Definisi dan pengertian ejakulasi diniDefinisi atau pengertian ejakulasi dini berubah dari waktu ke waktu. Sampai saat ini tidak ada definisi yang tetap dan baku tentang ejakulasi dini.

Beberapa peneliti, terapis seks dan dokter menggunakan definisi yang berbeda dalam menjelaskan pengertian ejakulasi dini.

Kita tahu bahwa ejakulasi adalah proses keluarnya air mani (semen) beserta sperma dari penis setelah mengalami stimulasi seksual, baik dari pasangan maupun dari diri sendiri (masturbasi).

Proses ejakulasi selalu diikuti dengan perasaan nikmat (orgasme) yang menyenangkan. Ejakulasi yang terlalu cepat atau lebih cepat dari yang diinginkan disebut ejakulasi dini.

Sayangnya para ahli medis memiliki pendapat yang tidak sama mengenai seberapa cepat atau seberapa lambat ejakulasi sehingga disebut ejakulasi dini.




Hal inilah yang melatarbelakangi banyaknya definisi yang berbeda tentang ejakulasi dini. Ada yang menghubungkannya dengan durasi (waktu), dan ada pula yang mengaitkannya dengan jumlah keluar masuk penis dari vagina.

Pada tahun 2008 International Society for Sexual Medicine merilis sebuah definisi baru Ejakulasi dini, Definisi tersebut diperoleh setelah berkonsultasi dengan 21 ahli yang diakui secara internasional, dan di peroleh pengertian ejakulasi dini sebagai berikut:

Ejakulasi dini adalah disfungsi seksual laki-laki yang ditandai dengan ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar satu menit setelah penetrasi vagina, dan ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina dengan konsekuensi pribadi yang negatif, seperti kesedihan, stres , frustrasi dan atau menghindari keintiman seksual.

Sementara itu, pengertian Ejakulasi Dini dari Wikipedia adalah suatu kondisi di mana seorang pria berejakulasi lebih awal dari dia dan/atau pasangannya harapkan.

Lain lagi dengan Masters dan Johnson yang mendefinisikan Ejakulasi Dini sebagai kondisi di mana seorang pria berejakulasi sebelum pasangan seks nya mencapai orgasme, dimana hal tersebut terjadi pada lebih dari lima puluh persen hubungan seksual yang mereka lakukan.

Beberapa peneliti seks mendefinisikan ejakulasi dini adalah jika seorang pria berejakulasi dalam waktu kurang dari dua menit setelah penetrasi vaginal dilakukan.

Tetapi sebuah survei yang dilakukan oleh Alfred Kinsey pada tahun 1950 menunjukkan bahwa tiga perempat pria mengalami ejakulasi dalam waktu kurang dari dua menit setelah melakukan penetrasi pada lebih dari setengah kegiatan seksual mereka.

Saat ini, banyak terapis seks yang mendefinisikan ejakulasi dini sebagai ketidakmampuan mengontrol ejakulasi saat hubungan seksual terjadi dan berakibat mengganggu kesejahteraan emosional dalam salah satu satu atau kedua pasangan.

Penyebab ejakulasi dini ada beberapa hal diantaranya faktor fisik dan nonfisik. Faktor fisik adalah kondisi tubuh yang sedang menderita sakit tertentu, sementara faktor non fisik atau mental adalah kondisi tubuh yang dipengaruhi suasana emosional seperti stres atau cemas. Hampir semua pria pernah mengalami ejakulasi dini, setidaknya  satu kali dalam hidup mereka.

Ejakulasi dini mungkin terjadi seumur hidup dan disebut ejakulasi dini primer, yang berarti bahwa seseorang telah mengalami ejakulasi dini sejak dia pertama kali melakukan hubungan seksual. Penyebabnya biasanya adalah faktor genetik atau penyakit bawaan.

Selain itu, terdapat pula jenis ejakulasi dini sekunder yang berarti bahwa seorang pria sebelumnya tidak pernah mengalami ejakulasi dini, tetapi pada satu waktu akhirnya mengalaminya. Kebanyakan pria mengalami ejakulasi dini sekunder.

Tidak Perlu Malu

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang umum terjadi pada pria. Mayoclinic menyebut ada sekitar 30% pria yang mengidap gangguan seksual ini, artinya 1 dari 3 pria yang anda jumpai di jalan adalah penderita ejakulasi dini.

Banyak pria merasa kehilangan harga diri setelah menderita ejakulasi dini. Marah karena tidak sejantan dulu lagi, malu karena tidak bisa memuaskan istri, dan takut pernikahan berantakan atau jadi tidak harmonis karena hubungan seksual terganggu.

Hal-hal seperti ini terjadi dan banyak dialami banyak pasangan suami istri. Jika  metode penanganan yang dilakukan tidak tepat maka gangguan tidak bisa diselesaikan dan bukan tidak mungkin apa yang ditakutkan di atas akhirnya terjadi.

Oleh karena itu setiap pria yang menderita ejakulasi yang terlalu cepat perlu segera bertindak dengan berusaha mencari penyebab gangguan tersebut dan segera menanganinya. Jika perlu Anda bisa mengunjungi dokter atau terapi seksual yang dapat membantu Anda mendiagnosa penyakit tersebut.

Jadi meskipun ejakulasi dini dapat menimbulkan masalah dalam rumah tangga, hal tersebut tidak berarti bahwa anda harus malu atau minder. Perasaan minder hanya akan memperburuk situasi dan bahkan dapat merenggangkan hubungan dengan istri.

Faktanya adalah anda tidak sendiri, ada jutaan pria lain di dunia ini yang memiliki nasib sama seperti anda. Anda tidak sendiri sehingga anda tidak perlu malu, ejakulasi dini seperti halnya semua gangguan seksual lainnya bisa disembuhkan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Ejakulasi Dini

Setelah mengetahui pengertian dan definisi ejakulasi dini seperti dijelaskan di atas, Anda juga perlu tahu ciri-ciri ejakulasi dini. Dan setelah itu mempersiapkan apa-apa yang perlu dilakukan jika Anda merasa memang menderita gangguan ini.


tips pasutri

Anda tidak perlu panik ketika mengetahui anda mengalami ejakulasi dini karena ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Tentunya anda bisa melakukan penanganan secara tepat setelah mengetahui gejalanya benar-benar anda alami.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika mengalami ejakulasi dini:

  • Membicarakannya secara terbuka dengan istri, sebab istri adalah pihak yang secara langsung menerima dampak penyakit ini.
  • Melakukan beberapa langkah untuk mengatasi ejakulasi dini seperti mengacaukan pikiran saat berhubungan intim.
  • Mencoba menggunakan kondom untuk mengurangi sensitifitas penis.
  • Menggunakan obat oles atau gel yang dijual di pasaran.
  • Konsultasi dengan dokter atau terapis seks.
  • Anda bisa menggunakan beberapa jenis obat untuk mengatasi ejakulasi dini namun harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter secara khusus untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan
  • Latihan pernapasan perut akan membantu anda untuk lebih santai dan rileks ketika sedang melakukan hubungan seks. Dengan pernapasan yang tepat maka hubungan seks anda juga akan lebih terasa nyaman dan tidak sampai terjadi ejakulasi terlalu cepat
  • Melakukan senam kegel bisa melatih otot PC pada pria agar menjadi lebih kuat dan mampu menahan ejakulasi terjadi.

Melakukan penanganan yang tepat ketika terjadi ejakulasi dini akan sangat membantu anda untuk memberikan kepuasan terhadap pasangan saat berhubungan seks. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah asalkan anda bisa tetap tenang dalam mengatasinya.

Demikian sekilas informasi mengenai definisi dan pengertian ejakulasi dini. Cari tahu lebih banyak mengenai gangguan seksual ini disini.

Dan jika Anda ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan ejakulasi dini secara alami alias tanpa obat-obatan, kami merekomendasikan Anda untuk membaca Ebook Rahasia Ejakulasi.

Ebook ini mengupas tuntas masalah ejakulasi sekaligus memberikan solusinya. Anda bisa mengetahui beberapa latihan untuk mencegah ejakulasi terlalu cepat sekaligus meningkatkan performa seksual anda di ranjang. Untuk informasi lebih detail silahkan klik disini.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...