Gejala kanker prostat padap pria

Tidak ada gejala kanker prostat yang bisa diketahui dengan pasti terutama jika kanker masih di stadium awal. Adapun gejala-gejala yang biasa dirasakan penderita, pada umumnya sangat mirip dengan gejala penyakit lain.

Oleh karena itu penderita yang merasa tidak nyaman, misalnya saat sedang buang air kecil, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosa awal dari tanda-tanda yang dirasakan, apakah itu gejala kanker prostat atau gejala dari penyakit lainnya.

Kanker prostat adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh pria di seluruh dunia. Penyakit ini jarang terjadi sebelum usia mencapai 50 tahun, dan para ahli percaya bahwa kebanyakan pria berusia tua mengidap jenis kanker ini atau jenis gangguan pada prostat lainnya.

Kanker prostat umumnya bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak awal. Penyembuhan dilakukan dengan pengawasan aktif, pembedahan, radiasi, kemoterapi dan terapi hormon.




Gejala-Gejala Awal Kanker Prostat

Berbeda dengan kanker lain, kanker di kelenjar prostat tumbuh lebih lambat sehingga sulit diketahui bahwa seorang pria telah membawa sel kanker dalam tubuhnya selama bertahun-tahun.

Pada umumnya tanda-tanda awal kanker prostat tidak terdeteksi, namun seiring dengan tumbuhnya kanker, akan muncul ciri khas tertentu. Berikut ini beberapa gejala kanker prostat yang umum dialami penderita.

1. Kesulitan ketika buang air kecil, yang meliputi:

  • Tidak bisa buang air kecil sama sekali
  • Kesulitan saat memulai buang air kecil dan kesulitan untuk berhenti buang air kecil
  • Sering buang air kecil, terutama di waktu malam hari
  • Merasakan sakit atau rasa panas saat buang air kecil

2. Kesulitan untuk ereksi dan mempertahankan ereksi

Saat terjadi pertumbuhan sel pada prostat akan menghambat aliran darah yang seharusnya mengalir ke penis, hal ini menyebabkan penis mengalami ereksi.

3. Terdapat darah dalam air kencing atau cairan sperma

Jika Anda melihat darah yang keluar saat anda kencing atau keluar bersamaan dengan semen/mani segeralah periksakan diri ke dokter. Bisa jadi itu adalah gejala kanker prostat atau gejala penyakit lain seperti batu ginjal.

4. Sering mengalami rasa sakit terutama di bagian punggung bawah, perut, pinggul, atau panggul.

Biasanya gejala ini dialami ketika sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti di panggul, pinggang atau punggung bagian bawah.

Perlu juga diketahui bahwa terdapat beberapa jenis penyakit lain (selain kanker prostat) yang memiliki gejala seperti di atas. Oleh karena itu jangan memvonis diri sendiri sebelum memeriksakan diri ke dokter.


tips pasutri

Gejala kanker prostat saat mulai menyebar

Seperti halnya semua jenis kanker, kanker prostat bisa menyebar ke organ tubuh lain jika terlambat ditangani. Jika sudah demikian berarti sel-sel dalam tubuh sudah banyak yang rusak.

Gejala kanker prostat saat sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Berat badan semakin menurun
  2. Sakit pada tulang, terutama di bagian punggung bawah, perut, pinggul, atau panggul
  3. Pembengkakan pada kaki.

Ada banyak jenis penyakit yang memiliki gejala yang mirip seperti gambaran di atas. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut maka langkah terbaik yang harus anda lakukan adalah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan gejala-gejala tersebut apakah gejala penyakit lain atau memang anda sedang menderita kanker prostat.

Hubungi dokter untuk konsultasi jika Anda mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Anda mengalami kesulitan buang air kecil atau merasa buang air kecil terasa sakit atau berbeda dari biasanya; Dokter Anda akan memeriksa kelenjar prostat Anda untuk menentukan apakah itu membesar, meradang dengan infeksi, atau kanker.
  • Anda memiliki rasa sakit kronis di punggung bagian bawah, panggul, tulang paha bagian atas, atau tulang lainnya. Rasa sakit di daerah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk penyebaran kanker prostat.
  • Anda memiliki penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Anda memiliki pembengkakan pada kaki.
  • Kaki Anda jadi lemah sehingga sulit berjalan, terutama jika Anda juga mengalami sembelit.

Terdapat beberapa jenis pengobatan kanker prostat meliputi operasi, radiasi, terapi hormon dan kemoterapi. Pilihan bentuk pengobatan tergantung dari stadium kanker yang dialami dan pendapat dokter yang menangani.

Demikian beberapa gejala kanker prostat yang umum dirasakan oleh penderita. Meskipun gejala tersebut sangat mirip dengan gejala penyakit lain, penderita disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...