Perkembangan Janin Minggu Ke-13

Hamil 13 minggu berarti Anda sudah hamil selama 3 bulan dan ini adalah minggu terakhir trimester pertama anda. Perkembangan janin dalam kandungan usia 13 minggu sangat pesat dibandingkan ketika usia masih 12 minggu.

Masa kehamilan 13 minggu adalah waktu kehamilan dimana Ibu hamil telah memasuki usia kehamilan trimester kedua dari 3 trimester kehamilan.

Saat memasuki usia kehamilan 13 minggu ini, kelenjar air susu ibu mulai berkembang, sehingga payudara ibu mulai terasa sedikit lebih kasar dari biasanya.

Perut ibu sudah nampak lebih menonjol dan gejala-gejala kehamilan yang mengganggu mulai berkurang, seperti morning sickness dan lain sebagainya.

Seberapa besar ukuran janin 13 minggu?

Pada kehamilan 13 minggu, bayi sama besarnya dengan buah lemon dengan panjang sekitar 8 cm dan berat sekitar 0,81 ons. Ukuran kepalanya sekarang sekitar 1/3 ukuran tubuh, bukan lagi setengahnya.

Janin juga sudah mulai aktif menendang dan berputar, sehingga kini ibu sudah mulai tak asing lagi dengan gerakan janin di dalam rahimnya.

Pekembangan janin minggu ke-13

Pekembangan janin minggu ke-13

Janin telah menyelesaikan pembentukan semua bagian penting tubuh dan organ-organ itu mulai berfungsi.

Beberapa perkembangan yang terjadi pada janin usia 13 minggu adalah:




  1. Ginjal kecilnya mulai bekerja dan mulai mengirimkan urin ke kandung kemihnya. Urine dikeluarkan lewat cairan air seni.
  2. Usus janin yang sebelumnya berada dalam tali pusar, kini telah bergerak masuk ke dalam rongga perut karena telah tersedia ruang untuk menampungnya.
  3. Bila janin berjenis kelamin perempuan, kini ia mungkin memiliki sekitar 2 juta sel telur dalam ovariumnya. Kondisi ini akan terus berkurang, ketika ia beranjak dewasa. Saar berusia 17 tahun, sel telur akan semakin menurun secara signifikan hingga 200.000 sel.
  4. Kini, ukuran kepalanya sepertiga ukuran badannya. Setiap minggu, ukuran bayi Ibu makin menyerupai ukuran bayi baru lahir
  5. Hati mengeluarkan air empedu, pankreas memproduksi insulin dan.
  6. Kulit tubuhnya masih tipis, sehingga pembuluh darahnya bisa terlihat dari luar. Bulu-bulu halus pun mulai menutupi tubuhnya.
  7. Yang paling menakjubkan, plasenta telah bekerja maksimal untuk menyediakan oksigen, nutrisi serta pembuangan sampah untuk janin.
  8. Janin, kini mampu mengedipkan mata sebagai respon saat melihat cahaya dari luar rahim ibu.
  9. Pada minggu ini, kedekatan ibu dan janin semakin bertambah seiring kemampuan janin untuk merasakan detak jantung sang ibu.
  10. Jarinya yang unik telah teridentifikasi dengan baik dan kuku telah terbentuk.
  11. Gigi dan tulang menjadi lebih padat.
  12. Kelopak mata, alis, bulu mata sudah terbentuk.
  13. Si janin juga sudah mengalami cegukan, yang merupakan pertanda janin tengah berlatih untuk dapat bernapas.

Selain beberapa poin di atas, janin juga mulai belajar menghisap, ini merupakan langkah persiapan bayi setelah lahir nanti untuk mencari puting susu.

Meskipun jenis kelamin janin sudah dapat dideteksi melalui USG saat usia 13 minggu tapi dokter biasanya menunggu sampai usia kehamilan mencapai 18 hingga 22 minggu untuk menyimpulkan jenis kelamin bayi.

Tapi meski demikian, jenis kelamin janin juga dapat diketahui secara akurat melalui pengujian DNA sel-sel pranatal, atau yang biasa dikenal sebagai pengujian prenatal non-invasif (NIPT).

Rahim Ibu hamil di minggu ini berkembang cukup besar sehingga terasa keluar dari panggul. Di usia kehamilan ini, anda mulai benar-benar terlihat hamil.

Di minggu ini, pada umumnya Ibu hamil mengalami lonjakan gairah seks. Ibu hamil juga kemungkinan mengalami sedikit bercak darah akibat serviks yang menjadi lebih sensitif. Hubungi dokter jika anda mengalami perdarahan hebat.

Untuk para calon Ibu, selamat, minggu ini adalah minggu terakhir trimester pertama kehamilan anda, yang berarti anda telah melalui sepertiga dari waktu kehamilan yang akan anda jalani.

***
Bagaimana Menyembuhkan Ejakulasi Dini Secara Permanen, dan Membuat Anda TAHAN LAMA di Ranjang. Ingin tahu caranya? Klik disini!

Loading...

Leave a Reply