Penyebab Wanita Alami Frigid dan Cara Mengatasinya

Frigid merupakan gangguan seksual pada wanita dengan gejala khas berupa gairah seksual atau libido yang sangat rendah yang berimplikasi tidak dapat menikmati hubungan seksual bersama pasangan.

Pada pria gangguan ini disebut lemah syahwat. Baik frigid maupun lemah syahwat sulit disembuhkan karena kurangnya motivasi dari penderita untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi.

Wanita frigid bisa dipastikan tidak dapat menikmati hubungan seks dan dalam sebagian besar kasus penderita mengalami tekanan mental yang kuat saat suami mengajak bercinta. Akibatnya jika hubungan seks dipaksakan maka timbul rasa perih pada area vagina.




Penyebab utama frigid pada wanita adalah faktor psikis meski juga terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan seorang wanita menderita frigid.

Gejala-Gejala Frigid

Meski tidak dapat menikmati seks sebagaimana mestinya, seorang wanita frigid tetap bisa hamil dan melahirkan anak-anaknya.

Masalah mereka umumnya adalah rasa sakit saat sedang bercinta. Penyebabnya karena gairah seks yang tidak ada sehingga sistem pelumasan vagina tidak sempurna.

Terdapat beberapa gejala dan ciri-ciri wanita yang mengalami frigiditas, yakni:

  • Memiliki hasrat seksual, dapat terangsang, namun sulit mencapai orgasme
  • Memiliki hasrat seksual, tidak dapat terangsang sehingga sulit mencapai orgasme
  • Tidak memiliki hasrat seksual, tidak dapat terangsang dan sangat sulit mencapai orgasme

Kasus frigiditas banyak sekali ditemukan pada wanita, dan kebanyakan pasangan mereka tidak mengetahui hal ini.

Wanita yang mengalami frigid biasanya menutupi kekurangannya ini dari pasangan yang justru akan memperburuk situasinya sendiri. Lalu apa yang menyebabkan seorang wanita bisa mengalami frigid?

Baca juga:

Penyebab Wanita Mengalami Frigid

Menurut beberapa penelitian, sekitar 90% penyebab wanita mengalami frigid adalah faktor psikologis atau kejiwaan. Sisanya tidak diketahui tapi kemungkinan berhubungan dengan faktor fisik.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab wanita frigid:

  1. Kecemasan tidak mampu memuaskan pasangan

Beberapa wanita mengalamai ketidakpercayaan diri terhadap bentuk tubuh mereka sehingga menyebabkan pikiran menjadi penuh ketakutan saat berhubungan seksual dan tidak lagi merasakan hasrat.

Biasanya dialami oleh wanita yang memiliki cacat fisik, kegemukan atau terlalu kurus, dan faktor fisik lainnya.

  1. Kebencian terhadap lelaki

Menikah dengan orang yang tidak dicintai bahkan dibenci akan membuat wanita mengalami frigiditas. Tapi umumnya kondisi ini lambat laun akan berubah setelah hubungan semakin dekat.

  1. Trauma masa lalu

Seorang wanita yang memiliki trauma di masa lalu, seperti pelecehan seksual atau pemerkosaan biasanya akan kesulitan untuk merasakan kenikmatan berhubungan seksual dengan pasangan.

Memori yang ada di alam bawah sadarnya akan muncul kembali setiap ingin melakukan hubungan seksual sehingga menyebabkan frigid.

  1. Tidak mencintai pasangan

Pernikahan yang dipaksakan juga dapat membuat seorang wanita mengalami frigid, apalagi jika ia tidak mencintai suaminya melainkan orang lain.

  1. Kesulitan finansial

Pikiran yang dipenuhi dengan kecemasan terhadap kondisi keuangan akan menyebabkan wanita mengalami frigidi. Kelelahan karena mencari tambahan uang juga semakin memperparah masalah frigiditas wanita.

  1. Ketidakpercayaan terhadap pasangan

Masalah dalam hubungan antara suami istri bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya frigiditas. Ketidakpercayaan terhadap pasangan yang pernah selingkuh menjadi penyebab sulitnya mendapatkan hasrat dalam berhubungan seksual.

  1. Penyakit

Penyakit yang dapat melemahkan tubuh dan menjadi cepat lelah seperti diabetes dan lemah jantung dapat menyebabkan seorang wanita mengalami frigid.

  1. Kelelahan

Wanita yang terlalu lelah dalam melakukan pekerjaannya akan menyebabkan ia juga terlalu lelah untuk berhubungan seksual sehingga mengalami frigid.

  1. Suami egois

Suami yang hanya memikirkan dan mengutamakan kenikmatannya sendiri tanpa peduli dengan keinginan sang istri akan menyebabkan istri mengalami frigid.

  1. Faktor fisik

Faktor fisiik yang dapat menyebabkan seorang wanita tidak dapat mendapatkan kepuasan dalam hubungan seksual adalah rahim yang mengecil, vagina memendek dan  indung telur yang tidak normal.

  1. Sifat egois suami

Suami yang egois dan hanya mementingkan kepuasan sendiri dapat menyebabkan istri merasa kesakitan saat bercinta. Solusinya selalu lakukan foreplay yang lama sebelum melakukan penetrasi.

Menurut dr. Ida Farida, SpOG dari RS Mitra Menteng Afia (RS MMA) Jakarta, penyebab wanita alami frigid yang utama adalah faktor psikis atau mental.

Dari sudut pandang medis, frigid bukanlah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian, frigid juga tidak menular. Satu-satunya bahaya frigid adalah dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Ada banyak kasus perceraian yang dipicu karena istri mengalami frigid sehingga tidak dapat memuaskan suami di ranjang.

Baca juga:

Bagaimana Menyembuhkan Wanita Frigid

Penyebab wanita frigid dan cara mengatasinya

Penyebab wanita frigid dan cara mengatasinya

Wanita yang mengalami frigid bukan berarti tidak dapat melakukan hubungan seksual, hanya saja ia melakukan hubungan seksual hanya sebatas menjalankan kewajibannya sebagai istri saja tanpa mendapatkan kepuasan apapun.

Frigid sebaiknya segera diatasi sebelum terlambat karena dapat menimbulkan masalah lain, bahkan masalah pada hubungan dengan pasangan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi frigid:

  1. Istirahat yang cukup

Sebaiknya mempunyai waktu istirahat yang cukup, setidaknya 6-8 jam dalam sehari agar tubuh tetap fit saat berhubungan seksual.

Istirahat yang cukup akan membantu tubuh menjadi segar kembali karena hubungan seksual sangat memerlukan energi yang cukup untuk mendapatkan kepuasan.

  1. Melakukan pemanasan

Pemanasan atau foreplay sangat penting sebelum melakukan hubungan seksual. Dengan melakukan foreplay, Anda dan pasangan akan memiliki momen yang lebih intim dan saling menghangatkan hubungan suami istri.

Foreplay juga membantu vagina menjadi lebih licin karena adanya pelumas alami yang cukup sehingga lebih mudah melakukan penetrasi.

Frigid biasanya menyebabkan vagina menjadi kering dan tidak mampu mengeluarkan pelumas alami sehingga foreplay sangat penting dilakukan hingga benar-benar bergairah untuk melakukan hubungan seksual.

  1. Berdandan sebelum berhubungan

Jika terdapat masalah pada kepercayaan diri, maka ada baiknya jika mempersiapkan diri sebelum berhubungan seksual.

Anda bisa memoles wajah dengan make up yang natural serta menggunakan pakaian dalam yang menarik speerti lingerie untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda di ranjang.

  1. Olahraga rutin

Dengan melakukan olahraga secara rutin, bukan hanya membantu menjaga berat badan ideal tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih fit saat berhubungan seksual.

  1. Habiskan waktu romantis

Perbanyak waktu romantis Anda dengan pasangan sehingga rasa cinta yang tadinya tidak ada akan muncul, dan yang tadinya sudah ada akan semakin besar.

Anda bisa menghabiskan waktu makan malam bersama, nonton bersama, atau menginap di hotel untuk mendapatkan suasana yang berbeda.

  1. Bicarakan masalah pada pasangan

Jika penyebab dari frigid adalah masalah pada pasangan, baik itu perselingkuhan, rasa cuek pada istri, tidak mau membantu pekerjaan rumah atau lainnya, maka sebaiknya Anda segera bicarakan dengan pasangan dan mencari solusinya.

Mungkin terdengar sepele bagi pria, tapi hal sepele mampu membuat seorang wanita mengalihkan fokusnya pada hal sepele tersebut dan melupakan hasrat seksualnya.

  1. Hipnoterapi

Jika frigid sudah terlalu parah hingga menimbulkan masalah lain seperti vaginismus, maka ada baiknya jika melakukan terapi dengan cara hipnotis. Namun cara ini hanya digunakan pada wanita yang memiliki masalah frigid akibat faktor psikologis.

Dengan melakukan hipnoterapi,  penderita frigid akan dibimbing untuk melupakan masalahnya dan lebih menikmati hubungan seksual dengan pasangannya.

Pengobatan dengan hipnoterapi dilakukan secara bertahap dan berulang hingga penderita mendapatkan kembali hasratnya untuk berhubungan seksual dengan pasangan.

  1. Melakukan pengobatan medis

Jika faktor penyebab frigid adalah masalah medis, maka segera konsultasikan pada dokter spesialis.

Biasanya dokter akan mendiagnosis terlebih dahulu jika memang terdapat penyakit tertentu seperti diabetes atau kolesterol, kemudian memberikan obat yang cocok untuk pasien.

Begitu pula jika masalahnya adalah rahim yang mengecil atau vagina memendek, maka dokter akan melakukan pengobatan yang sesuai dengan penyebab frigiditas, baik dengan obat-obatan maupun pembedahan.




  1. Mengubah suasana kamar

Dengan mengubah suasana kamar, maka diharapkan terdapat pula perubahan suasana hati dari seorang wanita sehingga akan bergairah kembali saat berhubungan seksual.

Selain menyembuhkan frigid secara alami seperti dijelaskan di atas, para wanita frigid bisa juga menggunakan obat herbal untuk meningkatkan gairah seksnya seperti rajin minum ginseng dan kava.

Atau jika ingin membuat sendiri ramuannya anda bisa membuat obat tradisional untuk menyembuhkan wanita yang frigid. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapatkan seperti kumis kucing dan daun pegagan.

Demikian beberapa cara mengatasi frigid dari web sehatki.com. Frigid bukanlah hal yang sulit disembuhkan jika telah mengetahui penyebabnya.

Dengan melakukan komunikasi yang terbuka dan jujur pada pasangan maka frigid pun akan dengan mudah diatasi.

Perbanyak waktu bersama dengan pasangan akan sangat membantu mengobati frigid serta menguatkan ikatan batin antara suami istri. Demikianlah artikel tentang frigiditas yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda smeua.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...
Tags:

Leave a Reply