Perkembangan Janin Minggu Ke-12

Setelah melalui masa kehamilan 11 minggu, kini janin masuk ke tahap perkembangan berikutnya di usia 12 minggu. Ada banyak perubahan dalam organ janin dan beberapa perubahan bentuk tubuh pada Ibu.

Saat memasuki usia kehamilan minggu ke-12, wajah janin akan semakin jelas. Si janin juga sudah bisa bergerak-gerak dan menendang-nendang dan dapat memberikan respon gerakan.

Panjang janin di usia 12 minggu sekitar 6 cm, dan organ-organnya telah siap pada tempatnya pada akhir pekan ini.

Beberapa perkembangan yang terjadi pada janin pada minggu ke-12 adalah :

  1. Munculnya gerakan refleks pada janin, seperti jari-jari tangannya mulai membuka dan menutup, jari-jari kakinya bergerak-gerak, dan mulutnya mulai menunjukkan gerakan mengisap.
  2. Dalam mulutnya sudah tumbuh akar gigi tipis yang akan menjadi gigi bayi.
  3. Janin akan refleks bereaksi menggoyangkan tubuhnya, saat ibunya menempelkan tangan di perutnya.
  4. Mata dan kuping janin sudah terbentuk dan berada pada tempat yang seharusnya.
  5. Pita suara janin juga sudah lengkap, meski belum digunakan hingga beberapa detik pertama setelah lahir ke dunia.
  6. Usus halus janin berkembang dengan cepat dan mulai menempati rongga di perutnya.
  7. Periode ini, kedua ginjal janin mulai mengekskresikan urin ke dalam kandung kemihnya.
  8. Pada otak janin, sel-sel saraf melakukan multiplikasi dengan sangat cepat, begitu juga dengan sambungan-sambungan saraf yang terbentuk sangat cepat.
  9. Menginjak minggu ke-12 ini, sistem tubuh janin telah sepenuhnya terbentuk.

Pada beberapa minggu ke depan hingga minggu ke-28 perkembangan berlangsung ke arah organ untuk dapat bekerja sebagaimana fungsinya, diantaranya :

  • Sistem pencernaan, beberapa otot pencernaannya mulai berkembang untuk bisa berkontraksi. Ini penting, karena saat janin lahir nanti, ia harus mampu mendorong makanan yang di konsumsinya ke dalam saluran pencernaan.
  • Sumsum tulang mulai membentuk sel-sel darah putih, yang dibutuhkan saat janin lahir.
  • Kelenjar pituitary-nya mulai memproduksi hormon-hormon.
  1. Minggu ke-12, irama jantung si janin sudah bisa didengar oleh ibunya dan menyadari bahwa dalam tubuhnya ada kehidupan yang lain.
  2. Kuku-kuku jarinya berkembang, semua bakal kuku kecil-kecil itu akan berkembang dan tumbuh. Banyak bayi lahir dengan kuku jari panjang yang perlu dipotong setelah bayi lahir.
Perkembangan janin 12 minggu

Perkembangan janin 12 minggu

Seberapa Besar Bayi di 12 Minggu?

Pada kehamilan 12 minggu, bayi sama besarnya dengan buah plum. Panjang janin rata-rata pada usia 12 minggu adalah sekitar 5-6 cm dan berat 13,8 gram.

Sekarang setelah mencapai usia ini, bayi telah memiliki beberapa organ penting, dan pekerjaan utamanya adalah terus bertumbuh.

Janin Anda pada usia 12 minggu hampir selesai mengembangkan sistem dan bagian-bagian penting tubuhnya, yang berarti semua itu menjadi semakin besar dan lebih dewasa mulai sekarang.

Ya, bayi akan memasuki tahap pertumbuhan dan pematangan, di mana organ dan jaringan akan tumbuh dan berkembang dengan cepat.




Bayi pada usia 12 minggu membuka dan menutup jari-jemarinya dan jari-jari kakinya yang melengkung. Dan otak bayi juga berkembang dengan cepat.

Refleksi bayi sangat berkembang dan bisa terlihat ketika anda mencolek perut Ibu hamil sambil melihat bayi dengan ultrasound, Anda mungkin akan melihat gerakan-gerakan kecil dari janin.

Pada kehamilan 12 minggu, Anda berada di minggu terakhir bulan ketiga kehamilan Anda. Di saat ini, perut Ibu hamil mulai membesar dan akan terlihat oleh orang-orang di sekitar.

Sementara itu, gusi ibu menjadi lebih sensitif. Terkadang saat menyikat gigi atau membersihkannya dengan benang, gusi menjadi lebih mudah berdarah.

Si ibu tak perlu khawatir, ini hal yang normal saat hamil. Hal itu disebabkan meningkatnya volume darah untuk menjaga gizi janin.

Demikian informasi singkat mengenai perkembangan janin usia 12 minggu kehamilan, semoga bermanfaat.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply