10 Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Perut buncit dan melebar setelah melahirkan? Tentunya hal ini merupakan hal wajar yang seringkali dialami bagi wanita setelah melahirkan.

Namun jangan khawatir, perut buncit bisa dikecilkan kembali seperti sebelumnya. Tak perlu menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya, apalagi jika anda sedang menyusui anak.

Akan lebih baik jika anda menggunakan cara-cara yang lebih alami untuk mengecilkan perut anda dengan cepat setelah melahirkan.

  1. Menyusui

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan cara menyusui anak anda. Dengan menyusui, anda bisa menurunkan berat lebih cepat. Mengapa?

Aktivitas menyusui dapat membakar kalori hingga lebih dari 500 kalori setiap harinya. Menyusui juga akan memicu terjadinya kontraksi yang dapat mengecilkan rahim, sama halnya dengan anda sedang melatih seluruh tubuh anda.

Namun meskipun begitu, tetap saja anda harus menjaga nutrisi yang anda konsumsi selama masa menyusui agar menjaga kualitas ASI tetap baik untuk anak.

  1. Konsumsi Air Putih lebih Banyak

Cobalah untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Fungsi air putih disini adalah untuk membersihkan semua organ-organ di dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan serta peredaran darah dari segala macam racun dan penyakit yang ada di dalamnya.

Dengan mengkonsumsi air cukup, maka tubuh dapat terhindar dari dehidrasi serta memperlancar proses pencernaan sehingga tubuh menjadi cepat langsing dan berat badan turun cepat.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga akan membantu menahan rasa lapar.

  1. Makan Dengan Porsi Sedikit Namun Sering
Tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Tips mengecilkan perut setelah melahirkan

Cobalah untuk melakukan diet sehat, bukan dengan mengurangi jumlah makan namun makan dengan porsi yang sedikit akan tetapi dengan frekuensi yang sering.

Porsi makan yang kecil akan sangat membantu dalam membatasi asupan lemak serta kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga nantinya tidak akan terjadi penumpukan.

Frekuensi yang sering dapat menjaga agar proses pembakaran bisa lebih stabil. Frekuensi makan yang direkomendasikan adalah 3-4 kali setiap harinya. Jika anda rutin melakukan hal ini, maka berat badan dapat turun secara efektif.

Baca juga: 10 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Setelah Melahirkan

  1. Konsumsi Makanan Yang Rendah Kalori Dan Lemak

Pilih menu makanan setiap harinya yang memiliki kandungan rendah kalori dan lemak. Hal ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan serta mengecilkan perut pasca melahirkan.

Namun yang perlu anda ingat adalah, nutrisi selama masa menyusui sangat lah penting terutama dalam menjaga kualitas ASI. ASI yang berkualitas tentunya akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu, anda lah yang harus pintar-pintar dalam memilih makanan sehingga tidak smapai mengesampingkan nutrisi untuk anak anda.

  1. Jangan Lupa Berolahraga

Meskipun anda sudah melakukan diet sekalipun, tidak akan berhasil mengecilkan perut buncit anda jika tidak didampingi dengan melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga tak hanya dapat mengecilkan perut, namun juga membakar kalori dan mengencangkan perut. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, terutama kondisi anda yang masih dalam pasca melahirkan.

Entah itu hanya berjalan kaki, mengikuti kelas yoga khusus setelah melahirkan, aerobic, senam kegel, peregdangan, dan lainnya dapat anda lakukan.

Namun sebaiknya tunggu hingga 6 minggu pasca melahirkan jika anda ingin memulai olahraga. Pastikan jika anda juga berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sehingga dapat menentukan waktu serta jenis olahraga yang tepat.

  1. Perbanyak Buah Dan Sayuran Yang Berserat Tinggi

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi tak hanya baik untuk melancarkan pencernaan namun juga untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

Sehingga mulailah perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan serta yang tinggi. Hal ini dapat membantu menjaga agar stamina serta daya tahan tubuh terjaga baik mengingat kondisi tubuh yang lemah pasca melahirkan.

Perut yang buncit setelah melahirkan disebabkan karena adanya tumpukan kalori dan lemak serta kurangnya asupan vitamin di dalam tubuh. Sehingga pentingnya mengkonsumsi buah dan sayuran yang berserat tinggi.

  1. Tetap Lakukan Aktivitas Seperti Biasa

Setelah kondisi tubuh membaik pasca melahirkan, maka tetaplah lakukan aktivitas yang biasanya anda lakukan, seperti bersih-bersih rumah, memasak, dan lainnya.

Jangan jadikan pasca melahirkan membuat anda malas bergerak dalam waktu yang lama. Segera memulai kebiasaan-kebiasaan tersebut setelah anda merasa pulih.

Aktivitas –aktivitas tersebut tentunya tidak langsung membuat perut kembali langsung namun jika dilakukan secara perlahan dan rutin dapat membantu mengecilkan perut anda.

Aktivitas yang anda lakukan menjadi media yang baik untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh.

  1. Menggunakan Korset

Pasca melahirkan, banyak wanita yang menggunakan korset pada perut untuk mengurangi efek perut yang buncit. Teknik tradisional ini bisa anda coba untuk membantu mengecilkan dan mengencangkan perut.

Selain itu manfaat korset ini juga akan membantu mengurangi pembengkakan serta dapat mendorong kembali otot dan jaringan perut agar dapat kembali seperti semula.

  1. Lakukan Diet Sehat Dan Seimbang

Diet menjadi salah satu cara terbaik untuk dapat mengecilkan kembali perut pasca melahirkan. Namun tentu saja anda harus melakukan diet yang sehat dan seimbang.

Tak hanya menjaga kesehatan anda, namun juga kesehatan bayi karena asupan makanan masih bergantung kepada ibunya.




Kurangi bahkan hilangkan konsumsi makanan-makanan instan dan cepat saji dengan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

  1. Konsumsi ramuan Alami

Anda bisa mengkonsumsi ramuan alami untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

Ramuan-ramuan di bawah ini efektif membantu menurunkan berat badan dan mengencangkan perut kembali.

  • Kayu Manis dan Cengkeh, resep alami ini dapat anda buat dengan merebus air, kayu manis dan cengkeh hingga mendidih. Setelah itu konsumsi selagi ramuan masih hangat. Lakukan rutin selama 40 hari dan anda bisa merasakan hasilnya. Kandungan zat di dalam kayu manis dan cengkeh bermanfaat ntuk mengatasi lemak yang menumpuk di perut.
  • Kunyit Asam, siapkan kunyit dan blender hingga halus. Rebus kunyit yang sudah dihaluskan dengan air dan tambahkan gula jawa serta asam. Tunggu hingg mendidih dan kemudian diamkan beberapa saat. Konsumsi secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. kunyit asam tak hanya dapat membantu mengatasi lemak di perut, namun juga membantu masalah wanita lainnya seperti keluhan yang sering terjadi saat datang bulan.
  • Kulit Pisang, cara membuat ramuan alami ini sangat lah mudah. Cukup siapkan 2-3 lembar kulit pisang dan siran dengan menggunakan minyak kayu putih serta air jeruk nipis. Diamkan hingga 20 menit dan kukus hingga kulit pisang layu. Haluskan kulit pisang dengan menggunakan blender dan oleskan pada bagian perut. Lakukan cara ini rutin agar segera mendapatkan hasilnya.

Nah demikian cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami. Dengan menggunakan cara alami, tidak hanya aman untuk anda namun juga bagi asupan makanan untuk bayi anda.

Pastikan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat beresiko kedepannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Demikian sepuluh tips cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Silahkan pilih salah satu atau beberapa tips di atas untuk Anda praktekkan.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

One Response


  1. Ita Maulani 12 April 2017

Leave a Reply