serviks adalah sejenis kanker ganas yang hanya menyerang kaum wanita. Berdasarkan tingkat keparahan kanker, terdapat beberapa metode untuk mengobati kanker serviks.

Kanker ini biasanya disebabkan oleh virus papiloma yang masuk ke tubuh melalui hubungan seksual lalu menyebar ke seluruh sistem reproduksi.

Gejala kanker serviks yang paling umum adalah keputihan; Perdarahan vagina; kehilangan selera makan; kelelahan parah; nyeri panggul atau sakit punggung.

Meski kanker serviks menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kaum wanita, namun bila ditangani sejak dini peluang untuk sembuh cukup besar. Biasanya kanker serviks bisa ditemukan pada tahap sangat dini dengan menggunakan tes Pap smear.

Bila seorang wanita divonis terkena kanker serviks, ada beberapa pilihan pengobatan kanker yang serviks yang tersedia saat ini, baik itu secara medis maupun pengobatan alami.

Dan, saat bicara tentang bagaimana mengobati kanker serviks, pilihan metode pengobatan ditentukan sejumlah faktor, yaitu:

  • Faktor umur pasien.
  • Stadium kanker
  • Kondisi medis lain yang penderita hadapi.
  • Adanya harapan untuk mempunyai anak.

Beberapa Cara Medis Untuk Mengobati Kanker Serviks

Cara pengobatan setiap pasien, bisa jadi berbeda satu dengan lainnya. Namun, selalu ada cara untuk pulih dengan pengobatan yang tepat. Fakta di lapangan, penderita kanker serviks bisa pulih kembali.

Pilihan pengobatan kanker serviks bergantung pada stadium penyakit. Stadium kanker serviks menggambarkan ukurannya, kedalaman invasi (seberapa jauh ia telah tumbuh ke dalam leher rahim), dan seberapa jauh penyebarannya.

Mengobati kanker serviks dengan radiasi

Mengobati kanker serviks dengan radiasi

Berikut ini beberapa cara mengobati kanker serviks, secara medis dan tradisional:

  1. Operasi

Secara medis, untuk pengobatan wanita yang menderita kanker serviks langkah pertama yang akan ditawarkan adalah operasi pengangkatan rahim.

Prosedur ini dikenal dengan istilah histerektomi. Operasi pengangkatan ini, selanjutnya akan dilanjutkan dengan membersihkan bilaterial kelenjar di bagian panggul.

Histerektomi ini sendiri ada beberapa macam tingkatan, yaitu :

  • Histerektomi subtotal atau parsial
  • Histerektomi secara total
  • Histerektomi total bersama dalpingi-ooforektomi bilateral
  • Histerektomi radikal

Histerektomi merupakan pengorbanan yang sering jadi pilihan karena memang lesi kanker dapat dibersihkan dengan efektif dengan cara ini.

Hanya saja, efek yang perlu menjadi pertimbangan pasien adalah seperti mengalami gangguan ketika sedang melakukan buang air kecil setelah proses ini.

  1. Pelvic exenteration

Metode pengobatan ini juga merupakan pengobatan medis yang juga merupakan sebuah operasi besar. Biasanya dokter akan menyarankan prosedur ini, apabila kanker serviks yang sudah pernah diangkat muncul kembali.

Jenis operasi ini pada umumnya akan dokter lakukan kalau kanker muncul lagi di area panggul dan belum terjadi penyebaran ke daerah lainnya.

  1. Radio partikel

Metode pengobatan ini bisa menjadi pilihan. Perkembangan sel kanker akan dihambat, sehingga sel kanker tak dapat tumbuh secara leluasa. Sehingga aktivitas pasien tidak terganggu.

Sel-sel sehat lainnya di dalam tubuh juga tak akan terkena dampak apapun, jadi tak perlu khawatir. Melalui pengobatan ini pula diharapkan bahwa kegagalan dapat diminimalisir.

  1. Radioterapi kanker serviks

Metode ini merupakan cara yang sering dipilih oleh penderita kanker serviks, baik stadium awal maupun stadium akhir.

Sel-sel kanker yang sedang berkembang akan menjadi rusak, bahkan pembelahan selnya pasti digagalkan oleh radioterapi sehingga tak akan menyebar dengan cepat ke bagian yang lain.

  1. Kemoterapi Kanker

Kemoterapi juga metode pengobatan kanker yang selalu ditempuh oleh kebanyakan penderita kanker, termasuk juga pasien kanker serviks.

Bahkan metode ini kerap dikombinasikan dengan radioterapi demi efektivitas yang lebih tinggi dalam usaha penyembuhan kanker serviks.

Khusus penderita kanker serviks stadium 4 atau akhir, kemoterapi dapat menahan dan memperlambat penyebaran, serta gejala yang timbul dapat dikurangi.

Kanker bisa saja kembali setelah pengobatan dan disebut kanker kambuhan. Kanker dapat kembali secara lokal (di tempat dimana kanker pertama muncul atau di dekatnya, seperti serviks, rahim atau di dekat organ panggul.

Kanker serviks juga dapat kambuh kembali di daerah yang jauh (seperti paru-paru atau tulang).

Jika kanker kambuh di panggul saja, maka operasi ekstensif (eksterior pelvis) bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terkadang radiasi atau kemoterapi dapat digunakan untuk memperlambat pertumbuhan kanker atau membantu meringankan gejala, namun tidak bisa diharapkan dapat menyembuhkan kanker.

Gunakan Obat Tradisional Untuk Mengobati Kanker Serviks

Sarang semut untuk mengobati kanker serviks secara alami

Sarang semut untuk mengobati kanker serviks secara alami

Selain menggunakan metode medis seperti dijelaskan di atas, penderita kanker serviks juga bisa menambahkan metode pengobatan alternatif untuk mengobati kanker serviks yang diderita.

Berikut ini beberapa obat tradisional kanker serviks:

  1. Daun Belimbing

Selain upaya pengobatan medis, pengobatan dengan bahan alami bisa dicoba penderita kanker serviks. Dengan mengkombinasikan cara medis dan cara alami maka penyembuhan kanker serviks bisa lebih total.

Salah satu cara alami mengobati kanker serviks adalah dengan memanfaatkan daun belimbing. Cara mengolahnya pun cukup mudah.

Caranya:

  • Siapkan ½ genggam daun belimbing, daun bayam merah ½ genggam, daun cermai muda ½ genggam, daun pepaya muda ½ lembar, ditambah madu 2 sendok makan dan wortel berukuran 2 jari.
  • Cuci semua bahan, masukkan ke dalam panci lalu dituangi ½ gelas air matang.
  • Gilinglah seluruh bahan sampai benar-benar halus, lalu air boleh disaring dan ditambah dengan madu.

Minum sehari 1 gelas secara rutin, untuk membantu upaya pengobatan kanker serviks.

  1. Sarang Semut Papua

Sarang semut sudah lama digunakan orang untuk mengobati kanker serviks dan kanker jenis lainnya. Cara mengolah ramuan ini pun cukup sederhana.

Rebus sarang semut Papua, dan minum air rebusannya paling tidak 6 bulan untuk hasil yang terbaik : menyembuhkan kanker serviks dengan membunuh sel-sel kanker secara total.

  1. Kunyit Putih

Air rebusan kunyit putih diketahui sangat ampuh dalam mengatasi kanker serviks. Namun, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan pakar pengobatan herbal untuk mengetahui efek samping dan dampak dari penggunaan kunyit putih, terutama dalam jangka panjang.

  1. Daun Sirsak

Tak hanya kanker serviks, berbagai jenis penyakit bisa diatasi dengan menggunakan daun sirsak, seperti asam urat, rematik, nyeri sendi, hipertensi, bisul serta penyakit eksim.

Caranya: Rebus 3 lembar daun sirsak selama 20 menit. Setelah mendidih, saring airnya dan dinginkan lalu minum. Lakukan ini secara rutin.

  1. Tapak Dara

Rebus tapak dara dengan gula merah, kulit kayu pulasari dan buah adas, bersama air 3 gelas. Setelah mendidih air rebusannya disaring. Dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat, sehari 3 kali masing-masing ½ gelas.

Mencegah kanker serviks adalah cara terbaik agar terhindar dari penyakit ini. Sebab penyebab kanker serviks adalah virus yang menular dari satu orang ke orang lain, melalui aktivitas seks yang tidak aman.

Oleh karena ini, menjalani gaya hidup sehat dan setia pada pasangan adalah salah satu tips yang bisa diterapkan agar terhindar dari penyakit ini.

Demikian informasi singkat beberapa jenis cara mengobati kanker serviks, baik secara medis maupun secara alami dengan obat tradisional.

***
LADYFEM: Herbal Istimewa rekomendasi Dr Boyke. Mengatasi masalah kewanitaan seperti Keputihan, nyeri haid, kista, frigid, kurang gairah, dan cegah Kanker Serviks. Klik disini untuk order!

Loading...
Tags:

Leave a Reply