17 Manfaat Masturbasi Bagi Kesehatan

Tidak banyak yang tahu jika masturbasi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. Apa saja manfaat masturbasi bagi kesehatan? di artikel sehatki.com kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Masturbasi atau onani adalah aktivitas yang normal selama dilakukan dalam batasan yang wajar. Dalam dunia medis, masturbasi didefinisikan sebagai aktifitas seks alternatif non penetrasi yang menggunakan tangan atau alat bantu seks lainnya.

Dalam masyarakat luas khususnya masyarakat Indonesia, masturbasi masih sering dianggap sebagai hal buruk dimana dalam beberapa kitab suci aktivitas self service sendiri, masturbasi dikatakan haram dan harus dihindari.




Padahal beberapa riset mengungkapkan sebaliknya, ternyata ada khasiat tersembunyi yang bisa didapatkan dari masturbasi untuk kesehatan fisik dan juga mental.

Beberapa penelitian lain juga menyebut jika aktifitas ini sangat umum dilakukan baik oleh lelaki dan juga wanita.

Dari catatan penelitian yang ada, didapatkan bahwa sekitar 94% pria serta 89% wanita pernah melakukan masturbasi sedikitnya satu kali dalam hidup mereka.

Pengertian Masturbasi?

Pengertian masturbasi onani

Pengertian masturbasi (onani)

Masturbasi atau onani adalah aktifitas seksual non penetrasi vaginal yang dilakukan sendiri atau bisa juga dengan memakai alat bantu seks.

Tujuan aktifitas ini adalah mendapatkan kepuasan seksual tanpa harus berhubungan intim dengan lawan jenis. Tujuan onani ini adalah salah manfaat dari masturbasi, yakni mendapat kesenangan seksual dalam waktu yang singkat.

Kegiatan masturbasi dilakukan dengan cara mengkombinasikan stimulasi mental dengan stimulasi fisik.

Stimulasi mental artinya memikirkan hal hal yang erotis, sementara stimulasi fisik berarti merangsang penis memakai tangan hingga mencapai klimaks.

Selama kegiatan masturbasi ini, tidak terjadi hubungan seksual yakni penetrasi penis dengan vagina.

Apa Saja Mitos Tentang Masturbasi?

Oleh masyarakat luas, masturbasi sering disalah artikan, dimana pada jaman dulu onani disebut sebagai tindakan berdosa. Jika ada seseorang yang melakukan masturbasi ini, maka akan segera mendapat musibah atau kutukan.

Sedangkan untuk saat ini, beberapa pandangan tersebut sudah beralih menjadi mitos belaka, meskipun masih banyak yang mempercayainya.

Ada beberapa mitos yang mungkin sering anda dengar tentang kegiatan masturbasi seperti onani berlebih dapat membuat seseorang menjadi buta, atau onani dapat menurunkan fungsi utama dari tubuh, menghambat pertumbuhan, menyebabkan kerusakan penglihatan, penyimpangan seksual, penurunan fungsi seksual dan juga gangguan pada sistem neurotik.

Sementara mitos yang masih terbilang kuat dan sering di dengar saat ini adalah kaum wanita tidak melakukan kegiatan masturbasi alias hanya pria yang melakukannya.

Pada kenyataannya, wanita juga sering melakukan masturbasi manual atau dengan alat bantu seks, meskipun jumlahnya memang tidak sebanyak kaum pria.

Selain itu, dalam sebuah survei diketahui bahwa para wanita yang sering mengalami orgasme, ternyata lebih tenang, rileks dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang jarang mengalami orgasme.

Sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu manfaat masturbasi bagi wanita adalah membantu tubuh melepaskan ketegangan sehingga tubuh jadi lebih santai.

Baca juga: Begini Cara Cepat Berhenti Onani

Apa Saja Manfaat Masturbasi Untuk Tubuh?

Manfaat mastubasi bagi kesehatan pada pria

Manfaat masturbasi bagi kesehatan pada pria

Aktivitas memuaskan diri dengan cara masturbasi nyatanya bisa memberikan banyak manfaat bagu tubuh, dari mulai menurunkan risiko kanker prostat, mengurangi kram saat menstruasi dan beberapa manfaat masturbasi lain seperti daftar berikut ini:

  • Merileksasi otot
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri
  • Menurunkan tingkat stress
  • Mencegah insomnia
  • Menurunkan depresi
  • Mengurangi kram saat menstruasi
  • Mencegah kanker prostat
  • Mengurangi gejala PMS
  • Meningkatkan pelepasan hormon endorfin yakni hormon pemberi rasa bahagia, senang dan nyaman dari sistem saraf
  • Melatih karfiovaskular
  • Membakar kalori cukup banyak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi sakit kepala
  • Mengurangi nyeri otot
  • Melindungi tubuh dari penyakit menular seksual sebab tidak dilakukan penetrasi antar penis dan vagina
  • Melepaskan ketegangan seksual
  • Perawatan disfungsi seksual seperti ejakulasi dini

Meski mastubrasi ini sudah terbukti bisa memberikan banyak manfaat, akan tetapi aktifitas seksual ini tetap tidak boleh dilakukan terlalu berlebihan, sebab bisa menimbulkan efek candu yang pastinya akan berdampak buruk untuk tubuh.

Selain itu, melakukan masturbasi juga harus benar dan tepat sehingga tidak terjadi beberapa masalah yang tidak diinginkan seperti merusak keperawanan atau lapisan hymen di vagian luar.

Manfaat Spesifik Masturbasi

Dibawah ini akan kami berikan secara spesifik apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan masturbasi untuk pria dan juga wanita.

Manfaat Masturbasi Untuk Pria

Seorang pria yang melakukan masturbasi bisa mendapatkan banyak manfaat khususnya yang berkaitan dengan penyakit atau kelainan alat vital seperti:

  1. Mencegah Disfungsi Ereksi

Seiring dengan usia yang makin bertambah, seorang pria memiliki kemungkinan mengalami disfungsi ereksi suatu saat nanti.

Melakukan onani secara rutin dapat membantu mencegah disfungsi ereksi terjadi karena otot pada penis selalu terlatih saat ereksi.

  1. Pencegahan Ejakulasi Dini

Salah satu manfaat masturbasi yang utama pada pria adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan seks.

Daya tahan tersebut terbentuk melalui latihan-latihan yang dilakukan saat onani. Jadi bukan asal onani, tetapi melakukan latihan-latihan yang benar saat onani dapat membantu pria tahan lama dan terbebas dari ejakulasi dini.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 di Australia, seorang pria yang setidaknya melakukan 5 kali masturbasi dalam seminggu, mengalami penurunan risiko kanker prostat sebanyak 1/3 kali dibandingkan dengan pria yang tidak melakukan masturbasi.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Seorang seksolog sekaligus sebagai President of ASCET yakni Dr. Mahesh Nawal, menyebut pria yang melakukan masturbasi sebelum berhubungan seksual akan mengalami peningkatkan kualitas sperma.

Hal ini erjadi karena sesudah masturbasi, tubuh akan menghasilkan sperma yang lebih berkualitas secara otomatis.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seseorang tidak boleh melakukan onani secara berlebihan. Bagi pria, masturbasi berlebihan dapat menyebabkan ejakulasi dini dan juga menyebabkan gangguan seksual lainnya.

Jadi meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, masturbasi atau onani harus dilakukan dengan cara yang benar. agar resiko-resiko yang mungkin terjadi dapat dihindari.

Onani juga bermanfaat bagi kesehatan wanita

Onani juga bermanfaat bagi kesehatan wanita

Manfaat Masturbasi Untuk Wanita

Tidak hanya bisa memberikan banyak manfaat untuk pria, wanita yang melakukan masturbasi atau onani juga akan merasakan banyak manfaat diantaranya:.

  1. Menurunkan Kadar Stress

Khasiat pertama dari masturbasi untuk wanita adalah memberikan rasa bahagia dalam hari-hari mereka.

Hal ini terjadi karena saat masturbasi, tubuh mengeluarkan beberapa jenis hormon seperti oksitoksin, endorfin dan juga dopamin yang semuanya akan memberikan rasa bahagia untuk para wanita.

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Seorang wanita yang sering melakukan masturbasi, akan mengetahui titik-titik rangsangan pada tubuhnya. Hal ini sangat berguna saat hubungan seks dengan suami dilakukan.

  1. Mencegah Insomnia

Setelah aktifitas masturbasi yang menyenangkan dan cukup melelahkan ini selesai, tubuh terasa lebih ringan dan akhirnya bisa tidur lebih pulas.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Serviks

Wanita yang sering melakukan masturbasi juga akan merasakan manfaat yakni menurunkan kanker serviks yang paling ditakutkan para wanita.

Masturbasi yang secara rutin dilakukan akan mengeluarkan cairan serviks yang berisi bakteri sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Bahaya melakukan onani pada wanita jika tidak dilakukan dengan hati-hati adalah dapat merusak keperawanan atau lapisan hymen pada vagina bagian luar.

Berapa Lama Durasi Masturbasi?

Dilihat dari hasil beberapa penelitian. masturbasi bisa dilakukan selama beberapa kali per hari, per minggu atau per tahun.




Namun untuk lama masturbasi secara normal adalah 2 hingga 3 kali seminggu atau 12 kali dalam sebulan. Sedangkan jika dilakukan lebih banyak, maka sudah masuk dalam kategori obsesif hingga candu.

Sebenarnya, para dokter juga mengatakan jika masturbasi yang dilakukan dengan teratur tidak akan menimbulkan masalah dalam tubuh, kecuali jika pelaku juga mempunyai beberapa masalah kesehatan seperti gangguan obsesif kompulsif dimana seseorang akan merasa kurang dan ingin terus melakukan masturbasi dan akhirnya mengabaikan kehidupan sosial yang dimiliki.

Salah satu bahaya onani, apalagi jika dilakukan terlalu sering adalah dapat menyebabkan gangguan seksual disfungsi ereksi. Artinya penisnya tidak bisa berdiri keras saat akan berhubungan seks yang sebenarnya dengan wanita yang nyata.

Jadi salah satu tanda anda kebanyakan onani adalah jika penis Anda tidak bisa mengalami ereksi yang cukup keras saat akan berhubungan seks dengan istri.

Demikian ulasan lengkap tentang manfaat masturbasi untuk pria dan wanita yang kami harapkan bisa memberikan informasi tambahan bagi pembaca.

Ingatlah jika masturbasi hanya dilakukan untuk selingan dan bukan dijadikan untuk menggantikan aktivitas seksual yang normal atau seharusnya.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

26 Comments


  1. Mastuan surya 11 July 2011
  2. Mukaromah Nur Auliya 24 July 2011
    • aby 28 September 2011
      • Egie 3 February 2012
    • aris 30 August 2012
    • agus 8 April 2014
  3. asep 25 July 2011
    • musdar 20 June 2012
    • Misbah Fingerstyle 5 October 2015
  4. hendrawansyah 4 January 2013
  5. yunita sari 16 August 2013
  6. fajar andika pratama 17 August 2013
  7. metodesas 27 May 2014
  8. andri adi 19 October 2014
  9. wanda 10 February 2015
  10. Misbah Fingerstyle 5 October 2015
  11. Abay 12 May 2016
  12. ilham 29 June 2016
  13. ilham 29 June 2016
  14. salsabila 17 November 2016
  15. Gue 8 December 2016
  16. handa 28 December 2016
  17. restu 1 January 2017
  18. wawan 1 January 2017
  19. Saepur 8 January 2017
  20. Coki 24 July 2017

Leave a Reply