27 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Wajib Diketahui Setiap Pasutri

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa ciri orang hamil adalah telat datang bulan. Padahal haid yang terlambat datang tidak selalu merupakan pertanda wanita hamil, meskipun memang merupakan ciri ciri kehamilan yang umum.

Mengetahui kehamilan dari seorang wanita adalah pekerjaan yang cukup susah. Bagi mereka yang tidak pernah mengalami kehamilan, perubahan kecil yang ada dalam dirinya tidak akan begitu terasa.

Ciri kehamilan pada wanita

Ciri kehamilan pada wanita

Beda halnya dengan wanita yang sudah pernah hamil, biasanya mereka sudah dapat mengenali ciri-ciri kehamilannya, baik itu secara fisik maupun psikis.

Meskipun terdapat serangkaian tanda yang bisa dirasakan, hanya dokter yang dapat memastikan kehamilan pada wanita. Jadi meskipun telah mengalami ciri-ciri seperti yang dijelaskan di bawah ini, seorang calon Ibu mesti tetap memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk memastikan kehamilannya.

Untuk lebih memahami ciri-ciri kehamilan yang muncul secara fisik dan psikis, berikut ini ulasan singkat mengenai tanda kehamilan pada wanita.

1. Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Fisik

Setelah pembuahan berhasil dilakukan, wanita akan mengalami beberapa perubahan hormon di dalam tubuhnya, yang secara langsung mempengaruhi kondisi fisik dan psikisnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik wanita sedang hamil yang perlu diketahui.

  1. Perubahan pada Payudara

Salah satu tanda wanita hamil yang paling mudah dilihat dan dirasakan oleh wanita adalah perubahan pada payudaranya.

Pada minggu-minggu awal kehamilan, payudara seorang wanita akan mulai menggembung lebih besar. Biasanya baju dan juga baju dalam akan mulai tidak cukup menampung payudara yang sudah bersiap menghasilkan air susu.

Meski mengalami penggembungan, payudara seorang wanita tidak akan mengeras. Saat dipegang akan terasa lebih empuk dari biasanya dan sakit. Ciri fisik ini hanya muncul pada wanita yang baru pertama kali hamil atau mereka yang tidak menggunakan alat kontrasepsi berupa pil.

  1. Area Areola Payudara Menjadi Lebih Gelap

Salah satu ciri fisik orang hamil adalah areola atau puting susu berubah warna. Areola adalah area gelap di sekitar puting yang digunakan bayi untuk menghisap air susu ibu.

Saat wanita hamil, area itu juga bersiap menyambut bayi. Secara bertahap areola akan menjadi lebih gelap warnanya dan akan kembali lagi ke warna normal setelah wanita selesai melahirkan bayinya.

  1. Mengalami Spotting (Flek)

Ciri orang hamil yang paling umum dirasakan wanita adalah munculnya flek mirip haid, tepatnya pada hari ke-5 hingga 10 setelah kehamilan, wanita akan mengalami spotting.

Yang dimaksud dengan spotting adalah menstruasi yang tidak terlalu banyak. Vagina masih mengeluarkan darah, tapi jumlahnya tidak banyak seperti saat menstruasi normal setiap bulannya. Penyebab dari spotting atau pendaran kecil pada wanita adalah masuknya sel telur yang telah dibuahi ke dalam uterus.

Tanda spotting ini kerap tidak terlihat oleh wanita karena mereka menganggap hanya mengalami menstruasi ringan. Akibatnya, mereka baru tahu hamil setelah janin berusia lebih dari 4-6 minggu.

  1. Sering Buang Air Kecil dan Mengalami Sembelit

Saat mengalami kehamilan, uterus akan menekan kandung kemih secara langsung dan terus menerus. Keadaan ini memicu seorang wanita mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil meski tidak minum banyak air. Keadaan ini cukup mengganggu terutama saat malam karena waktu istirahat yang berharga akan terganggu.

Karena tubuh terus membuang air secara berkala, wanita juga mengalami sembelit. Mereka akan susah buang air besar sehingga sangat disarankan banyak mengonsumsi serat setiap hari setelah mengetahui dirinya mengalami kehamilan.

  1. Gampang Lelah Setiap Saat

Ciri hamil yang umum adalah perasaan gampang lelah. Proses tumbuh dan kembang janin mulai dari telur hingga akhirnya memiliki plasenta dan organ lain membutuhkan banyak energi. Dan kebutuhan akan energi tersebut tentu disuplai dari Ibu.

Pada trimester pertama, wanita akan mengalami lelah yang berlebihan. Mereka tidak akan mampu melakukan banyak kegiatan berat. Fase ini sangat krusial sehingga begitu tahu hamil, seorang wanita harus segera meningkatkan angka kecukupan gizinya.

  1. Mudah Muntah

Mual dan muntah adalah tanda-tanda wanita hamil yang bisa terlihat secara langsung. Sekitar 80% wanita mengalami muntah di pagi hari saat trimester pertama kehamilan. Setiap hari, setelah bangun tidur hingga menjelang siang, mereka akan terus merasa mual begitu mencium bau tertentu atau melihat sesuatu.

Gejala ini disebut morning sickness, terjadi akibat produksi hormon human chorionic gonadotrophin (hCG). Keadaan ini akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Saat wanita terus mengalami muntah, dia harus mencukupi banyak kebutuhan gizinya yang kadang ikut keluar.

  1. Hidung Berfungsi Melebihi Batas

Ciri wanita hamil lainnya adalah kemampuan daya cium hidung meningkat berkali-kali lipat. Hidung seorang wanita hamil sangat sensitif. Mereka bisa mengenali aneka bau dengan cepat dan meresponsnya dengan cepat pula.

Seorang wanita akan tahu kalau suaminya habis makan sesuatu atau habis merokok. Kadang, wanita akan meminta suaminya gosok gigi agar bau yang keluar tidak membuat mereka jadi muntah.

  1. Pusing yang Berlebih

Selain mengalami mual dan juga muntah setiap pagi, wanita yang sedang hamil juga mengalami pusing yang berlebihan. Beberapa dari wanita yang mengalami pusing sampai tidak kuat sehingga harus minum obat agar bisa beristirahat.

Rasa pusing ini disertai dengan tubuh yang lemas dan kadang detak jantung berdetak dengan lebih cepat. Jika wanita sudah mengalami hal ini, tanda-tanda hamil sudah semakin jelas terlihat sehingga mereka tidak perlu khawatir. Pun rasa pusing akan hilang seiring dengan berkembangnya janin di dalam tubuh.

  1. Menstruasi Terlambat Datang

Telat datang bulan adalah ciri orang hamil yang paling mudah dirasakan, wanita biasanya akan langsung sadar kalau mereka telat haid dan curiga sedang hamil, apalagi jika selama ini siklus menstruasi yang dimiliki selalu datang teratur.

Biasanya wanita yang mengalami keterlambatan datang bulan selama beberapa minggu akan segera memeriksakan diri atau menggunakan alat pengecek kehamilan instan.

  1. Kram pada Perut

Ada dua penyebab mengapa wanita mengalami kram atau rasa sakit berlebihan di perutnya. Pertama adalah karena PMS dan yang kedua adalah hamil.

Gejala ini memang sulit untuk dibedakan karena rasanya sama-sama sakit. Wanita tidak akan tahu apakah rasa sakit itu terjadi karena uterus siap menerima janin atau karena akan menstruasi.

Ciri-ciri orang hamil

Tanda dan ciri orang hamil muda

2. Ciri Psikis Orang yang Sedang Hamil

Selain memiliki tanda-tanda fisik, wanita hamil juga memiliki beberapa ciri psikis yang khas saat sedang hamil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri psikis atau perubahan emosi yang dialami oleh wanita yang mengalami kehamilan.

  1. Gelisah

Wanita yang mengalami kehamilan kerap gelisah di malam hari atau saat sedang sendirian. Mereka akan mendadak merasa takut sehingga harus ditemani oleh suami atau orang tua.

Gelisah adalah salah satu ciri psikis orang hamil yang jarang diketahui. Kalau seorang istri mendadak sering merasakan hal-hal seperti ini padahal biasanya tidak, segera cek kehamilan, siapa tahu janin sudah berusia beberapa minggu.

  1. Mood Sering Berubah

Selain mengalami gelisah dan kadang berakhir seperti depresi, wanita hamil juga kerap mengalami perubahan mood atau emosi. Mereka tidak akan sadar kalau mendadak marah, sedih, atau bahkan gembira tanpa sebab.

Saat pembuahan berhasil dilakukan terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Keadaan hormon tubuh yang naik dan turun membuat wanita tidak bisa mengontrol emosinya.

  1. Terobsesi dengan Makanan Tertentu

Ciri psikis terakhir yang menjadi tanda wanita sedang hamil adalah keinginan untuk makan sesuatu yang tidak bisa ditahan. Kejadian ini sering dinamai ngidam sehingga suami kerap rela mencarikan apa saja yang diinginkan oleh istrinya.

Ngidam adalah salah satu ciri orang hamil yang sudah umum diketahui dan dimaklumi orang. Biasanya wanita yang hamil suka dengan sesuatu yang memiliki rasa asam seperti mangga muda, kedondong, atau buah masam lainnya.

3. Tanda-Tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid

Ciri kehamilan sebelum telat haid terakhir

Ciri kehamilan sebelum telat haid terakhir

Jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, maka kemungkinan Anda hamil cukup tinggi. Kehamilan bisa diketahui dengan menggunakan alat tes kehamilan, atau bisa juga dengan mengamati tanda-tandanya.

Tanda kehamilan yang paling jelas tentu saja adalah telat haid. Namun, tahukah Anda bahwa tanda awal kehamilan sebelum telat haid juga bisa dikenali? Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini dalam beberapa hari setelah melakukan hubungan seksual, maka bisa jadi Anda sedang hamil.

  1. Kenaikan suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh normal seorang wanita biasanya berada antara 35,5-36OC. Setelah ovulasi, suhu tubuh naik konstan ±0,5OC.

  1. Bercak darah implantasi

Darah implantasi akan muncul seminggu sebelum menstruasi jika siklus menstruasi Anda 28 hari (hari ke 20-24 dari hari pertama terakhir haid).  Jika siklus menstruasi kurang/lebih dari 28 hari, maka darah implantasi muncul 6-12 hari dari hari ovulasi (rata-rata 9 hari).

  1. Nyeri Payudara

Nyeri payudara juga dialami wanita menjelang haid. Namun, pada wanita hamil payudara terasa membesar, lembut, nyeri, puting lebih mencuat, serta bagian areola lebih gelap.

  1. Kram Perut

Kram perut karena hamil cenderung lebih ringan dibandingkan kram perut menjelang menstruasi. Kram perut karena hamil biasanya juga disertai dengan bercak darah implantasi berwarna merah muda.

  1. Sangat kelelahan padahal melakukan aktivitas seperti biasa

Produksi darah, detak jantung, dan metabolisme saat hamil meningkat akibat perubahan hormon sehingga tubuh terasa cepat lelah.

  1. Semakin sering buang air kecil dan susah buang air besar

Peningkatan hormon progesteron menyebabkan makanan dicerna lebih lambat di usus sehingga menyebabkan susah buang air besar. Kadar HCG pada wanita hamil meningkat 2 kali lipat setiap 2-3 hari, menyebabkan kandung kemih cepat penuh sehingga frekuensi buang air kecil meningkat.

  1. Pusing, mual, dan kembung

Perubahan hormon menyebabkan pusing, mual, dan kembung. Sayangnya, tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid ini sangat umum sehingga dianggap masuk angin saja.

  1. Tidak nafsu makan

Mulut Anda mungkin mengecap rasa logam akibat perubahan hormon saat hamil. Ditambah dengan mual dan kembung, nafsu makan menjadi rendah.

Indikasi Lain

Jika Anda melakukan tes urine sebelum telat haid dan menunjukkan hasil positif, maka kemungkinan besar Anda memang hamil. Sayangnya, hasil positif ini bisa berindikasi lain, diantaranya cara pemakaian testpack tidak sesuai prosedur, hamil anggur, hamil kosong, dan lain-lain.

Jika Anda cukup yakin dengan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid, lakukanlah tes ke dokter untuk mengetahui kehadiran janin dengan pasti.

4. Ciri Wanita Hamil 1 Hari

Ciri hamil 1 hari

Ciri hamil 1 hari

Setelah berhubungan badan, sperma akan segera membuahi sel telur. Jika pembuahan terjadi dengan lancar akan terjadi perubahan pada sel telur hingga akhirnya berkembang jadi janin. Pasca pembuahan biasanya 1-2 hari, wanita akan mengalami cukup banyak perubahan pada dirinya meski gejala itu tidak tampak dengan jelas.

Ciri-ciri awal kehamilan adalah adanya kram pada perut. Kram yang terjadi 2 minggu atau lebih sebelum menstruasi adalah sesuatu yang tidak wajar. Normalnya, seseorang akan mengalami PMS sekitar satu minggu sebelum tanggal menstruasi datang.

Selain mengalami kram pada perut, tanda awal kehamilan lainnya adalah mengalami kepayahan pada tubuhnya. Perubahan energi pada tubuh akan terlihat dengan jelas sehingga wanita yang sudah berpengalaman biasanya segera paham bila tengah hamil.

Terakhir, wanita yang mengalami kehamilan di minggu awal juga mengalami rasa pusing meski belum sampai pada tahap mual dan juga muntah-muntah. Tanda ini kadang diacuhkan sebab dianggap sebagai tanda penyakit flu biasa saja.

5. Ciri Orang Hamil 1 Bulan

Perubahan tubuh pada wanita yang mengalami kehamilan akan terus berlanjut mulai dari hari pertama. Pada minggu keempat atau bulan pertama kehamilan, wanita akan mengalami hal-hal di bawah ini.

  1. Perut Terasa Membesar

Memasuki minggu keempat kehamilan, perut akan terasa sangat besar meski wanita tidak makan terlalu banyak. Meningkatnya hormon progesteron akan membuat wanita tidak nyaman dengan pakaian ketat sehingga lebih memilih pakaian yang longgar beserta celananya.

  1. Kram Kecil pada Perut

Kram pada perut adalah salah satu ciri orang hamil, kram akan terus terjadi pada wanita sejak awal kehamilan hingga minggu keempat. Namun, frekuensi dan rasa sakitnya akan mulai berkurang. Jika rasa sakit yang dialami oleh wanita terus berlanjut hingga rasanya tidak bisa ditahan, mereka harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

  1. Mengalami Spotting

Spotting atau keluarnya sedikit darah pada vagina masih terus terjadi pada minggu keempat. Biasanya, frekuensi dan juga kuantitas cairan yang keluar akan semakin sedikit. Wanita yang mengalami spotting tidak perlu khawatir karena hal ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama.

  1. Mual dan Muntah di Pagi Hari dan Gampang Lelah

Wanita akan kerap mengalami morning sickness pada minggu keempat kehamilan. Biasanya setelah bangun tidur, mereka akan mengalami pusing yang mual yang berlebih dan akhirnya muntah-muntah. Jangan khawatir sebab ini adalah ciri hamil yang khas dan biasa terjadi.

Tubuh wanita juga akan mudah lelah tanpa melakukan apa-apa. Penyakit yang muncul di pagi hari ini akan hilang menjelang siang dan tidak akan muncul lagi sejalan dengan umur dari janin.

  1. Emosi Sering Berubah

Emosi seorang wanita yang mengalami kehamilan empat minggu akan terus berubah. Mereka akan kerap mendadak marah, senang, atau sedih dengan cepat. Hal ini wajar dan orang di sekelilingnya seperti suami harus sadar dengan keadaan ini karena merupakan tanda kehamilan normal yang patut disyukuri.

  1. Rasa Sakit pada Payudara

Ciri orang hamil 1 bulan adalah payudara akan membesar, tidak terlalu keras, dan sakit ketika dipegang. Hal ini wajar pada awal kehamilan karena tubuh sedang bersiap menyambut bayi yang akan mendapatkan air susu.

6. Bagaimana Memastikan Kehamilan?

Memastikan kehamilan dengan tes urin

Memastikan kehamilan dengan tes urin

Kalau tubuh sudah memiliki tanda dan ciri-ciri khas seperti payudara yang mendadak sakit serta membesar, sering terjadi kram perut, mudah lelah, dan menstruasi terlambat, wanita harus memastikan dirinya apakah hamil atau hanya masalah kesehatan biasa.

Untuk memastikan kehamilan, wanita bisa melakukannya dengan dua cara di bawah ini.

  1. Alat Tes Kehamilan

Apotek sudah banyak menjual aneka alat tes kehamilan yang biasanya berupa kertas atau stik yang akan berubah warna atau menunjukkan setrip satu atau dua. Cara pengetesan kehamilan dengan alat ini dilakukan dengan mencelupkan alat itu ke dalam urine yang mengandung HCG.

Kandungan HCG muncul saat wanita hamil dan bisa dideteksi dengan alat tes kehamilan secara instan. Setelah mencelupkan alat itu, wanita akan tahu apakah dirinya hamil atau tidak dari setrip yang dimunculkan stik.

  1. Dibawa ke Dokter

Untuk lebih memastikan lagi apakah seorang wanita hamil atau tidak, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Di sana akan ada banyak alat untuk memeriksa kehamilan dengan sangat detail. Bahkan, dokter bisa memperkirakan umur dari janin dan kapan akan melahirkan jika usia janin sudah dewasa.

Dokter yang memeriksa biasanya akan menggunakan metode USG (Ultrasonografi). Metode ini sangat efektif untuk mengetahui apakah ada janin dalam kandungan wanita atau tidak.

Inilah ciri-ciri kehamilan yang dialami oleh wanita sejak hari pertama kehamilan hingga akhirnya melahirkan. Semoga bisa membantu Anda untuk memahami tanda kehamilan.

7. Kuis Kehamilan

Meskipun telah mengetahui ciri-ciri orang hamil seperti dijelaskan di atas, kebanyakan wanita masih ragu, Apakah sedang hamil atau tidak? Sebelum anda melakukan tes kehamilan, ada baiknya anda menjawab kuisioner kehamilan yang telah kami siapkan untuk Anda.

Silahkan download kuisioner tersebut disini. Lalu jawab dengan jujur sesuai dengan apa yang Anda rasakan setiap pertanyaan dalam kuisioner tersebut.

Untuk memastikan kehamilan anda tetap perlu melakukan tes kehamilan, baik itu dilakukan sendiri maupun dengan bantuan dokter atau bidan. Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis yang dapat memeriksa kesehatan anda dan janin dalam kandungan.

Ciri-ciri orang hamil seperti dijelaskan di atas bersifat kasustik, artinya ciri tersebut tidak selalu sama pada semua wanita. Jadi satu wanita tidak memiliki ciri dan tanda kehamilan yang sama dengan wanita lainnya. Tapi meskipun demikian, ciri-ciri orang hamil di atas adalah gambaran umum yang paling sering dialami kaum wanita saat sedang hamil.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

608 Comments


  1. anto 12 Februari 2011
    • Admin 12 Februari 2011
      • dy 27 April 2011
      • chim 23 November 2011
      • jacob 16 Mei 2012
      • ani 28 Agustus 2012
        • ani 28 Agustus 2012
    • ade 3 Juli 2011
      • Michele 13 Juli 2011
      • rika 20 Desember 2011
        • endog 15 Agustus 2012
    • phiphi 31 Juli 2011
      • Cici 4 November 2011
        • kiki 3 Februari 2012
        • sary 29 Februari 2012
      • rika 20 Desember 2011
    • tania 7 September 2011
      • Anink 25 Juni 2012
    • ria 11 September 2011
    • Andrean Victor 25 Oktober 2011
    • andre 15 Februari 2012
    • Dian 13 Mei 2016
    • she 7 Juni 2016
  2. edo 15 Februari 2011
  3. sohib 25 Februari 2011
    • Admin 25 Februari 2011
      • Nurul 13 Juli 2011
  4. lara 26 Februari 2011
    • Admin 26 Februari 2011
  5. encep badrusalam 28 Februari 2011
    • Admin 1 Maret 2011
  6. hanna 1 Maret 2011
  7. defri 1 Maret 2011
    • radiet 19 April 2011
    • s.a.p.a.ge 5 September 2011
    • jossback 11 November 2011
      • punkrockgirl 29 Maret 2012
  8. Sinta 1 Maret 2011
    • sherry 5 Juni 2011
    • baim 10 April 2016
  9. lala 2 Maret 2011
    • dr sex baik hati 10 Juli 2012
  10. fina 5 Maret 2011
  11. gyna 6 Maret 2011
    • ayu 3 Februari 2012
    • Anink 25 Juni 2012
  12. dd 7 Maret 2011
  13. Andre 7 Maret 2011
    • lala 30 April 2011
  14. kumara 9 Maret 2011
    • dewo 31 Mei 2011
      • khecil 29 Juni 2013
  15. aris 10 Maret 2011
    • dz 12 Desember 2011
  16. hendri 10 Maret 2011
    • veby 3 Juli 2011
      • chye 28 Juli 2011
  17. afri 10 Maret 2011
  18. bayotanusatriabiru ramadhani amirilanu 10 Maret 2011
    • IM doctor 18 Juli 2011
      • marchelina 8 Agustus 2011
    • vilovera 11 September 2011
    • pendi 7 Maret 2012
  19. rara 12 Maret 2011
  20. Lusi 13 Maret 2011
  21. likin 14 Maret 2011
  22. Kartika 16 Maret 2011
  23. yana 19 Maret 2011
    • Wira 10 Juni 2011
      • tita 17 Juni 2011
  24. yuni 20 Maret 2011
    • luqman 28 Maret 2011
      • radiet 19 April 2011
  25. Ayu 20 Maret 2011
    • Ncie 24 Maret 2012
  26. evi 20 Maret 2011
  27. toni 22 Maret 2011
  28. lina 22 Maret 2011
    • aza 18 Juni 2011
  29. tony 23 Maret 2011
  30. Pia 24 Maret 2011
  31. ophe 27 Maret 2011
  32. vika.. 1 April 2011
  33. Jeren 1 April 2011
    • nilan 11 Februari 2013
  34. sisel 3 April 2011
  35. Ayie 4 April 2011
  36. Arey 9 April 2011
    • Ansh4ra5 9 April 2011
    • Pondri 12 September 2011
    • aku 18 Maret 2012
  37. wahyudianto 10 April 2011
    • Ansh4ra5 10 April 2011
    • tree 21 April 2011
  38. sinta 11 April 2011
    • Admin 18 April 2011
  39. linda 12 April 2011
    • Admin 18 April 2011
  40. asmono aljenar 13 April 2011
  41. rose 13 April 2011
    • kelvin 3 November 2011
  42. adi 14 April 2011
  43. Anis 14 April 2011
  44. nesa 15 April 2011
    • henry 20 April 2011
  45. Pranata 15 April 2011
    • henry 20 April 2011
      • mushi 17 Mei 2011
    • Pondri 12 September 2011
  46. adi 15 April 2011
  47. angel 19 April 2011
    • anggi 23 April 2011
    • IM doctor 18 Juli 2011
      • wiwid 10 April 2012
  48. iyan 21 April 2011
    • nanie 29 April 2011
    • trymurty 11 Juni 2012
  49. poery 21 April 2011
  50. lung 23 April 2011
  51. yaya tore 24 April 2011
  52. prabu faisal 25 April 2011
  53. eyat 26 April 2011
  54. teguh 26 April 2011
  55. silva 27 April 2011
    • Jami 4 Mei 2011
  56. shelby 28 April 2011
    • Admin 28 April 2011
      • anca 9 Juni 2011
  57. ibnu 29 April 2011
  58. febri 29 April 2011
  59. gusty 29 April 2011
  60. Citra 1 Mei 2011
  61. aprilia 1 Mei 2011
  62. fino 1 Mei 2011
  63. Yanti 1 Mei 2011
  64. uum 1 Mei 2011
    • cita gina 2 Mei 2011
  65. giesa20 4 Mei 2011
  66. Ayu 4 Mei 2011
    • vilovera 11 September 2011
      • pita 3 Januari 2012
  67. febry 4 Mei 2011
  68. ihu 4 Mei 2011
    • dokter SEX 11 Mei 2011
    • trymurty 11 Juni 2012
  69. Fitri 4 Mei 2011
  70. Yenny 5 Mei 2011
    • faima 11 Juni 2016
  71. Ajex 5 Mei 2011
  72. Widi 7 Mei 2011
  73. Ibnu 7 Mei 2011
  74. Naya 10 Mei 2011
  75. Miel 10 Mei 2011
  76. RR 12 Mei 2011
    • seins 27 Desember 2011
  77. faisal 12 Mei 2011
  78. reinita 13 Mei 2011
  79. dede 14 Mei 2011
  80. chacha 14 Mei 2011
    • seins 27 Desember 2011
  81. Ndoe 18 Mei 2011
  82. arif 19 Mei 2011
    • bocah ababil 25 Oktober 2011
  83. Dedi 22 Mei 2011
    • seins 27 Desember 2011
  84. Tari 23 Mei 2011
  85. Rey 23 Mei 2011
  86. irfan 23 Mei 2011
    • Derhan 2 September 2011
    • seins 27 Desember 2011
  87. riri 24 Mei 2011
  88. vie 25 Mei 2011
  89. Widia 26 Mei 2011
  90. Jerey 26 Mei 2011
  91. vina 27 Mei 2011
  92. ddg 27 Mei 2011
  93. wandi 27 Mei 2011
  94. cathy 28 Mei 2011
  95. kiki 28 Mei 2011
    • soya 12 Juni 2012
  96. lili 29 Mei 2011
  97. lll 29 Mei 2011
  98. septi 30 Mei 2011
  99. yuni 1 Juni 2011
    • yuni 6 Juni 2011
  100. vian 2 Juni 2011
  101. yayat 3 Juni 2011
  102. nuris 3 Juni 2011
    • arif 4 Juni 2011
  103. Sinta 6 Juni 2011
  104. Muna 6 Juni 2011
    • Admin 6 Juni 2011
      • randy 30 Juni 2011
  105. chaca 7 Juni 2011
  106. chacania 7 Juni 2011
  107. agnes 8 Juni 2011
  108. yuni 9 Juni 2011
  109. khenzhoo 9 Juni 2011
  110. Sella 9 Juni 2011
    • Andika 9 Juni 2011
    • abah yeuh 1 Januari 2012
  111. mamet 9 Juni 2011
    • joko 16 Juni 2011
  112. fitri 10 Juni 2011
  113. Sella 10 Juni 2011
  114. aiai 11 Juni 2011
  115. Joni 13 Juni 2011
  116. chellllll 17 Juni 2011
  117. agek 17 Juni 2011
  118. edwin 18 Juni 2011
    • ichank 18 Juni 2011
  119. andi 19 Juni 2011
  120. sella 18 Juni 2011
    • Pondri 12 September 2011
    • Ansh4ra5 6 April 2013
  121. amalya 19 Juni 2011
  122. dea 19 Juni 2011
    • dedek 3 Juli 2011
  123. Muna 21 Juni 2011
  124. sabria cruso 22 Juni 2011
  125. rully 22 Juni 2011
  126. tito 23 Juni 2011
  127. ayoe 25 Juni 2011
  128. hendra 25 Juni 2011
  129. Tika 25 Juni 2011
  130. nhebot 26 Juni 2011
    • dhani 6 Juli 2011
  131. anggita 27 Juni 2011
  132. Yuli 27 Juni 2011
    • Bambank 25 Januari 2012
  133. hendra 28 Juni 2011
  134. sy 30 Juni 2011
  135. elok 30 Juni 2011
  136. hepi 30 Juni 2011
  137. Toke 30 Juni 2011
  138. Toke 30 Juni 2011
  139. anto 30 Juni 2011
    • anisa 26 Oktober 2011
  140. Adjus 1 Juli 2011
  141. anugrah.roby@gmail.com 1 Juli 2011
    • viirlyann 8 Juli 2011
    • viirlyann 8 Juli 2011
    • viirlyann 8 Juli 2011
  142. santi 3 Juli 2011
  143. Ifa 5 Juli 2011
  144. rhim 5 Juli 2011
  145. novha 5 Juli 2011
  146. nur 5 Juli 2011
    • Admin 6 Juli 2011
  147. caroline 5 Juli 2011
  148. dhani 6 Juli 2011
  149. riant 6 Juli 2011
  150. edy 8 Juli 2011
  151. heri 8 Juli 2011
  152. viirlyann 8 Juli 2011
  153. Mutya 8 Juli 2011
  154. Meida 9 Juli 2011
  155. bunda 9 Juli 2011
    • fey 19 Juli 2011
  156. harvany 10 Juli 2011
  157. yulina 11 Juli 2011
  158. IRA 12 Juli 2011
  159. endra 12 Juli 2011
  160. fanyagarra 13 Juli 2011
  161. titi 14 Juli 2011
  162. Rina 14 Juli 2011
  163. delta 14 Juli 2011
  164. Bunga 15 Juli 2011
  165. rizal 16 Juli 2011
    • bintang 23 Juli 2011
  166. Han 16 Juli 2011
  167. edit 17 Juli 2011
  168. yohana 17 Juli 2011
  169. fey 19 Juli 2011
  170. cinta 19 Juli 2011
    • bintang 23 Juli 2011
  171. zha chupu 22 Juli 2011
  172. arif 23 Juli 2011
  173. bintang 23 Juli 2011
  174. vans 25 Juli 2011
  175. nunik 26 Juli 2011
  176. Rifanny Nanda F 27 Juli 2011
  177. rina 28 Juli 2011
  178. alina 30 Juli 2011
  179. Uden 31 Juli 2011
  180. qq 31 Juli 2011
  181. intan 31 Juli 2011
  182. rosi 1 Agustus 2011
  183. setia 2 Agustus 2011
  184. adit 3 Agustus 2011
  185. yuda 4 Agustus 2011
  186. aan 4 Agustus 2011
  187. dika 4 Agustus 2011
  188. Echa 5 Agustus 2011
    • Renni sibuea 30 Mei 2016
  189. donna 5 Agustus 2011
  190. neng nuryanti 6 Agustus 2011
  191. aie 6 Agustus 2011
  192. Rizky 6 Agustus 2011
  193. kl 6 Agustus 2011
  194. chelvi 6 Agustus 2011
  195. zodiac 8 Agustus 2011
  196. siska 10 Agustus 2011
  197. Fanny 10 Agustus 2011
    • U n v 9 September 2011
    • U n v 9 September 2011
      • Pondri 13 September 2011
    • Pondri 13 September 2011
  198. Inur 11 Agustus 2011
  199. anita 15 Agustus 2011
  200. Wan 16 Agustus 2011
  201. dena 16 Agustus 2011
  202. SUSI 17 Agustus 2011
  203. Rizki Setia 19 Agustus 2011
  204. Gita 20 Agustus 2011
  205. Adi 20 Agustus 2011
  206. joy 21 Agustus 2011
  207. nenti 23 Agustus 2011
  208. Rizna 23 Agustus 2011
  209. Junaedi arif 2 September 2011
  210. yanti 5 September 2011
  211. Ayu 5 September 2011
  212. symond 5 September 2011
  213. Alin 6 September 2011
    • ria 11 September 2011
  214. aku ^^ 7 September 2011
  215. putri 7 September 2011
  216. U n v 9 September 2011
  217. Diana 10 September 2011
  218. eka 11 September 2011
    • ria 11 September 2011
  219. Vitha 11 September 2011
  220. diva 12 September 2011
  221. HEEMMA 13 September 2011
  222. Merry 14 September 2011
  223. Merry 14 September 2011
  224. Merry 14 September 2011
  225. nona 14 September 2011
    • ria 18 September 2011
  226. dini 16 September 2011
  227. Melisha 17 September 2011
  228. yudha 18 September 2011
  229. Abell 19 September 2011
  230. ayumi 22 September 2011
  231. Rizky 22 September 2011
  232. ian 23 September 2011
  233. ramin 23 September 2011
  234. yati 23 September 2011
  235. thara 24 September 2011
  236. mby 30 September 2011
  237. eka 1 Oktober 2011
  238. ima 1 Oktober 2011
  239. irna 5 Oktober 2011
  240. Grace 5 Oktober 2011
  241. Grace 5 Oktober 2011
  242. clayaldo 6 Oktober 2011
  243. heboh 7 Oktober 2011
  244. susan 8 Oktober 2011
    • Yola 6 Februari 2018
  245. Amanda 9 Oktober 2011
  246. evi 9 Oktober 2011
  247. anto 9 Oktober 2011
  248. hardi kurniawan 10 Oktober 2011
  249. luis 11 Oktober 2011
  250. zzaza 11 Oktober 2011
  251. rio rantasa 12 Oktober 2011
  252. fika 17 Oktober 2011
  253. Nisa 21 Oktober 2011
  254. Diah Arum 22 Oktober 2011
  255. wati 22 Oktober 2011
  256. niutron 23 Oktober 2011
  257. Iwan 23 Oktober 2011
  258. deni 25 Oktober 2011
    • Ianpie 28 Oktober 2011
  259. dewi 29 Oktober 2011
  260. ardi 30 Oktober 2011
  261. randi 30 Oktober 2011
  262. nia 30 Oktober 2011
  263. Dinda 30 Oktober 2011
  264. siapa saja 31 Oktober 2011
  265. galau 3 November 2011
  266. ASLY 7 November 2011
    • dondon 9 Januari 2012
  267. ade2342 14 November 2011
  268. sam 15 November 2011
  269. ranto 16 November 2011
  270. Nisa 17 November 2011
  271. Athy 20 November 2011
  272. miko 21 November 2011
  273. de swad 24 November 2011
  274. de swad 24 November 2011
  275. bolang 24 November 2011
  276. dya 26 November 2011
  277. rey 28 November 2011
  278. Ani 29 November 2011
  279. Ina 29 November 2011
  280. nur 4 Desember 2011
  281. apni 7 Desember 2011
  282. Resti 9 Desember 2011
  283. panda 10 Desember 2011
  284. Viruz 10 Desember 2011
  285. An 13 Desember 2011
  286. vemy 14 Desember 2011
  287. karin 15 Desember 2011
  288. NISA 15 Desember 2011
  289. Lielie 15 Desember 2011
  290. lala 17 Desember 2011
  291. ratna megasari 19 Desember 2011
  292. boy 19 Desember 2011
  293. ratna 20 Desember 2011
  294. Monica 20 Desember 2011
  295. Erna 21 Desember 2011
  296. Rudy 23 Desember 2011
  297. vlaaarraaa 26 Desember 2011
  298. Lyly 26 Desember 2011
  299. Rahasabil 27 Desember 2011
  300. lya 28 Desember 2011
  301. Rika 29 Desember 2011
  302. bejo 29 Desember 2011
  303. fuad 30 Desember 2011
    • Petrus 6 Januari 2012
  304. dafi 1 Januari 2012
    • pita 3 Januari 2012
      • Petrus 6 Januari 2012
  305. dian 4 Januari 2012
  306. evha 5 Januari 2012
    • Petrus 6 Januari 2012
  307. roby 5 Januari 2012
    • Petrus 6 Januari 2012
  308. Dr. ugie 5 Januari 2012
  309. Ay 6 Januari 2012
    • Petrus 6 Januari 2012
      • ROMEO 10 Januari 2012
  310. yosi 6 Januari 2012
  311. angga 7 Januari 2012
  312. ai 8 Januari 2012
  313. ROMEO 10 Januari 2012
  314. andi 10 Januari 2012
  315. Santoro 11 Januari 2012
  316. racya 12 Januari 2012
    • Ansh4ra5 19 November 2012
  317. raihan 12 Januari 2012
    • Ansh4ra5 19 November 2012
  318. eric 13 Januari 2012
  319. goldie 15 Januari 2012
    • Ansh4ra5 16 Januari 2012
  320. SISKA 16 Januari 2012
  321. Enno 20 Januari 2012
  322. dira 21 Januari 2012
    • selin keren kelvin 24 Januari 2012
    • yenni 6 Februari 2012
  323. devie permata 23 Januari 2012
  324. Dyan 23 Januari 2012
  325. Heru 24 Januari 2012
  326. dedeeee 24 Januari 2012
  327. cika 24 Januari 2012
  328. Neny Puspitha 26 Januari 2012
  329. naila 29 Januari 2012
  330. Martinus 1 Februari 2012
  331. yenni 5 Februari 2012
  332. uge22 6 Februari 2012
  333. milana 7 Februari 2012
  334. Heem 9 Februari 2012
  335. ghea 10 Februari 2012
  336. Eci 13 Februari 2012
  337. garcia 15 Februari 2012
  338. vania 17 Februari 2012
  339. anticewe 19 Februari 2012
  340. isma 20 Februari 2012
  341. Sant0 23 Februari 2012
  342. xlm 24 Februari 2012
  343. intan 27 Februari 2012
    • thammy 29 Maret 2012
  344. riko 27 Februari 2012
  345. Alba 29 Februari 2012
    • reno 1 Maret 2012
  346. Yanti 3 Maret 2012
  347. susilo 5 Maret 2012
  348. pratama 7 Maret 2012
  349. noppal 8 Maret 2012
  350. vina 8 Maret 2012
  351. koko 9 Maret 2012
  352. Rendi 10 Maret 2012
  353. tono 12 Maret 2012
  354. shantyana shalshabila 12 Maret 2012
  355. carol 15 Maret 2012
  356. Mytha 21 Maret 2012
  357. Chikka 21 Maret 2012
  358. Budi Jumii 23 Maret 2012
  359. Wer 26 Maret 2012
  360. jeffry 27 Maret 2012
  361. thammy 29 Maret 2012
  362. niken 29 Maret 2012
  363. yunie 30 Maret 2012
  364. puji 9 April 2012
  365. wiwid 10 April 2012
  366. ochy 11 April 2012
  367. memey 11 April 2012
  368. viiea 13 April 2012
  369. Iwan 15 April 2012
  370. vany 17 April 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  371. inem 18 April 2012
  372. Meisha 19 April 2012
  373. weni ciiee bla bla 20 April 2012
  374. Winda 26 April 2012
  375. grace 2 Mei 2012
  376. imonk 13 Mei 2012
  377. rudi 19 Mei 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  378. Fitri Anggrainie 23 Mei 2012
  379. ardi 26 Mei 2012
  380. ridwan 1 Juni 2012
  381. ridwan 1 Juni 2012
  382. kak lau 2 Juni 2012
  383. Angel 4 Juni 2012
  384. Chik 11 Juni 2012
  385. trymurty 11 Juni 2012
    • septian 29 Juni 2012
  386. bintang 24 Juni 2012
  387. baguz 7 Juli 2012
  388. said 7 Juli 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  389. Shinta 8 Juli 2012
  390. jonathan 10 Juli 2012
  391. ncuz 19 Juli 2012
  392. meri 3 Agustus 2012
  393. celine 31 Agustus 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  394. dicky 4 September 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
    • rina 15 Mei 2014
  395. Linda Cemi 4 Oktober 2012
  396. irfan 8 Oktober 2012
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  397. boys 17 Oktober 2012
    • maya 6 Februari 2014
      • paiton 29 Mei 2014
        • saki.xfx 6 September 2014
    • Pengensehat.com 14 Maret 2014
  398. nisa 25 Oktober 2012
  399. dinda 25 Oktober 2012
  400. tobri 14 November 2012
  401. ROSSISKA NUR HANDAYANI 19 November 2012
    • Ansh4ra5 19 November 2012
  402. farhan 7 Desember 2012
  403. hadi 4 Januari 2013
  404. eka yudistira 6 April 2013
    • Ansh4ra5 6 April 2013
  405. hana 17 Mei 2013
    • Admin 31 Mei 2013
  406. AMINAH 31 Mei 2013
  407. ng 15 Juli 2013
  408. Adieaday Day 9 Januari 2014
  409. vhany 2 Februari 2014
  410. anymos 9 Maret 2014
  411. dion 9 Maret 2014
    • dwi 17 Mei 2014
      • Cucok 7 Oktober 2014
  412. sa 18 Maret 2014
  413. vebby 23 Maret 2014
  414. Pengensehat.com 6 Juni 2014
  415. ambar 16 Juni 2014
  416. ainnie herry 17 Juli 2014
  417. min hyun 7 Agustus 2014
    • pengensehat 9 Februari 2015
  418. icha siregar 29 Agustus 2014
  419. egi 3 Oktober 2014
  420. vivi 30 November 2014
    • Pengensehat.com 9 Februari 2015
  421. zahra 14 Desember 2014
    • Pengensehat.com 9 Februari 2015
  422. amanda 11 Januari 2015
  423. Pengensehat.com 9 Februari 2015
    • Hafsa 9 Februari 2015
  424. Rendi Setiawan 15 Februari 2015
    • Novi Amanda 4 Maret 2015
  425. hajra 6 Maret 2015
  426. putri 20 Maret 2015
  427. Bahar Aliamsyah 5 April 2015
  428. afiqsyazwan96 14 Oktober 2015
  429. Dian 22 Januari 2016
  430. arjuna 26 Januari 2016
  431. dedeanggraeni 5 Maret 2016
  432. Retno 4 Mei 2016
    • paijo 12 Mei 2016
  433. tuti 12 Mei 2016
  434. Rena Dwi Puspita Sari 23 Mei 2016
  435. Ayulia P 23 Mei 2016
  436. agus 23 Mei 2016
  437. Bang Uddin 29 Mei 2016
  438. rika cahaya 30 Mei 2016
  439. Arrika 1 Juni 2016
  440. sanders 14 September 2016
  441. revie 12 Oktober 2016
  442. Fika 9 November 2016
  443. rena 27 November 2016
  444. azizah 7 Desember 2016
  445. sulenti ardila 14 Desember 2016
  446. Anggi 11 Januari 2017
  447. Husna 29 Januari 2017
  448. Indah 8 Februari 2017
  449. maya 9 April 2017
  450. Adelia 22 Mei 2017
  451. arjun 30 November 2017

Leave a Reply