10 Makanan Sehat Untuk Ibu Setelah Melahirkan Agar Tubuh Tetap Sehat

Sudah merupakan hal yang wajar jika seorang Ibu merasa lemas dan berwajah pucat setelah menjalani proses melahirkan. Mengingat betapa rumitnya proses tersebut, ditambah lagi dengan banyaknya darah yang dikeluarkan saat melahirkan.

Sehingga untuk membuat kondisi tubuh Ibu kembali pulih pasca melahirkan, tentunya dibutuhkan waktu untuk beristirahat dan konsumsi makanan yang bergizi untuk mengganti tenaga dan darah yang terkuras saat melahirkan.

Sebenarnya, konsumsi makanan sehat pasca melahirkan sama pentingnya dengan makanan saat sedang mengandung yang telah lewat. Nutrisi dari makanan tersebut nantinya akan mempengaruhi tingkat energi ibu dan bayi secara langsung.

Untuk itulah, pastikan jumlah vitamin dan nutrisi yang diterima oleh ibu dan bayi cukup dan tidak kekurangan. Sebab bayi juga membutuhkan nutrisi dan gizi langsung dari Ibu.

Makanan sehat setelah melahirkan untuk Ibu dan bayi

Makanan sehat setelah melahirkan untuk Ibu dan bayi

Jenis-Jenis Makanan Sehat Setelah Melahirkan yang Wajib Dikonsumsi

Apa saja makanan-makanan sehat pasca melahirkan yang dapat memulihkan kesehatan dan kesegaran sang Ibu? Di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan sehat setelah melahirkan untuk Ibu muda.

  1. Produk Susu Rendah Lemak

Salah satu makanan bernutrisi dan sehat untuk ibu yang habis melahirkan adalah produk susu yang memiliki rendah lemak. Tak hanya mengandung protein saja, namun susu kaya akan vitamin B dan D serta kalsium yang sangat baik untuk tubuh ibu.

Jika ibu tersebut menyusui, maka kualitas dari ASI yang dihasilkan akan sangat baik terutama untuk pembentukan tulang anak.

Susu yang baik adalah yang memiliki rendah lemak. Jenis susu seperti ini memang sangat direkomendasikan untuk ibu yang telah melahirkan maupun sedang menyusui anaknya, sehingga anak akan tetap mendapatkan nutrisi terbaik dari ibu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi setidaknya 3 gelas susu setiap harinya.

  1. Ikan Salmon

Makanan terbaik lainnya untuk ibu yang habis melahirkan adalah ikan salmon ataupun jenis ikan berlemak lainnya yang memiliki kandungan yang kaya DHA. DHA adalah zat yang sangat penting untuk proses pengembangan syaraf bayi.

Meskipun ASI memiliki kandungan DHA, namun tingkat nutrisi DHA yang ada di dalam ikan salmon jauh lebih tinggi dibandingkan yang ada di dalam ASI.

Sehingga ibu bisa mendapatkan tambahan DHA dari ikan salmon yang dikonsumsinya. Jadi tak hanya baik untuk bayi saja, ikan salmon juga sangat baik untuk ibu.

Kandungan zat dalam ikan salmon dapat membantu memperbaiki mood ibu yang dapat mengurangi resiko terjadinya sindrom baby blues.

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ibu yang baru saja melahirkan tentu saja akan kehilangan banyak energi di dalam tubuhnya. Oleh karena itu Ibu tersebut tentu sangat membutuhkan tambahan energi agar dapat memulihkan kondisinya dengan cepat.

Salah satu hal yang juga perlu menjadi pertimbangan setelah melahirkan adalah kemungkinan sang Ibu kehilangan banyak darah yang dapat memicu terjadinya kekurangan zat besi di dalam tubuh.

Untuk itu sangat baik bagi ibu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi yang tinggi seperti daging sapi non lemak yang di dalamnya memiliki kandungan protein dan Vitamin B12 yang sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui.

Untuk mengonsumsi daging sapi ini sebaiknya menggunakan prinsip-prinsip food combining, terutama ketika mengkombinasikan daging sapi dengan makanan lainnya.

Misalnya mengkombinasikan daging dengan sayuran hijau, sehingga membuat sistem penceranaan menjadi lancar dan tak terhambat.

  1. Beras Merah

Makanan yang satu ini mungkin sangat baik untuk ibu yang baru saja melahirkan dan menginginkan berat badan kembali normal. Jika memang anda ingin menurunkan berat badan, pastikan jangan sampai mengurangi konsumsi karbohidrat Anda.

Jika  tubuh kehilangan berat badan dalam waktu yang cepat tentunya akan mempengaruhi produksi ASI dalam tubuh, yang ada nantinya malah membuat tubuh menjadi lesu.

Sehingga konsumsi karbohidrat yang sehat menjadi pilihan yang tepat seperti beras merah untuk dapat menjaga agar tingkat energi dalam tubuh tidak menurun.

  1. Telur

Kuning telur merupakan sumber vitamin  D alami yang berfungsi untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat serta membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang pada bayi.

Untuk itu bagi ibu-ibu yang habis melahirkan, sangat baik mengonsumsi telur secara rutin untuk memenuhi konsumsi protein harian.

Setidaknya konsumsilah 2 butir telur dalam satu harinya. Anda bisa mencampurnya dengan susu hangat. Lakukan kebiasaan seperti ini rutin selama 1 bulan, maka kondisi tubuh yang lemas setelah melahirkan dapat pulih dengan cepat.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah jenis telur yang memiliki kandungan DHA tinggi sehingga dapat meningkatkan asam lemak essensial dalam produksi ASI anda.

Jika anda tidak ingin mengkonsumsi dengan cara seperti itu, anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dibuat telur dadar dan dikonsumsi untuk makan siang dan makan malam anda.

  1. Kacang-Kacangan

Makanan sehat lainnya untuk ibu setelah melahirkan dan menyusui adalah kacang-kacangan. Beberapa ibu biasanya juga mengkonsumsi bubur kacang hijau yang memiliki manfaat meningkatkan kualitas ASI.

Makanan tersebut akan sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh serta meningkatkan kuantitas ASI yang dihasilkan.

Kandungan di dalam makanan tersebut juga akan membantu proses pemulihan ibu menjadi lebih cepat sehingga ibu dapat kembali bugar dan sehat setelah melahirkan.

  1. Almond

Almond adalah salah satu makanan sehat setelah melahirkan yang tidak boleh dilewatkan oleh para Ibu-Ibu muda.

Almond memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, mulai dari magnesium, potassium, kalsium, karbohidrat, zinc, serat, vitamin B12 dan vitamin E.

Almond memiliki khasiat yang sangat baik untuk ibu setelah melahirkan karena dapat membantu proses pemulihan setelah melahirkan.

  1. Roti Gandum

Asam folat memiliki manfaat yang baik untuk proses perkembangan bayi mulai dari masa awal kehamilan. Selain itu, asam folat juga sangat penting bagi bayi di masa pertumbuhan. Untuk itu pastikan jika kandungan asam folat di dalam ASI tercukupi.

Untuk mendapatkan asam folat tambahan, anda bisa mengonsumsi roti gandum setiap hari. Selain itu roti gandum juga memiliki kandungan baik lainnya seperti zat besi dan serat yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu.

  1. Jeruk

Buah jeruk memang dikenal akan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi, dimana vitamin inilah yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Bahkan kebutuhan akan vitamin C untuk ibu hamil lebih tinggi dibandingkan orang lain pada umumnya.




Karena manfaatnya yang sangat besar, jeruk juga dinobatkan sebagai salah satu makanan sehat setelah melahirkan yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk langsung ataupun diolah dalam bentuk jus buah.

  1. Blueberry

Mengonsumsi buah-buahan setelah melahirkan memang sangat baik dan direkomendasikan, terutama buah blueberry. Setidaknya konsumsilah 1-2 gelas jus segar blueberry secara rutin setiap harinya.

Kandungan buah blueberry sangat tepat karena kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk membuat tubuh tetap sehat dan berenergi.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat pasca melahirkan, tidak hanya baik untuk ibu saja namun juga bermanfaat bagi bayi terutama saat masa-masa menyusui.

Selain makanan diatas, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Sehingga produksi ASI akan tetap baik dan tidak akan kekurangan.

Demikian beberapa jenis makanan sehat setelah melahirkan yang direkomendasikan untuk Ibu. Jika perlu konsultasikan ke dokter untuk saran-saran makanan yang diperbolehkan dan dihindari setelah melahirkan.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply