Penyebab dan gejala ejakulasi dini

Anda tentu sering mendengar istilah ejakulasi dini. Meskipun sering didengar, ternyata hanya sedikit orang yang paham dengan istilah tersebut, beberapa yang lain bahkan tidak bisa membedakannya dengan disfungsi ereksi.

Bagi sebagian besar kita yang hidup dan dididik dengan adat ketimuran, membicarakan masalah ejakulasi dini pada pria sepertinya masih merupakan sesuatu yang tabu.

Walaupun kini telah banyak masyarakat yang mulai terbuka dan memandang masalah ini sebagai masalah biasa yang dihadapi sehari-hari. Sebab fakta menyebutkan bahwa gangguan seks ini merupakan masalah umum yang dihadapi oleh hampir 90% pria.

Ya, dapat dikatakan adalah bahwa hampir semua pria pernah mengalami enjakulasi dini. Apa itu ejakulasi dini, apa saja penyebabnya, bagaimana gejalanya serta bagaimana mengatasinya akan kita ulas secara ringkas di artikel ini. Jadi jika Anda ingin menambah wawasan Anda mengenai topik ini silahkan melanjutkan bacaan Anda hingga selesai.




Pengertian Ejakulasi Dini

Ejakulasi yang terlalu cepat merupakan salah satu kondisi dimana seseorang pria mengeluarkan mani atau sperma terlalu cepat pada saat melakukan hubungan seksual. Ejakulasi yang terlalu cepat ini bisa terjadi pada saat sebelum atau sesudah penetrasi seksual.

Ejakulasi dini sendiri sebenarnya hal yang umum dan dapat dipastikan pernah dialami oleh setiap pria sekalipun dalam intensitas yang berbeda terutama apabila enjakulasi dini tersebut terjadi hanya sekali tidak masalah. Yang bermasalah adalah ketika itu berlanjut dan terus dibiarkan.

Secara mudah, pengertian ejakulasi dini yang benar adalah tidak mampunya seorang pria untuk mengontrol ejakulasinya baik sebelum maupun setelah penetrasi sehingga ia berejakulasi lebih cepat dari pasangannya; biasanya gangguan ini menjadi masalah yang umum pada pria terutama yang berusia di bawah 40 tahun.

Jika hal ini terjadi secara berulangkali, tentu dampaknya sangat tidak baik bagi keharmonisan rumah tangga karena istri tentu tidak akan merasa puas, begitu pula suami menjadi frustasi karena merasa telah gagal melakukan tugasnya.

Penyebab Ejakulasi Dini

pahami ejakulasi dini

Memahami dengan baik enjakulasi dini. Foto: abaoutpe.com

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan seorang pria mengalami ejakulasi dini. Bagi pria yang baru pertama kali atau masih awal-awal melakukan hubungan suami istri, ejakulasi yang terlalu cepat hampir dipastikan selalu menjadi masalah mereka.

Tetapi hal ini tidak perlu dikuatirkan karena seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman mereka yang bertambah, maka mereka akan lebih mampu mengontrolnya bahkan menentukan kapan harus berejakulasi.

Bagi sebagian besar mereka yang mengalami masalah stres dan depresi, kondisi tersebut juga dapat memicu mereka untuk mengalami ejakulasi prematur. Masalah hormonal maupun adanya penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab timbulnya ejakulasi dini.


tips pasutri

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ejakulasi dini. Di antaranya adalah:

  • Ada masalah yang terjadi di antara kedua pasangan
  • Karena stress
  • Rasa cemas tidak bisa memuaskan pasangan
  • Depresi
  • Gangguan hormonal
  • Pengalaman traumatis sejak kecil
  • Sering melakukan onani ketika remaja dengan memaksakan untuk ejakulasi secara cepat

Gejala Ejakulasi Dini

Sebenarnya enjakulasi dini sendiri hampir tidak memiliki sebab yang jelas. Namun, ciri-ciri ejakulasi dini yang utama adalah ejakulasi tidak bisa terkontrol secara baik, entah itu sebelum atau sesaat setelah hubungan seksual dimulai. Intinya, ejakulasi sudah terjadi sebelum yang bersangkutan menginginkannya.

Menurut apa yang ditulis oleh Masyarakat Internasional Untuk Pengobatan Seksual, tanda-tanda dari ejakulasi dini antara lain sebagai berikut:

  • Ejakulasi yang selalu terjadi atau hampir setiap saat terjadi dalam 1 menit setelah proses penetrasi
  • Ketidakmampuan pria untuk menunda ejakulasinya ketika prose penetrasi ke dalam vagina

Mengatasi ejakulasi dini sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Tetapi secara umum Anda dapat melakukan hubungan suami istri dengan beberapa teknik yang berbeda untuk membantu si pria mengatur kapan ia harus berejakulaasi, yaitu pada saat istrinya sudah siap.

Jika Anda merasa bahwa masalah ini sudah terlalu serius dan membutuhkan campur tangan dokter, maka meminta nasihat dan pengobatan mengenai hal ini sangat penting untuk solusi dan pengobatan terbaik.

Demikian ulasan singkat tentang pengertian, penyebab, dan gejala ejakulasi dini yang bisa Anda jadikan bahan pengetahuan untuk kemudian diantisipasi terjadinya supaya bisa menciptakan pola hubungan seksual yang harmonis dan nyaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

***
Bagaimana Anda dapat bertahan 30-60 menit lebih lama di Ranjang dan secara Permanen Menyembuhkan Ejakulasi Dini. Ingin tahu caranya? Klik disini!

loading...